Bukan pakai pore pack, ini trik hempaskan komedo hitam dan putih pakai scrub dari 1 jenis buah

Bukan pakai pore pack, ini trik hempaskan komedo hitam dan putih pakai scrub dari 1 jenis buah

Brilio.net - Bukan hanya jerawat, komedo di wajah juga menjadi salah satu masalah yang meresahkan bagi kebanyakan orang. Komedo merupakan benjolan kecil yang muncul pada pori-pori kulit dan umumnya menjadi jerawat jika tidak ditangani dengan baik. Komedo terbentuk akibat pori-pori yang tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak yang berlebihan pada wajah.

Komedo memiliki dua jenis yaitu komedo hitam dan komedo putih. Bila permukaan komedo tertutup kulit, maka jenis ini dikenal sebagai komedo putih. Sedangkan, komedo yang permukaannya tidak tertutup kulit akan berubah warna menjadi hitam atau kecokelatan akibat adanya paparan udara.

Komedo putih atau whitehead terbentuk ketika sel kulit mati, minyak, dan bakteri terperangkap pada pori-pori wajah. Siapa saja dapat mengalami kondisi komedo putih karena pola hidup dan kebiasaan sehari-hari. Ada beberapa faktor yang memicu seseorang mengalami komedo putih, seperti pemilik kulit berminyak, terpapar bahan kimia dari kosmetik yang digunakan, pecahnya folikel rambut yang disebabkan oleh kebiasaan memencet jerawat, mencuci wajah secara berlebihan, dan melakukan peeling dengan bahan kimia.

Sedangkan komedo hitam atau blackhead lebih sering muncul pada area hidung. Tidak hanya pada wajah, komedo hitam kerap muncul pada bagian tubuh lainnya, seperti bagian punggung, dada, leher, lengan, dan bahu. Umumnya, bagian wajah yang memiliki komedo hitam akan terasa lebih kasar jika diraba. Selain itu, pada area yang mengalami komedo hitam akan terlihat bintik-bintik hitam yang sedikit menonjol. Terkadang, komedo hitam bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Komedo sebenarnya tidak menyebabkan rasa sakit, kecuali jika komedo tersebut mengalami infeksi. Infeksi tersebutlah yang menyebabkan kulit menjadi kemerahan, bengkak lalu muncul jerawat yang sering menimbulkan nyeri. Selain itu, komedo pada wajah juga membuat penderitanya jadi kurang percaya diri karena wajah jadi tampak kurang mulus. Oleh karenanya, banyak orang mencari cara untuk menghilangkan komedo hitam dan putih dengan berbagai cara.

Ada yang rela melakukan perawatan di klinik kecantikan, membeli produk skincare seperti pore pack, dan memanfaatkan bahan-bahan alami. Ya, kamu bisa menghilangkan komedo pakai bahan alami. Salah satunya seperti unggahan yang dibagikan akun TikTok @beautytips0.2.

Dalam video berdurasi 36 detik tersebut, pemilik akun memberikan trik menghilangkan komedo hitam dan putih pakai scrub dari 1 jenis buah. Buah yang digunakan adalah tomat. Tak hanya tomat, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu gula pasir dan bubuk kopi.

"Remove blackheads whiteheads (Menghilangkan komedo hitam putih)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @beautytips0.2, Jumat (30/6).

Trik hempaskan komedo hitam dan putih pakai scrub dari 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Sudah bukan rahasia, tomat mengandung banyak nutrisi yang baik untuk memelihara kesehatan tubuh, termasuk dalam hal perawatan kulit dan kecantikan. Buah warna merah yang kerap dijadikan bahan dapur ini memiliki enzim dan vitamin yang baik untuk eksfoliasi kulit dan membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati. Terlebih lagi, tomat aman digunakan untuk semua jenis kulit.

Tomat mengandung sedikit asam karena kadar potasium dan vitamin C yang tinggi. Kandungan nutrisi pada tomat tersebut dapat mengubah wajah kusam menjadi bercahaya. Tomat juga memiliki likopen, yaitu antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Tomat juga bertindak sebagai astringen alami, yaitu sejenis cairan yang bermanfaat untuk membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah, mengencangkan pori-pori, dan mengurangi komedo sehingga membantu mencegah jerawat.

(brl/jad)

tags

STORIES