Bukan pakai kunyit, trik atasi flek hitam agar wajah cerah merata ini cuma dengan 1 jenis umbi-umbian

Bukan pakai kunyit, trik atasi flek hitam agar wajah cerah merata ini cuma dengan 1 jenis umbi-umbian

Brilio.net - Selain masalah jerawat, kulit wajah juga memiliki permasalahan lain yang cukup meresahkan. Flek hitam salah satunya. Flek hitam atau yang juga disebut ephelis adalah bintik-bintik berwarna cokelat kehitaman pada kulit wajah yang terbentuk akibat peningkatan melanin atau pigmen alami kulit. Masalah kulit ini juga dapat muncul pada bagian tubuh lain, seperti lengan, dada, atau leher.

Bintik-bintik ini cenderung mudah dilihat dan muncul pada orang dengan warna kulit terang. Tak heran jika flek hitam menjadi salah satu masalah pada kulit wajah yang kerap kali dikeluhkan. Tak hanya wanita, pria pun bisa mengalami masalah satu ini. Sebenarnya, munculnya flek hitam terjadi karena melanin di dalam kulit yang berkumpul pada satu area wajah dan muncul di permukaan, sehingga tampak seperti noda berwarna hitam.

Faktor utama penyebab flek hitam di wajah adalah paparan sinar matahari secara langsung pada kulit yang tidak terlindungi sunscreen. Karena Indonesia merupakan negara tropis yang mataharinya bersinar setiap hari dengan intensitas tinggi, maka tak heran jika masyarakatnya rentan mengalami kondisi ini.

Rendahnya kesadaran menggunakan sunscreen jadi alasan munculnya flek hitam di wajah. Padahal, memakai sunscreen setiap pagi setelah selesai menggunakan produk perawatan kulit wajah sangat efektif mencegah munculnya flek hitam. Tak hanya karena paparan sinar matahari saja, flek hitam juga bisa muncul karena beberapa faktor lain. Seperti polusi, penggunaan skincare atau produk makeup yang tidak cocok, hingga faktor penuaan.

Meski menjadi respons alami kulit untuk melindungi diri dari berbagai radikal bebas, adanya flek hitam di wajah memang cukup mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri seseorang. Karena itulah banyak orang yang mencari cara untuk mengatasinya. Pasalnya, flek hitam akan membuat wajah tampak kusam dan memiliki warna tidak merata. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Salah satu bahan alami yang biasa digunakan adalah kunyit. Bukan tanpa alasan, kunyit memang efektif untuk mencerahkan wajah dan memudarkan flek hitam. Ini berkat kandungan kurkumin di dalamnya yang dipercaya mampu mengatasi hiperpigmentasi seperti flek hitam dan noda hitam di wajah. Namun sayangnya, kunyit akan meninggalkan stain atau bekas warna kuning pada kulit jika tidak tepat dalam penggunaannya.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES