Bukan pakai kopi, ini cara bikin pori-pori wajah mengecil agar kulit jadi mulus dengan 1 kulit buah

Bukan pakai kopi, ini cara bikin pori-pori wajah mengecil agar kulit jadi mulus dengan 1 kulit buah

Brilio.net - Pori-pori adalah bagian kulit yang memiliki fungsi penting sebagai tempat keluarnya sebum atau minyak alami kulit. Nah, minyak alami kulit ini memiliki manfaat untuk menjaga kelembapan kulit dan membuatnya tetap kenyal. Sebenarnya, pori-pori memiliki ukuran yang tampak kecil dan samar. Namun bagi sebagian orang, pori-pori tampak lebih besar dari ukuran yang sebenarnya, terutama pada wajah.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan pori-pori jadi terlihat membesar, lho. Salah satu sebab pori-pori dapat membesar adalah adanya produksi minyak berlebih di kulit. Produksi minyak kulit alias sebum ini pada dasarnya akan membuat pori-pori terbuka lebih lebar dari biasanya.

Dalam prosesnya, seringkali kotoran, sel kulit mati, dan bakteri pada kulit akan menempel dan terperangkap di area pori-pori, sehingga rentan membuatnya menjadi tersumbat. Akibatnya, pori-pori yang membesar dan tersumbat itu tidak hanya membuat kulit menjadi kasar, namun juga rentan terkena komedo dan jerawat.

Komedo sendiri merupakan kondisi munculnya bintik hitam atau putih di area wajah akibat kotoran yang tersumbat di pori-pori kulit. Ini terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan kulit atau proses membersihkan wajah yang kurang optimal. Komedo ini akan membuat wajah jadi kusam, memiliki warna yang tidak merata, dan menjadi pemicu tumbuhnya jerawat meradang.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES