Bukan pakai kopi, begini cara atasi hiperpigmentasi pada leher dengan scrub dari 1 jenis garnish

Bukan pakai kopi, begini cara atasi hiperpigmentasi pada leher dengan scrub dari 1 jenis garnish

Brilio.net - Area leher yang menghitam sering dialami orang. Hal ini juga kerap dianggap sebagai hal biasa dan sepele oleh beberapa orang. Padahal kondisi ini mampu menurunkan kepercayaan diri lho. Bagaimana tidak, bagian tubuh di bawah kepala ini bisa dengan mudah terekspos, bahkan juga mudah untuk terpapar sinar UV, sehingga membuatnya tampak lebih gelap.

Sering kali leher yang terletak di bagian belakang tubuh luput dibersihkan saat mandi. Akibatnya, kotoran dan daki menumpuk di leher dan membuatnya menghitam. Selain itu, paparan sinar matahari bisa membuat leher yang tidak tertutup rambut tampak menjadi lebih gelap.

Leher yang menggelap ini juga disebabkan karena hiperpigmentasi yang disebabkan paparan sinar matahari berlebih. Hiperpigmentasi merupakan masalah kulit yang umum dialami oleh beberapa orang. Kondisi ini ditandai dengan munculnya bercak gelap pada kulit. Masalah kulit ini dapat disebabkan oleh produksi melanin, yakni pigmen pemberi warna kulit, yang berlebihan.

Alhasil, bercak kulit menggelap pada leher muncul lebih banyak dibandingkan kulit normal di sekitarnya. Tak hanya itu, kadar insulin yang tinggi juga dapat memengaruhi terjadinya hiperpigmentasi di area leher, terutama leher bagian belakang. Hal ini terjadi karena tingkat insulin yang tinggi dapat merangsang aktivitas sel kulit yang memproduksi melanin (pigmen kulit) dan menyebabkan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap.

Atasi hiperpigmentasi leher dengan scrub 1 jenis garnish Berbagai sumber

foto: freepik.com

Nah, jika kamu salah satu orang yang mengalami permasalahan ini, tak perlu risau. Karena kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Sebagian orang memanfaatkan kopi sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati, daki, dan noda gelap pada lehernya. Padahal, tak hanya kopi saja yang bisa kamu gunakan. Pasalnya ada bahan alami lain yang tak kalah efektif dari kopi.

Sama halnya unggahan yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @sweetfairy81 pada 24 Juni 2023. Dalam video dengan durasi 20 detik tersebut pemilik akun memberikan cara atasi hiperpigmentasi pada leher dengan scrub dari 1 jenis garnish. Garnish yang dimaksud adalah buah tomat. Selain tomat, ia juga menambahkan bahan lain yaitu bubuk kunyit dan gula pasir.

(brl/wen)

tags

STORIES