Bukan dioles jahe, ini trik rapatkan pori-pori agar wajah bebas komedo dan jerawat pakai 2 jenis daun

Bukan dioles jahe, ini trik rapatkan pori-pori agar wajah bebas komedo dan jerawat pakai 2 jenis daun

Brilio.net - Banyak orang yang tidak asing lagi dengan masalah kulit seperti komedo dan jerawat. Komedo merupakan istilah untuk menggambarkan terjadinya penyumbatan kulit akibat penumpukan kotoran di rongga pori-pori, menghasilkan bintik-bintik kecil yang mengakibatkan tekstur kulit menjadi tidak merata. Sementara itu, jerawat merupakan versi meradangnya komedo akibat kotoran yang tersumbat tadi bereaksi dengan bakteri kotor di dalam kulit, membentuk radang dan pembengkakan pada kulit.

Dilihat dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pori-pori menjadi salah satu poin kunci untuk menghadapi masalah komedo dan jerawat. Ya, sebagai "saluran" dalam mengeluarkan minyak dari tubuh, ukuran pori-pori memang secara konstan bergantian berada dalam kondisi lebar maupun rapat. Namun begitu, apabila rongga pori-pori terus melebar akibat produksi sebum berlebih, hal ini justru akan menyebapkan kotoran dari luar menempel dengan mudah di kulit. Ujungnya, hal ini akan memicu terjadinya penyumbatan pori-pori dan memicu munculnya 2 masalah umum di atas.

Agar masalah ini tidak terjadi, maka penting bagi seseorang untuk memastikan agar rongga pori-porinya tetap berada dalam keadaan bersih dan rapat. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mencoba memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai solusi alternatif yang efektif mengatasinya. Salah satunya seperti menggunakan campuran daun neem, daun kemangi suci, dan aloe vera sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari @iam_grincy di Instagram pada Selasa (17/10).

dioles jahe  Instagram

foto: freepik.com

Daun neem telah lama dikenal memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi. Kandungan di dalamnya, seperti nimbidin dan nimbin, merupakan senyawa yang efektif membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri kotor pada kulit. Selain itu, daun neem juga mengandung antioksidan yang membantu membersihkan kulit dari kotoran yang tersumbat di pori-pori, sehingga dapat mengecilkan pori-pori dan meminimalisir potensi terjadinya komedo serta jerawat.

dioles jahe  Instagram

foto: freepik.com

Daun kemangi suci adalah daun yang kaya akan kandungan seperti asam alpha-linolenik, eugenol, dan vitamin. Selain membantu melawan radikal bebas, kandungan dalam daun kemangi ini juga membantu menstimulasi pembentukan sel-sel kulit, yang dalam prosesnya akan merapatkan pori-pori. Kandungan antioksidan di dalamnya juga dapat membantu mengurangi potensi kerusakan pada kulit akibat polusi eksternal yang seringkali memicu pembesaran pori-pori.

dioles jahe  Instagram

foto: freepik.com

Aloe vera, atau lidah buaya, adalah tumbuhan yang mengandung gel transparan di dalam daunnya. Tidak hanya kaya akan air sehingga memiliki efek hidrasi yang baik, gel aloe vera juga dapat membantu mengontrol produksi minyak dan menghaluskan tekstur kulit secara perlahan. Hal ini secara tidak langsung juga akan membuat pori-pori kulit pun menjadi bersih dan rapat dalam prosesnya, sehingga mengurangi potensi komedo dan jerawat pada kulit.

(brl/pep)

tags

STORIES