Bikin kulit lebih halus, cara bikin masker untuk kecilkan pori-pori ini cuma pakai 2 bahan dapur

Bikin kulit lebih halus, cara bikin masker untuk kecilkan pori-pori ini cuma pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Banyak orang mengira bahwa hanya jerawat dan bekasnya saja yang bisa mengganggu penampilan wajah. Padahal, sebenarnya ada beberapa masalah lainnya yang bisa muncul yakni pori-pori wajah yang besar. Pori-pori kulit yang besar membuat wajah jadi mudah terlihat berminyak dan tampilan makeup terlihat tidak mulus. Tentu saja hal ini bisa merusak penampilan dan menurunkan tingkat kepercayaan diri.

Pori-pori wajah adalah hal utama yang menjadi perhatian dalam urusan perawatan dan makeup. Ukuran pori-pori wajah bergantung dari berbagai faktor, salah satunya adalah faktor usia dan genetik. Semakin menua, urusan pori-pori menjadi masalah penting. Melansir dari Total Beauty, menurut ahli dermatologi asal New York, Jeannette Graf MD, memasuki usia 40 kemampuan pengelupasan kulit seseorang akan menurun dan pori-pori akan terlihat membesar.

DIY membuat masker untuk kecilkan pori-pori pakai 2 bahan dapur TikTok

foto: TikTok/@angietaniaa

Tak heran, berbagai cara pun dilakukan untuk mengecilkan pori-pori di kulit wajah. Termasuk perawatan di salon. Tapi, mengecilkan pori-pori wajah bisa dilakukan di rumah dengan bahan-bahan alami, lho. Bahkan bahan-bahan tersebut bisa kamu temukan di dapur, lho. Seperti yang dibagikan seorang pengguna media sosial TikTok dengan nama akun @angietaniaa.

"DIY masker alami buat kecilin pori-pori," tulis pemilik akun dalam video unggahan, seperti briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @angietaniaa, Rabu (18/1).

Melalui video unggahan berdurasi 54 detik tersebut, pemilik akun membagikan DIY membuat masker untuk kecilkan pori-pori dengan hanya menggunakan 2 bahan dapur. Kedua bahan dapur tersebut adalah putih telur dan madu.

DIY membuat masker untuk kecilkan pori-pori pakai 2 bahan dapur TikTok

foto: TikTok/@angietaniaa

Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang dipercaya bermanfaat untuk kulit wajah. Apalagi, bagian putih telurnya ini bisa kamu jadikan masker alami untuk menutrisi wajah dan mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga wajar jika putih telur kerap digunakan sebagai bahan utama pembuatan masker wajah.

Nggak hanya cocok untuk jenis kulit normal, putih telur ini pun bisa dipakai buat kamu yang memiliki kulit kering atau berminyak. Manfaat lainnya dari putih telur yakni bisa membantu mengecilkan pori-pori di wajah berkat kandungan zat astringent yang dibawanya.

Sementara madu bisa dijadikan sebagai eksfoliator untuk wajah. Madu akan membantu membersihkan pori-pori tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, debu, dan kotoran. Madu juga bisa membantu mengecilkan pori-pori dan merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru.

DIY membuat masker untuk kecilkan pori-pori pakai 2 bahan dapur TikTok

foto: TikTok/@angietaniaa

Pertama-tama, siapkan alat dan bahan yang kamu perlukan. Di antaranya adalah pengocok telur, mangkuk, sendok, 1 butir telur, dan madu. Caranya yaitu pecahkan telur, lalu pisahkan antara kuning dan putihnya. Ambil putih telur dan letakkan pada mangkuk. Kemudian tambahkan 1 sendok makan madu. Setelah itu, kocok kedua bahan tersebut hingga berbusa.

Jika sudah bertekstur seperti busa, kamu bisa langsung mengaplikasikannya pada wajah secara merata. Fokuskan pada area wajah yang memiliki pori-pori besar. Diamkan selama 6 menit, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan setidaknya sekali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

DIY membuat masker untuk kecilkan pori-pori pakai 2 bahan dapur TikTok

foto: TikTok/@angietaniaa

Cara membuat masker untuk kecilkan pori-pori pakai 2 bahan dapur ini sontak viral dan mengundang berbagai respon dari warganet. Hingga saat ini, videonya sudah ditonton sebanyak 80,6 ribu kali dan menuai banyak komentar.

"mksih, ini sngat bermanfaat," tulis pemilik akun @alkafrihuraera.

"sip maksih tips nya...," ungkap akun @indra.f07.

"kayak mau buat cloud bread," celetuk pemilik akun @shafiraaa.628.

@angietaniaa Next ku buat peeling diy yg mirip ordinary gmn?#fyp#mask#facemask#beauty#diy#tutorial#foryou#4u#foryoupage#viral#xyzbca#fyp#warga62#samasamadirumah nhc nn - Peonie

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES