Bikin cerah dan antibelang, begini cara atasi hiperpigmentasi pada lutut pakai 1 rempah dapur

Bikin cerah dan antibelang, begini cara atasi hiperpigmentasi pada lutut pakai 1 rempah dapur

Brilio.net - Tak hanya wajah dan leher, kulit pada bagian lutut memerlukan perhatian lebih supaya warnanya tidak menghitam. Meski terlihat sepele, lutut hitam bisa menurunkan rasa kepercayaan diri ketika bepergian keluar rumah mengenakan celana pendek. Meski begitu, kondisi ini sebenarnya hal yang normal.

Lutut gelap seringkali bukanlah kondisi yang berbahaya dan tidak membutuhkan penanganan khusus. Kondisi ini dapat dialami oleh semua orang, terlepas dari warna kulitnya. Meski begitu, ada banyak orang yang tidak percaya diri karena memiliki lutut gelap, sehingga merasa perlu memutihkannya.

Warna lutut lebih gelap dari bagian tubuh lainnya bisa terjadi akibat hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah kondisi saat kulit memproduksi melanin berlebihan, yaitu pigmen atau zat yang memberi warna alami pada kulit. Mengutip laman Healthline, lutut hitam dapat terjadi pada siapa pun, tergantung pada seberapa banyak melanin yang diproduksi tubuh.

Hiperpigmentasi pada lutut bisa disebabkan oleh beberapa hal. Seperti gesekan, penumpukan sel kulit mati, paparan sinar matahari berlebih, peradangan kulit, hingga genetik. Selain itu, ketika kulit di sekitar lutut cenderung kering, hal ini juga bisa membuatnya terlihat lebih gelap dan kusam.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi hiperpigmentasi yang merupakan penyebab lutut hitam. Kamu bisa menggunakan pelembap setiap hari untuk menjaga kulit tetap lembut. Tak hanya itu saja, bahkan kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk memaksimalkan perawatannya. Seperti video yang dibagikan oleh akun TikTok @rikkisandhuu pada 5 Februari 2021.

Video unggahan tersebut berisi tentang cara atasi hiperpigmentasi pada lutut pakai 1 rempah dapur. Rempah dapur yang dimaksud adalah bubuk kunyit. Selain itu, ia juga menambahkan bahan lain yaitu madu.

"DIY KNEE BRIGHTENER obsessed with this beauty hack & highly recommend it!! it does stain so be careful (DIY PENCERAH LUTUT terobsesi dengan hack kecantikan ini & sangat merekomendasikannya!! itu akan menodai jadi berhati-hatilah)," tulisnya dalam keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @rikkisandhuu, Selasa (11/7).

Cara atasi hiperpigmentasi pada lutut pakai 1 rempah dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kunyit sering digunakan untuk penguat rasa masakan. Namun, rempah satu ini memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, mengungkapkan kunyit efektif untuk mengurangi efek hiperpigmentasi serta mengurangi kemunculan bintik hitam pada kulit. Jadi, kamu dapat menggunakan bahan ini untuk mencerahkan area lutut dan siku yang menghitam.

Kandungan curcumin di dalam kunyit dianggap dapat memberikan efek mencerahkan kulit secara alami. Bahkan, dalam studi yang dilakukan pada tahun 2012 di Phytotherapy Research, para peneliti menemukan bahwa curcumin menghambat aktivitas tirosinase. Kandungan ini yang membatasi sintesis melanin sehingga dapat membantu mencegah hiperpigmentasi kulit.

Sementara, madu juga merupakan bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi lutut hitam akibat hiperpigmentasi. Selain dikonsumsi, madu juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit. Karena kandungannya bersifat sebagai antioksidan, antiinflamasi dan antibakteri. Madu juga mengandung natrium, asam amino, zat besi, zink, kalsium, vitamin A dan vitamin D.

Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam madu, bisa membantu menghambat proses hiperpigmentasi di kulit yang disebabkan karena terlalu sering terpapar sinar matahari. Madu juga memiliki efek melembapkan yang mampu mengatasi lutut kering dan kusam.

(brl/pep)

tags

STORIES