Bebas komedo dan jerawat, ini cara membuat toner untuk bersihkan pori-pori hanya pakai 1 jenis daun

Bebas komedo dan jerawat, ini cara membuat toner untuk bersihkan pori-pori hanya pakai 1 jenis daun

Brilio.net - Komedo dan jerawat merupakan masalah kecantikan yang sering dikeluhkan oleh banyak wanita. Meskipun kecil, komedo dan jerawat yang muncul di wajah tentu akan mengurangi kecantikan wajah. Nah, komedo dan jerawat ini bisa muncul disebabkan pori-pori wajah tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan pori-pori kamu tersumbat, seperti polusi di udara, minyak dari tangan yang berpindah saat kamu menyentuh wajah, keringat, dan kulit mati. Ketika pori-pori tersumbat, komedo hitam dan komedo putih bisa bermunculan dan membuat kulit kusam. Bahkan jerawat juga akan mulai tumbuh dan menyebabkan rasa nyeri.

Bagi beberapa orang, pori-pori tersumbat mungkin bukan hal yang dianggap memerlukan perhatian lebih. Padahal, kondisi ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan kulit. Yang paling parah, wajah bisa mengalami jerawat dan komedo yang membandel. Nah, untuk meminimalkan risiko pori-pori tersumbat, kamu tentu harus menjaga kebersihan kulit dengan baik. Salah satunya dengan menggunakan toner wajah.

Toner dikenal sebagai produk perawatan kulit yang berfungsi untuk mengangkat sisa kotoran dari wajah. Toner membantu membersihkan minyak dan makeup yang tidak terangkat saat menggunakan susu pembersih atau sabun pembersih wajah. Walaupun sudah banyak produk toner dengan berbagai kandungan dan klaimnya, namun terkadang ada beberapa orang yang tidak cocok dengan kandungannya.

Sebagai solusinya, kamu bisa membuat toner sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok @habibi7222 pada 7 Mei 2022 lalu. Dalam unggahannya tersebut, pemilik akun memberikan cara membuat toner untuk bersihkan pori-pori hanya pakai 1 jenis daun. Daun yang digunakan adalah daun salam. Selain daun salam, ia juga menambahkan bahan lain yaitu lemon.

"Home made face toner," katanya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @habibi7222,Rabu (10/5).

Cara membuat toner untuk bersihkan pori-pori hanya pakai 1 jenis daun Berbagai sumber

foto: freepik.com

Siapa sangka daun salam yang biasanya hanya digunakan untuk penyedap masakan, ternyata memiliki kandungan ajaib yang bisa membuat wajah menjadi cerah dan glowing atau merona. Dengan diolah menjadi toner, daun yang memiliki kandungan vitamin dan senyawa baik seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, tannin, alkaloid, steroid, triterpenoid, dan flavonoid ini bisa mempercantik wajah.

Berkat berbagai kandungan ini, banyak yang mengenal khasiat daun salam sebagai obat untuk menurunkan kadar gula darah juga hipertensi. Namun, kandungan tersebut ternyata tidak hanya bermanfaat untuk dunia kesehatan tapi juga untuk kecantikan.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES