Bebas bahan kimia, ini cara membuat body cream untuk lembapkan kulit pakai 6 bahan alami

Bebas bahan kimia, ini cara membuat body cream untuk lembapkan kulit pakai 6 bahan alami

Brilio.net - Kulit kuring memang menjadi permasalahan kebanyakan orang. Kondisi ini tentu membuat si penderitanya tidak nyaman, terlebih kondisinya sudah cukup parah dan mudah iritasi atau mengelupas. Kulit kering dengan keparahan seperti ini sering kali tidak dapat diatasi hanya dengan lotion saja. Untuk memaksimalkan perawatan kulit kering, kamu bisa menggunakan body cream. Produk ini umumnya memiliki konsistensi lebih kental daripada lotion, sekaligus kemampuan melembapkan yang lebih tinggi.

Body cream memiliki tekstur kental dan kaya akan kandungan minyak. Selain itu body cream juga memiliki komposisi minyak lebih tinggi daripada air sehingga kemampuan melembapkan body cream sangat tinggi.

Tekstur kental pada body cream berfungsi untuk mengikat kelembapan air dalam kulit. Oleh karenanya cocok digunakan pada kulit kering atau sangat kering, dan dapatu digunakan pada cuaca dingin dan kering.

Saat ini banyak produk body cream yang beredar di pasaran, banyak di antaranya yang mengklaim menggunakan bahan-bahan alami. Meskipun kamu memang bisa melihat berbagai tambahan bahan alami dalam komposisinya, tetapi persentase jumlahnya hanya sedikit. Selain itu, seringkali dalam kemasan yang beredar juga mengandung alkohol, justru membuat kulit menjadi lebih mudah kering.

Sebagai solusinya, lebih baik kamu membuat body cream sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami disekitar kamu. Seperti yang dibagikan pengguna TikTok @ramonitalissette.

Dalam video tersebut, pemilik akun memberikan cara membuat body cream untuk melembapkan kulit, dengan memakai 6 bahan alami, yakni beeswax, cocoa butter, shea butter, vitamin E, minyak kelapa, dan minyak esensial.

Cara membuat body cream untuk lembapkan kulit pakai 6 bahan alami Berbagai sumber

Cara membuat body cream untuk lembapkan kulit pakai 6 bahan alami
TikTok/@ramonitalissette

"All natural lotion," tulis pemilik akun sebagai keterangan video, yang telah briliobeauty.net kutip dari TikTok @ramonitalissette, Jumat (24/2).

Beeswax merupakan salah satu bahan alami yang mampu melembapkan kulit secara alami, sehingga sering menjadi bahan umum untuk salep kulit dan lip balm. Saat beeswax dicampur ke dalam krim dingin atau body cream lainnya, akan bertindak sebagai surfaktan.

Beeswax akan membentuk penghalang ataupun pelindung di permukaan kulit sebagai pencegah iritasi, namun tetap membuat kulit bisa bernapas.

Beeswax dapat bertindak sebagai emolien dan humektan, dapat memberikan perlindungan terhadap kulit. Vitamin A pada beeswax juga bermanfaat dalam melembutkan dan merehidrasi kulit kering dan dalam rekonstruksi sel.

Begitupun dengan cocoa butter kaya akan asam lemak, dapat membentuk lapisan pelindung kulit sehingga kelembapannya tetap terjaga dan terasa halus dan lembut. Bagi orang dengan kondisi kulit kering, produk perawatan kulit dengan kandungan zat alami ini bisa sangat membantu menjaga kelembapan.

Cara membuat body cream untuk lembapkan kulit pakai 6 bahan alami Berbagai sumber

Cara membuat body cream untuk lembapkan kulit pakai 6 bahan alami=
TikTok/@ramonitalissette

Tak terkecuali dengan shea butter, mampu membuat kulit menjadi lebih lembap dan sehat. Hal ini karena kandungan asam linoleat, oleat, stearat, dan palmitat. Kandungan tersebut juga sangat cepat dan mudah untuk menyerap ke dalam kulit. Penggunaan secara rutin membuat skin barrier menjadi lebih sehat sehingga mampu menyerap air lebih baik.

Vitamin E juga merupakan senyawa yang berkhasiat untuk menjaga kelembapan dan mencegah kulit kering. Umumnya, tubuh memproduksi vitamin E melalui sebum, yakni minyak alami yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Jika jumlahnya seimbang, sebum dapat membantu menjaga kulit dari kondisi kering. Sementara minyak kelapa mengandung asam lemak dan asam laurat yang dapat menghidrasi kulit secara optimal.

Cara membuat body cream untuk lembapkan kulit pakai 6 bahan alami Berbagai sumber

Cara membuat body cream untuk lembapkan kulit pakai 6 bahan alami
TikTok/@ramonitalissette

Sedangkan minyak esensial mengandung mineral yang sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit. Kamu bisa menggunakan minyak esensial apa saja untuk membuat body cream, seperti tea tree oil, castor oil, peppermint oil, hingga lavender oil.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES