Awet muda di usia 65-an, wanita ini tunjukkan cara samarkan kerutan pakai timun dicampur 1 jenis buah

Awet muda di usia 65-an, wanita ini tunjukkan cara samarkan kerutan pakai timun dicampur 1 jenis buah

Brilio.net - Seiring bertambahnya usia, proses penuaan pun mulai terjadi pada tubuh. Perubahan alami ini tentu tidak bisa dihindari oleh siapapun, baik laki-laki maupun wanita. Menginjak usia 30 tahunan ke atas, kulit memberikan tanda-tanda penuaan seperti kerutan. Tanda penuaan satu ini memiliki bentuk berupa garis-garis dan lipatan yang terdapat di permukaan kulit. Kerutan biasanya muncul di area mata, dahi, mulut, dan pipi.

Terdapat dua jenis kerutan, dinamis dan statis. Kerutan dinamis muncul saat seseorang bergerak atau melakukan ekspresi wajah tertentu, seperti senyum atau mengernyitkan dahi. Sementara kerutan statis adalah kerutan yang tetap ada bahkan ketika wajah dalam keadaan diam atau rileks.

Selain karena faktor usia, kerutan juga bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari, kebiasan merokok, genetik, dan ekspresi wajah berulang. Agar wajah tetap awet muda meski kamu sudah memasuki usia 65 tahun, kamu perlu menghindari berbagai faktor tersebut.

Jika ingin tetap tampil cantik tanpa kerutan di usia senja, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk memudarkan kerutan. Seperti yang dilakukan oleh konten kreator grandma's recipes. Dalam unggahan video di kanal YouTubenya beberapa waktu lalu, dia memanfaatkan mentimun yang dikombinasikan dengan pisang, oatmeal, dan madu.

Tentunya bahan-bahan tersebut mempunyai sejumlah kandungan dan manfaat bagi kesehatan kulit. Mentimun mengandung sebagian besar air, sehingga dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembap. Dilansir dari asianbeautyessentials.com, Senin (18/3) kandungan antioksidan dalam mentimun, seperti vitamin C dan flavonoid, membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Selain itu, mentimun memiliki efek pendinginan dan menenangkan pada kulit. Sehingga membantu mengurangi peradangan dan kemerahan, serta mengurangi tampilan kerutan halus.

Pisang mengandung vitamin A, B, dan E, serta mineral seperti potassium, magnesium, dan zinc. Semua kandungan tersebut membantu dalam regenerasi sel kulit dan menjaga elastisitas kulit. Kandungan air dan nutrisi dalam pisang membuatnya menjadi pelembap alami yang membantu menghidrasi kulit secara mendalam.

Sedangkan oatmeal memiliki tekstur lembut dan berbutir, sehingga cocok digunakan sebagai scrub alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel kulit baru. Sifat antiinflamasi oatmeal membantu menenangkan kulit meradang dan sensitif, serta mengurangi iritasi yang dapat memperburuk tampilan kerutan.

Bahan terakhir yaitu madu mengandung senyawa-senyawa seperti glukosa oksidase dan hidrogen peroksida, yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Kandungan tersebut membantu mengurangi risiko infeksi dan peradangan pada kulit, serta mempercepat proses penyembuhan. Lalu, kandungan antioksidan dalam madu membantu melawan radikal bebas, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, serta faktor-faktor lingkungan lainnya.

Dengan mengetahui manfaat dari sejumlah bahan di atas, apakah kamu tertarik untuk menggunakan masker tersebut? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak tutorial di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube grandma's recipes, Senin (18/3).

Bahan:

cara menyamarkan kerutan. berbagai sumber

cara menyamarkan kerutan.
YouTube/grandma's recipes

- 1 buah pisang
- 1 buah mentimun
- Bubuk oatmeal
- 1 sendok makan madu.

Cara membuat:

cara menyamarkan kerutan. berbagai sumber

cara menyamarkan kerutan.
YouTube/grandma's recipes

1. Kupas buah pisang dan ambil daging buahnya
2. Potong menjadi beberapa bagian
3. Masukkan ke dalam blender
4. Parut mentimun dan peras
5. Campurkan dengan buah pisang dan haluskan
6. Tuangkan ke dalam mangkuk bersih
7. Campurkan dengan bubuk oatmeal dan madu
8. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
9. Tuangkan ke dalam jar skincare
10. Masker siap untuk kamu gunakan.

Cara menggunakan:

cara menyamarkan kerutan. berbagai sumber

cara menyamarkan kerutan.
YouTube/grandma's recipes

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu
2. Aplikasikan masker tersebut secara merata pada wajah
3. Diamkan selama 15 hingga 20 menit
4. Bilas wajah menggunakan air hangat
5. Bilas kembali dengan air dingin
6. Ulangi penggunaan masker ini secara rutin yaitu dua atau tiga kali dalam seminggu.

Apakah oatmeal ampuh untuk atasi jerawat?

Oatmeal merupakan bahan makanan yang dijadikan sebagai sumber karbohidrat. Tak hanya diandalkan untuk asupan tubuh sehari-hari, oatmeal ini ternyata mempunyai manfaat bagi kecantikan wajah, salah satunya mengatasi jerawat. Hal ini dikarenakan oatmeal memiliki tekstur lembut dan berbutir. Sehingga dapat digunakan sebagai scrub alami yang digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Proses membersihkan pori-pori diklaim membantu mencegah penyumbatan yang dapat menyebabkan pembentukan jerawat.

(brl/ola)

tags

STORIES