Autolebat dan antirontok, begini trik menguatkan rambut rapuh pakai hair serum dari 1 jenis rempah

Autolebat dan antirontok, begini trik menguatkan rambut rapuh pakai hair serum dari 1 jenis rempah

Brilio.net - Memiliki rambut yang lebat, indah, dan sehat adalah impian bagi kebanyakan orang. Masalahnya tak semua orang dikaruniai rambut seperti itu. Beberapa orang memiliki rambut dengan helaian tipis dan rapuh. Rambut rapuh terjadi akibat lapisan terluar rambut (kutikula) melindungi bagian korteks dan medula di lapisan terdalam.

Lapisan kutikula yang rapat menyebabkan sulitnya rambut menyerap cairan (porositas rendah). Sebaliknya, lapisan kutikula yang renggang membuat rambut menyerap terlalu banyak cairan, tetapi tak mampu bertahan lama untuk menutrisi rambut dengan maksimal (porositas tinggi).

Rambut dengan porositas tinggi rentan dengan rambut yang rapuh. Ditandai dengan mudahnya rambut menyerap cairan produk atau pelembap, rambut cepat kering, mudah sekali kusut, kaku, kusam, mudah patah, dan bercabang di ujung.

Ada berbagai macam yang memengaruhi rambut menjadi rapuh. Seperti paparan panas alat catok yang berlebihan dapat membuat rambut kehilangan kelembapan alaminya, mengurangi elastisitasnya, dan membuatnya rapuh.

Selain itu, paparan zat kimia yang terkandung dalam pewarna rambut atau bahan pemutih dapat merusak struktur rambut dan membuatnya lebih rapuh. Kurangnya nutrisi dan paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan kerusakan pada rambut dan membuatnya rapuh.

Nah, jika kamu mengalami masalah demikian, tak perlu risau, pasalnya kamu bisa kok mengembalikan kekuatan dan kesehatan rambut agar tak mudah rapuh dan bebas rontok. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti halnya yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @whitneysnaturals pada 21 Februari 2023.

Video yang diupload tersebut berisi tentang trik menguatkan rambut rapuh pakai hair serum dari 1 jenis rempah. Rempah yang dimaksud adalah jahe. Bahkan, untuk memaksimalkan manfaatnya, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu minyak zaitun. "Ginger juice hair treatment (Perawatan rambut jus jahe)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @whitneysnaturals, Selasa (30/5).

Trik menguatkan rambut rapuh pakai hair serum dari 1 jenis rempah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Jika selama ini kita hanya mengenal jahe sebagai tanaman rimpang yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan masakan dan berkhasiat untuk melegakan tenggorokan, siapa sangka kalau ternyata khasiat jahe untuk rambut juga bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari lho. Termasuk untuk mendukung pertumbuhan rambut. Dilansir dari Healthline, jahe memiliki kandungan vitamin C dan magnesium yang cukup tinggi.

Selain vitamin C dan magnesium, jahe juga memiliki kandungan lain, seperti gingerol, shogaol, dan zingerones. Dari semua kandungan yang terdapat dalam jahe, gingerol memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang paling kuat dan berperan untuk membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, salah satunya dalam merangsang pertumbuhan rambut.

Jahe bisa membantu melancarkan peredaran darah di kulit kepala, sehingga folikel rambut mendapatkan asupan oksigen yang cukup untuk dapat memproduksi rambut yang sehat dan kuat. Bahkan, kandungan vitamin, mineral, dan asam lemak yang ada dalam jahe juga bisa membantu memperkuat akar rambut sekaligus menghidrasi kulit kepala agar tidak kering.

Begitupun dengan minyak zaitun yang kerap digunakan sebagai bahan untuk perawatan rambut yang dipercaya dapat menambah kilau, melembutkan, dan menguatkan rambut. Minyak yang juga dikenal sebagai pengganti minyak goreng ini kaya akan kandungan yang dapat melembapkan rambut serta mengatasi masalah rambut dan kulit kepala.

Minyak zaitun mengandung nutrisi dan vitamin yang dapat membantu mengunci kelembapan dan memperkuat helai rambut. Dengan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal, vitamin E dan K, oleuropein, serta squalane, menjadikan minyak zaitun selalu dipercaya dalam perawatan rambut dan kulit kepala.

Secara alami, minyak zaitun memiliki sifat antioksidan, antiaging, dan squalane, yaitu sebuah senyawa yang bersifat menghidrasi. Ketiga kandungan ini menjadikan minyak zaitun efektif untuk memperkuat serta mengilaukan rambut.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES