Auto lembap dan kenyal, ini trik atas kulit iritasi akibat kering pakai 1 jenis sumber karbohidrat

Auto lembap dan kenyal, ini trik atas kulit iritasi akibat kering pakai 1 jenis sumber karbohidrat

Nah, di samping kamu bisa membeli berbagai produk skincare komersil, kamu juga bisa lho memanfaatkan berbagai bahan alami yang tentunya mudah ditemukan. Salah satunya seperti yang ditunjukkan oleh @missbeautifu1 di Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Minggu(30/7). Dalam unggahan tersebut, pemilik akun menggunakan oat, kulit jeruk, aloe vera, dan air mawar sebagai solusinya.

iritasi akibat kering  Instagram

foto: freepik.com

Oat merupakan salah satu sumber karbohidrat alternatif yang sering dimakan bagi orang yang diet. Nah, selain jadi makanan, oat pun juga punya banyak manfaat sebagai skincare, lho. Biji oat mengandung beta-glukan, yakni suatu jenis serat larut yang membantu meningkatkan kelembapan kulit dan mengurangi peradangan.

Selain itu, oat juga mengandung senyawa fenolik, vitamin B kompleks, serta mineral yang berperan dalam meregenerasi dan menjaga kesehatan kulit. Melalui komponen di atas, oat mampu memberikan efek relaksasi pada kulit yang meradang dan mengurangi gejala iritasi akibat alergi atau ruam.

iritasi akibat kering  Instagram

foto: freepik.com

Kulit dari buah jeruk pada dasarnya kaya akan senyawa bioaktif seperti limonen, sitral, dan linalool. Senyawa-senyawa ini memiliki sifat antiseptik, antiinflamasi, dan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan membantu mempercepat proses penyembuhan kulit dengan mengurangi kemerahan, mengatasi peradangan, dan meringankan rasa gatal pada kulit.

iritasi akibat kering  Instagram

foto: freepik.com

Gel lidah buaya terkenal mengandung vitamin, mineral, enzim, dan asam amino yang efektif dalam memberikan efek hidrasi dan ketenangan pada kulit. Selain itu, aloe vera juga memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik yang membantu mengurangi peradangan dan mencegah infeksi kulit. Tak hanya itu, aloe vera sangat efektif dalam mengatasi banyak kondisi kulit kering dan iritasi, bahkan pada kasus-kasus seperti eksim, psoriasis, atau dermatitis.

iritasi akibat kering  Instagram

foto: freepik.com

Di sisi lain, air mawar dikenal karena kualitasnya sebagai toner alami yang lembut dan efektif untuk kulit. Air mawar mengandung senyawa antiinflamasi, antiseptik, dan antioksidan yang membantu meredakan peradangan, serta mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Bahkan, air mawar juga efektif dalam membantu menjaga keseimbangan pH kulit.

Nah, keempat bahan di atas ini bisa kamu sulap menjadi face mist multifungsi dengan cara sebagai berikut:

Alat dan bahan:

iritasi akibat kering  Instagram

foto: Instagram/@missbeautifu1

1. 1 sendok makan oat
2. Kulit jeruk secukupnya
3. 2 sendok teh gel aloe vera
4. 2 sendok teh air mawar
5. Botol spray kosong

Langkah penggunaan:

iritasi akibat kering  Instagram

foto: Instagram/@missbeautifu1

1. Masukkan 1 sendok makan oat ke dalam wadah kecil
2. Parutlah kulit jeruk secukupnya ke dalam wadah tersebut
3. Setelahnya, masukkan 1 gelas kecil air panas dan rendam selama 20 menit
4. Setelah 20 menit, saringlah air tersebut ke dalam wadah baru
5. Tuangkan masing-masing 2 sendok teh gel aloe vera dan air mawar ke dalam wadah tadi
6. Aduk seluruh bahan hingga cairannya tercampur rata
7. Pindahkan campuran tersebut ke dalam botol spray kosong
8. Face mist pun siap digunakan.

(brl/mal)

tags

STORIES