9 Penyebab breakout di wajah dan cara mengatasinya

9 Penyebab breakout di wajah dan cara mengatasinya

Brilio.net - Ada banyak penyebab wajah breakout yang sangat mengganggu penampilan. Memiliki kulit yang putih, bersih, dan mulus merupakan impian setiap orang tak hanya pria tapi juga wanita. Namun sayangnya ada saja masalah di wajah yang sering dialami oleh mereka, salah satunya breakout.

Breakout sendiri merupakan suatu kondisi dimana munculnya jerawat secara tiba-tiba dalam waktu yang singkat. Jerawat itu tak hanya muncul di area wajah, tapi juga bisa di dagu, punggung, bahu, dan juga dada.

Breakout ini terjadi karena kulit memproduksi minyak secara berlebihan sehingga folikel rambut tersumbat oleh sel kulit kulit mati hingga bakteri yang menyebabkan kulit kemerahan, peradangan hingga pembengkakan. Hal itu membuat jerawat muncul di wajah.

Namun jika pori-pori tersumbat dan tidak terjadi peradangan, wajah akan mengalami komedo putih yang biasa muncul di beberapa area wajah. Ada pula komedo yang berwarna hitam yang terjadi karena bakteri dan juga polusi.

Ketika mengalami breakout, biasanya kondisi kulit kamu akan mengalami banyak jerawat berukuran besar, meradang dan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Breakout bisa terjadi saat kamu sedang mencoba produk perawatan kulit wajah baru, yang biasanya itu menandakan ketidakcocokan dengan kulit.

Ternyata ada penyebab breakout di wajah lainnya. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (21/3).

1. Menggunakan masker

Penyebab breakout dan cara mengatasinya

foto: Freepik/rawpixel.com

Penggunaan masker bisa jadi salah satu penyebab breakout di wajah. Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia sejak dua tahun terakhir ini membuat masyarakat dianjurkan untuk selalu menggunakan masker terutama saat akan melakukan aktivitas di luar rumah.

Penggunaan masker ini justru mempengaruhi kesehatan kulit wajah, karena wajah yang tertutup masker sehingga membuat wajah jadi terperangkap dan tidak bisa keluar ke permukaan kulit. Hal itu menyebabkan bakteri di wajah menumpuk dan menyebabkan peradangan.

Namun tak perlu khawatir, masalah tersebut bisa kamu atasi lho. Kamu cukup rutin mengganti masker dua sampai tiga jam sekali. Misalkan kamu menggunakan masker kain, harus rajin dicuci bersih dan rutin diganti.

2. Jarang mengganti sprei dan sarung bantal

Penyebab breakout dan cara mengatasinya

foto: Freepik/drobotdean

Penyebab breakout di wajah selanjutnya adalah kamu jarang mengganti sprei dan sarung bantal. Masalah ini sering dialami oleh banyak orang. sprei dan sarung bantal yang sering terdapat kuman dan kotoran yang menempel. Ketika kamu tidur, tak sadar wajah menempel ke kasur atau sprei. Bila terlalu sering, wajah kamu akan mengalami breakout hingga iritasi.

Untuk itu, kamu dianjurkan rutin mengganti seprei dan sarung bantal secara rutin satu kali dalam seminggu. Selain itu juga perhatikan kebersihan kamar kamu.

3. Kurang tidur

Penyebab breakout dan cara mengatasinya

foto: Freepik/benzoix

Kurang tidur juga bisa jadi penyebab breakout di wajah. Saat malam hari, setaip orang dianjurkan untuk tidur selama tujuh hingga sembilan jam. Namun tak jarang kamu sebagian orang mengalami insomnia atau sulit tidur. Hal itu tak hanya membahayakan kesehatan tapi juga kondisi kulit kamu.

Saat tidur, tubuh kamu memperbaiki kerusakan sel dan menggantinya dengan sel kulit yang baru sehingga wajah lebih sehat dan cerah. Namun ketika kamu sulit tidur, tubuh tidak melakukan perbaikan dan justru memproduksi minyak secara berlebihan dan menyebabkan jerawat.

Jadi sebaiknya istirahat sesuai waktu yang dibutuhkan tubuh, kemudian kurangi bermain gadget karena hal itu yang memicu kamu sulit tidur. Ketika waktu tidur kamu berkualitas, tak hanya tubuh saja yang sehat, tapi juga kulit kamu.

4. Stres

Penyebab breakout dan cara mengatasinya

foto: Freepik/cookie_studio

Lingkungan kerja dan pertemanan yang tidak sehat sering kali membuat kamu menjadi stres. Selain itu juga tuntutan tugas baik di sekolah maupun di pekerjaan membuat kamu berpikir jernih dan akhirnya menjadi stres.

Hal tersebut yang memicu breakout di wajah. Ketika hormon kortisol penyebab stres meningkat, akan merangsang kelenjar minyak di wajah secara berlebihan. Nantinya minyak di wajah tersebut yang membuat wajah mengalami jerawat.

Saat stres melanda, lakukan hal-hal yang bikin kamu bahagia, misalnya cuti dalam waktu beberapa hari, atau kamu juga bisa nonton film untuk mencari hiburan. Selain itu, rutin membersihkan wajah yang dapat mengangkat kotoran dan minyak di wajah agar jerawat tak muncul.

5. Penggunaan skincare

Penyebab breakout dan cara mengatasinya

foto: Freepik/sutidogstock

Tren skincare berkembang di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Skincare sendiri merupakan perawatan kecantikan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit di wajah. Ada beberapa rangkaian skincare yang perlu kamu lakukan mulai dari pembersih wajah, toner, serum, pelembap, masker wajah, hingga scrub.

Namun, alih-alih mengatasi masalah kulit, ada beberapa orang yang menggunakan skincare justru jadi breakout dan jerawat. Hal itu disebabkan biasanya karena kandungan zat aktif yang tidak cocok dikulit.

Sebaiknya sebelum membeli skincare, pastikan kamu mengetahui kondisi kulit kamu. Selain itu pilih skincare dengan kandungan bahan alami yang aman untuk kulit. Dengan begitu kamu tidak akan mengalami breakout di wajah.

6. Kebiasaan memencet jerawat

Penyebab breakout dan cara mengatasinya

foto: Freepik/wayhomestudio

Penyebab breakout di wajah selanjutnya adalah kebiasaan memencet jerawat. Ketika kamu memencet jerawat, otomatis bakteri keluar ke permukaan dan akhirnya memperparah breakout. Pasalnya ketika jerawat dipencet akan membuat bakteri menempel di tempat lain dan menyebabkan jerawat baru.

Jadi sebaiknya, hindari memencet jerawat untuk mengurangi masalah breakout semakin parah. Kamu cukup bersihkan wajah secara rutin atau menggunakan produk krim agar jerawat cepat mengempes.

7. Mengonsumsi makanan tinggi gula dan minyak

Penyebab breakout dan cara mengatasinya

foto: Freepik.com

Makanan manis dan tinggi gula tentu menjadi favorit banyak orang. Namun ketika kamu memiliki breakout di wajah, sebaiknya hindari makanan tersebut karena dapat membuat breakout semakin parah.

Dilansir dari Liputan6.com, makanan manis dan berminyak dapat meningkatkan insulin di dalam tubuh dan memproduksi minyak di wajah. Minyak tersebut nantinya akan menyumbat bakteri dan menimbulkan jerawat. Konsumsi makanan sehat yang mengandung banyak vitamin dan serat yang bagus untuk tubuh.

8. Kekurangan vitamin D

Penyebab breakout dan cara mengatasinya

foto: Freepik/kroshka_nastya

Penyebab breakout di wajah juga bisa karena kekurangan vitamin D. Vitamin D sendiri memiliki banyak manfaat tak hanya untuk tubuh tapi juga untuk kulit. Kamu bisa mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari, ikan, kuning telur, jamur, sereal, susu, oatmeal, dan lainnya.

9. Sering menyentuh wajah

Penyebab breakout dan cara mengatasinya

foto: Freepik/gpoinstudi

Dalam keadaan breakout atau tidak, hindari menyentuh wajah. Sebab kamu tak pernah tahu banyak kotoran dan bakteri yang menempel di wajah sehingga menyebabkan breakout. Untuk itu, sebelum menyentuh wajah sebaiknya cuci tangan hingga bersih.


(brl/red)

tags

STORIES

PRODUCT REVIEW All Product