9 Manfaat putih telur untuk wajah dan cara memakainya

9 Manfaat putih telur untuk wajah dan cara memakainya

Brilio.net - Ada banyak sekali manfaat putih telur untuk wajah. Telur merupakan salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang. Telur bisa diolah dengan cara apapun. Bahkan, telur juga biasa dijadikan sebagai salah satu bahan pelengkap untuk membuat kue.

Bicara soal manfaat telur, banyak sekali terutama untuk kesehatan. Telur bisa untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan mata, dan juga bisa sebagai menu diet harian. Sebab kandungan vitamin dan omega 3 pada telur sangat bagus untuk tubuh.

Tak hanya telur secara utuh yang bagus, putih telur juga bagus untuk wajah. Dilansir dari Stylecraze, kandungan vitamin A pada putih telur bermanfaat untuk meningkatkan penyembuhan luka dan membantu mengurangi keriput di wajah.

Biasanya putih telur dijadikan sebagai masker wajah. Dengan tambahan bahan-bahan alami seperti madu, jeruk nipis dan mentimun, manfaat putih telur untuk wajah semakin bagus.

Namun perlu diingat, dilansir dari Healthline, bagi kamu yang memiliki alergi tidak dianjurkan untuk melakukan perawatan dengan telur. Karena justru akan menimbulkan masalah yang lebih serius. Selain itu, untuk meminimalkan reaksi kulit, sebaiknya pilih telur organik yang kualitas proses penetasannya lebih terjamin.

Tak hanya itu, untuk menghindari risiko kontaminasi, sebaiknya gunakan masker putih telur di tempat yang bersih. Pastikan barang-barang dan tangan kamu bersih saat menggunakan masker putih telur.

Lantas apa saja sih manfaat putih telur dan bagaimana cara memakainya? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/12).

1. Mengatasi kulit kering

Manfaat putih telur freepik

foto: freepik

Permasalahan kulit kering kerap dialami oleh banyak orang, tak hanya wanita maupun pria. Kulit kering terjadi karena banyak faktor, misalnya penggunaan skincare yang tidak cocok, paparan sinar matahari, dan pola hidup yang tidak sehat.

Salah satu cara untuk mengatasi kulit kering dengan menggunakan putih telur. Kamu bisa mencampur satu butir putih telur dengan mentimun. Mentimun yang memiliki kandungan air tinggi dapat menghidrasi kulit wajah.

Caranya campurkan kedua bahan tersebut kemudian dimakan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

2. Mencegah penuaan dini

Manfaat putih telur freepik

foto: freepik

Munculnya garis-garis halus di wajah merupakan salah satu tanda seseorang mengalami penuaan dini. hal itu tentu sangat menakutkan bagi sebagian orang. Untuk menghindari hal itu, kamu bisa menggunakan putih telur yang dicampur dengan alpukat.

Kandungan vitamin E dan vitamin C pada alpukat dapat membantu mencegah penuaan dini. Selain itu kedua campuran itu bisa menjaga kelembapan kulit.

Cara membuatnya kamu bisa mencampurkan putih telur dan alpukat, kemudian haluskan kedua bahan tersebut. Setelah menjadi pasta, kamu bisa oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air biasa.

3. Melembapkan kulit wajah

Manfaat putih telur freepik

foto: freepik

Memiliki wajah lembap tentu impian setiap orang. Kamu bisa memiliki kulit lembap dengan bahan alami lho. Salah satunya menggunakan putih telur.

Caranya kamu bisa menggunakan putih telur ayam kampung kemudian kocok hingga berbusa. Setelah itu oleskan pada wajah, diamkan selama 60 menit dan bilas dengan air bersih.

4. Mengatasi jerawat

Manfaat putih telur freepik

foto: freepik

Manfaat putih telur untuk wajah berikutnya adalah untuk mengatasi jerawat. ya, masalah jerawat sering dialami oleh banyak orang. Tak jarang orang yang mengalami jerawat akan merasa gelisah dan tidak percaya diri. Kamu bisa menggunakan putih telur sebagai bahan alami untuk atasi jerawat.

Caranya dengan mencampurkan jeruk nipis dan putih terus kemudian kocok sebentar. Setelah itu aplikasian pada wajah dan diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis ternyata efektif untuk mengatasi jerawat.

5. Menghilangkan komedo

Manfaat putih telur freepik

foto: freepik

Wajah berkomedo pasti sering dialami orang banyak orang. Komedo muncul karena paparan debu polusi dan juga makeup. Biasanya, wajah yang tidak bersih akan sering muncul komedo d area pipi, T zone, dagu, dan hidung. Tak hanya ke klinik kecantikan, kamu juga bisa membersihkan komedo sendiri di rumah dengan putih telur lho.

Caranya siapkan putih telur yang dicampur satu sendok madu kemudian aduk hingga berbusa. Kemudian oleskan bahan tersebut ke wajah dan diamkan selama 1 jam. Selanjutnya cuci wajah dengan air bersih.

6. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat putih telur freepik

foto: freepik

Munculnya sel kulit mati di wajah sangat mengganggu, karena wajah akan nampak kasar dan kusam. Kamu bisa mengatasi itu dengan menggunakan putih telur. Putih telur dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati sehingga kulit lebih halus dan lembut.

Kamu cukup siapkan satu butir putih telur, kemudian kocok hingga berbusa. Setelah itu oleskan pada wajah selama 60 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu asal hasilnya optimal.

7. Menghilangkan bulu halus di wajah

Manfaat putih telur freepik

foto: freepik

Bagi sebagian orang memiliki bulu halus di wajah sangat mengganggu dan menurunkan kepercayaan diri. Kamu bisa menggunakan putih telur untuk menghilangkan bulu halus di wajah lho.

Caranya dengan mengoleskan putih telur ke seluruh wajah. Kemudian tempelkan tisu ke wajah di spot yang terdapat bulu halus. Lapisi kembali dengan putih telur, dan diamkan hingga kering. Setelah itu kamu bisa mencabut tisu yang sudah mengering tersebut dan bulu-bulu halus itu juga ikut tercabut.

8. Mengurangi minyak di wajah

Manfaat putih telur freepik

foto: freepik

Bagi kamu yang memiliki tipe kulit berminyak, disarankan untuk menggunakan putih telur untuk mengurangi produksi minyak di wajah.

Caranya kamu bisa menambahkan putih telur dengan jeruk nipis. Kemudian oleskan pada wajah dalam keadaan bersih. Kemudian diamkan 10 menit dan bilas dengan air dingin. Namun kamu harus berhati-hati sebab bagi kamu yang memiliki kulit sensitif akan merasa perih saat menggunakan ramuan ini. Sebaiknya hentikan jika mengalami hal tersebut.

9. Digunakan sebagai eye mask

Manfaat putih telur freepik

foto: freepik

Masalah mata panda juga sangat mengganggu bagi sebagian orang. Selain menggunakan mentimun dan tomat, kamu juga bisa menggunakan putih telur sebagai eye mask. Eye mask ini juga bermanfaat untuk menghilangkan kerutan akibat penuaan diri. Kemudian oleskan campuran tersebut ke area sekitar mata. Hindari bagian kelopak mata. Diamkan selama 8 menit dan bilas dengan air bersih.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES