9 Manfaat laser wajah serta jenis dan efek samping

9 Manfaat laser wajah serta jenis dan efek samping

Brilio.net - Perawatan wajah saat ini sudah banyak metode yang digunakan. Salah satu metode yang saat ini sedang digemari oleh masyarakat adalah laser wajah. Laser wajah diklaim mampu untuk mengatasi berbagai permasalahan wajah. Seperti permasalahan wajah munculnya jerawat, pori-pori membesar, munculnya flek hitam di wajah, hingga mengatasi kulit yang kusam.

Masalah kulit kian bermunculan seiring dengan bertambahnya usia. Maka dari itu wanita yang sudah memasuki usia tidak lagi muda, berusaha untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah mereka. Semua itu dilakukan agar tetap terlihat awet muda. Salah satu perawatan wajah yang bisa digunakan yaitu dengan menggunakan teknologi kecantikan laser wajah.

Laser wajah merupakan metode kecantikan yang harus didampingi oleh profesional seperti dokter kecantikan atau dokter kulit. Laser wajah ini membantu untuk memperbaiki tekstur kulit pada wajah.

Jenis-jenis laser wajah

Pada saat akan melakukan perawatan laser wajah, dokter akan memberikan rekomendasi jenis laser. Dilansir brilio.net dari Healthline, Sabtu (19/02) terdapat dua jenis laser wajah. Berikut ini jenis-jenis laser wajah.

- Laser ablatif

Laser ablatif terbagi menjadi dua yaitu karbon dioksida (CO2) dan erbium. Laser jenis ini digunakan untuk menghilangkan bekas luka, kutil, serta kerutan yang muncul di wajah. Sedangkan ebrium digunakan untuk menyamarkan garis halus dan kerutan di wajah. Dan mengatasi permasalahan wajah lainnya. Jenis dari laser ablatif ini memiliki cara kerja yang menghilangkan lapisan luar pada kulit.

- Laser non-ablatif

Memiliki perbedaan dengan cara kerja laser ablatif. Cara kerja dari laser non-ablatif yaitu dengan cara tidak menghilangkan lapisan kulit. Jenis laser ini akan sangat ampuh untuk mengatasi permasalahan wajah seperti jerawat, rosacea, dan spider veins.

9 Manfaat laser wajah

Setelah berbicara mengenai apa laser wajah dan apa saja jenisnya, berikutnya brilio.net akan memberikan manfaat apa saja sih yang akan diperoleh jika kamu melakukan perawatan laser wajah? Berikut ini manfaat laser wajah yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (19/02).

1. Mengencangkan kulit

Manfaat laser wajah Berbagai sumber

foto: Pixabay/alexandrivanov

Manfaat pertama yang akan kamu peroleh jika melakukan perawatan masker wajah yaitu mendapatkan kulit kencang. Sinar laser yang digunakan untuk metode perawatan utama akan memberikan stimulasi untuk mengeluarkan sel kulit baru.

Sel kulit baru ini biasa disebut dengan asam amino peptida. Adanya asam amino peptida ini akan dapat membantu kulit untuk melakukan regenerasi. Dengan adanya regenerasi kulit, maka akan mempengaruhi produksi kolagen dalam kulit yang mampu untuk menggantikan sel kulit mati.

2. Wajah menjadi lebih cerah

Manfaat laser wajah Berbagai sumber

foto: Pixabay/beautymagesdotcom

Proses terangkatnya sel kulit mati akan memberikan efek mencerahkan kulit. Sehingga wajah kamu akan tampak lebih awet muda.

3. Hemat waktu, karena perawatan dilakukan cepat dan mudah

Manfaat laser wajah Berbagai sumber

foto: Freepik/cooki_studio

Perawatan laser wajah dilakukan dengan cepat dan mudah. Durasi perawatan laser wajah biasanya hanya berlangsung selama 30 menit hingga 45 menit saja. Prosedur perawatan laser wajah yang menggunakan perawatan berjalan, memungkinkan kamu untuk kembali ke hari berikutnya untuk melakukan perawatan laser wajah.

4. Hasil perawatan permanen

Manfaat laser wajah Berbagai sumber

foto: Freepik/senivetro

Dilansir brilio.net dari pattmd, Sabtu (19/02) menjelaskan bahwa perawatan laser wajah memiliki manfaat yang permanen. Perawatan laser wajah ini tidak akan hilang dalam jangka waktu pendek. Hal ini lah yang membedakan perawatan wajah menggunakan skincare dengan menggunakan teknologi laser wajah.

Namun ada yang harus kamu ketahui dari manfaat ini. Seiring dengan berjalannya waktu, kulit akan tetap mengalami penuaan. Maka dari itu melakukan perawatan kulit setelah laser wajah tetap harus berjalan.

5. Mencegah munculnya jerawat

Manfaat laser wajah Berbagai sumber

foto: Pixabay/yousseflabib

Manfaat laser selanjut yaitu dapat digunakan untuk mencegah dan menghilangkan munculnya jerawat membandel di wajah. Cara kerjanya yaitu dengan cara menyusutkan lemak jenuh yang ada di wajah. Minyak jenuh inilah yang menjadi faktor utama munculnya jerawat.

6. Menghilangkan kerutan di wajah

Manfaat laser wajah Berbagai sumber

foto: Freepik/cooki_studio

Selain dapat mencegah munculnya jerawat, manfaat selanjutnya yaitu bisa membantu untuk menghilangkan kerutan yang muncul di wajah karena bertambahnya usia. Laser wajah akan membantu untuk memunculkan sel kulit baru. Sehingga kulit akan kembali elastis dan membuat kamu awet muda.

7. Membantu menyamarkan luka

Manfaat laser wajah Berbagai sumber

foto: Freepik/senivtro

Luka pada wajah biasanya terjadi karena adanya bekas jerawat yang muncul dan meninggalkan bekas. Dengan melakukan laser wajah, maka bekas jerawat atau luka di wajah akan tersamarkan. Dan membuat kulit wajah menjadi lembut, halus dan tidak ada flek hitam yang terlihat.

8. Mengecilkan pori-pori

Manfaat laser wajah Berbagai sumber

foto: Freepik/iyashenko

Manfaat lain dari laser wajah yaitu untuk mengecilkan pori-pori pada wajah. Manfaat laser wajah yang satu ini sudah terbukti membuat wajah menjadi mulus dan halus.

9. Mengobati kemerahan pada kulit

Manfaat laser wajah Berbagai sumber

foto: Freepik/cookie_studio

Manfaat dari laser selanjutnya yaitu dapat membantu untuk mengobati kemerahan yang terjadi pada kulit. Kemerahan pada kulit bisa disebabkan karena paparan sinar matahari secara langsung, kondisi penuaan dini, atau terjadinya pigmentasi kulit.

Dengan menggunakan metode kecantikan laser wajah, maka bintik-bintik yang muncul di wajah karena beberapa faktor dapat teratasi dan membuat kulit wajah menjadi rata.

Efek samping di balik perawatan laser wajah

Perawatan laser wajah memang memiliki berbagai manfaat yang ampuh untuk membuat wajah menjadi glowing. Tetapi dibalik manfaat dari perawatan wajah tersebut, terdapat efek samping yang akan didapatkan. Kemungkinan efek samping yang akan diperoleh, sebagai berikut :

- Terjadinya ruam pada wajah

- Mengalami pembengkakan

- Hiperpigmentasi

- Terjadi infeksi

- Iritasi kemerahan atau ruam

- Meninggalkan bekas luka

- Kulit bisa terbakar

Jika terjadi efek samping setelah melakukan laser wajah, masa penyembuhan akan memakan waktu kurang lebih 3 hingga 10 hari. Lamanya waktu penyembuhan ini tergantung pada area perawatan dan kedalaman laser. Untuk penyembuhan efek samping dari laser wajah jenis ablatif akan membutuhkan waktu kurang lebih 3 minggu.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES