9 Cara mengatasi kulit kepala kering dan mengelupas pakai bahan alami

9 Cara mengatasi kulit kepala kering dan mengelupas pakai bahan alami

Brilio.net - Memiliki kulit kepala yang kering hingga mengelupas adalah mimpi buruk bagi kebanyakan orang. Hal ini akan sangat mengganggu karena rasa gatal yang terkadang disertai dengan sepihan-serpihan pengelupasan dari kulit kepala.

Kulit kepala kering selalu dikaitkan dengan masalah ketombe. Pasalnya, kulit kepala kering juga membuat kepala penderitanya memunculkan serpihan putih layaknya ketombe. Padahal, keduanya adalah hal yang berbeda.

Pada orang yang memiliki masalah kulit kepala kering, serpihan putih yang muncul biasanya memiliki ukuran lebih kecil, berwarna putih, dan tidak bersisik. Sementara itu, serpihan ketombe umumnya memiliki ukuran lebih besar, terlihat berminyak, dan bersisik.

Kondisi kulit kepala setiap orang berbeda-beda, ada yang normal, berminyak, hingga kering. Kulit kepala yang kering tentu saja akan menimbulkan berbagai macam masalah, salah satunya adalah kulit kepala yang terkelupas dan menghasilkan serpihan menyerupai ketombe.

Penyebab utama kulit kepala menjadi sangat kering adalah eksim, alias kondisi di mana kulit kepala menjadi gatal, bersisik, dan lama-kelamaan mengelupas seperti ketombe. Eksim sendiri terjadi sebagai respons sistem kekebalan tubuh ketika kulit kepala terpapar zat atau unsur yang menyebabkan iritasi.

Kebiasaan sehari-hari seperti kurang minum dan keramas terlalu sering bisa menyebabkan kulit kepala kering. Berbagai masalah kesehatan seperti eksim dan psoriasis juga turut serta jadi penyebab. Dikutip dari Healthline, kulit kepala kering juga bisa dipicu oleh faktor-faktor lainnya seperti udara dingin dan kering.

Namun tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan-bahan alami. Berikut sembilan cara mengatasi kulit kepala kering dan mengelupas pakai bahan alami yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Minggu (29/5).

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES