9 Cara mencerahkan wajah kusam secara alami, pakai bahan rumah

9 Cara mencerahkan wajah kusam secara alami, pakai bahan rumah

Brilio.net - Ada banyak cara mencerahkan wajah kusam dengan bahan alami. Ya, memiliki wajah yang cerah merupakan impian setiap orang baik pria maupun wanita. Tak heran bila mereka rela merogoh kocek dalam untuk menjaga penampilan mereka.

Namun sayangnya, ada saja masalah kulit yang dialami oleh setiap orang. Salah satunya kulit kusam. Memiliki wajah kusam pastinya sangat menurunkan kepercayaan diri. Sebab kulit kusam membuat wajah tak bercahaya.

Kulit kusam disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kulit mengalami dehidrasi, menumpuknya sel kulit mati, merokok, dan tanda-tanda penuaan.

Namun kamu tak perlu khawatir, sebab kulitkusam bisa kamu atasi. Caranya dengan rutin membersihkan wajah saat pagi dan malam hari. Terutama saat setelah beraktivitas, biasanya wajah kamu terpapar makeup dan polusi. Selain itu, kamu juga bisa menjadikan eksfoliasi sebagai rutinitias harian.

Melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit secara teratur dapat mengangkat kotoran di wajah penyebab kulit kusam. Selain itu, wajah kamu juga akan terlihat lebih cerah dan bercahaya.

Eksfoliasi juga bermanfaat untuk membuat kulit kamu lebih sehat, cerah, halus, menjaga kelembapan kulit, dan merangsang produksi kolagen sehingg kulit kamu lebih kenyal, ujar Dokter Kulit asal New York City, dr Hadley King seperti dilansir dari Healthline, Minggu (13/2).

Cara menghilangkan kulit kusam selanjutnya juga bisa rutin menggunakan skincare khusus untuk mencerahkan wajah. Namun skincare biasanya banyak mengandung bahan kimia yang tak jarang dapat membuat kulit iritasi bila tidak cocok. Untuk itu kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan alami sebagai cara cara mencerahkan wajah kusam secara alami.

Berikut rangkuman cara mencerahkan wajah kusam dengan bahan alami seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (14/2).

1. Teh hijau

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami

foto: Pixabay/mirkostoedter

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami yang pertama dengan teh hijau. Teh hijau mengandung antioksida yang dapat menangkal radikal bebas sehingga mampu meregenerasi sel kulit mati.

Kamu bisa memanfaatkan teh daun hijau, caranya dengan memakai daun teh hijau atau bubuk teh sebagai masker wajah. Caranya, rendam daun teh hijau dengan air panas selama 15 menit. Tunggu sampai dingin kemudian oleskan daun teh hijau ke wajah, diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air biasa.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bubuk teh daun hijau yang dicampur dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Lalu oleskan ke wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air.

2. Tomat

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami

foto: Pixabay/loggawiggler

Selain dinikamti dengan campuran gula dan dibuat sayur, tomat juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan yang dapat mencerahkan wajah. Kandungan lycopene dan antioksidan di dalamnya dapat menangkal radikal bebas penyebab kulit kusam. Tomat juga dipercaya dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Cara menggunakannya, siapkan satu tomat, tumbuk hingga halus kemudian oleskan ke wajah selama 30 menit, bilas dengan air biasa. Kamu bisa melakukan perawatan ini dua kali seminggu.

3. Pisang

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami

foto: Pixabay/openclipart_vectors

Buah pisang mengandung vitamin C yang dipercaya efektif mencerahkan wajah secara alami. Caranya, haluskan satu buah pisang kemudian tambahkan satu sendok makan madu. Setelah itu oleskan ke wajah secara merata dan diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

4. Alpukat

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami

foto: Pixabay/stevepb

Alpukat merupakan buah yang kaya akan vitamin C, E, dan karotenoid antioksidan yang dapat melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan. Selain itu, vitamin C di dalamnya dapat membantu mencegah penuaan dini akibat paparan sinar UV yang membuat kulit kusam. Sementara itu, vitamin C di dalamnya dapat membantu mencerahkan wajah.

Cara menggunakannya, haluskan satu buah alpukat, kemudian oleskan ke wajah dan leher secara merata dan diamkan selama 25 menit, lalu bilas dengan air bersih.

5. Air beras

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami

foto: Pixabay/allybally4b

Mulai sekarang, kalau mencuci beras, jangan buang airnya. Sebab air beras dapat dimanfaatkan sebagai cara mencerahkan wajah. Kamu bisa menggunakan air beras untuk mencuci muka. Atau bisa juga dengan mengendapkan beberapa hari air beras hingga mendapat sarinya. Sari air beras itu bisa dijadikan sebagai masker wajah untuk membantu mencerahkan wajah.

6. Jeruk nipis

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami

foto: Pixabay/congerdesign

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis mampu mencerahkan wajah dan menangkal radikal bebas. Caranya, belah dua jeruk nipis kemudian oleskan ke wajah secara merata dan diamkan selama 30 menit.

Namun cara ini cukup dilakukan saat kulit kamu tidak mengalami luka karena bisa memperparah keadaan. Selain itu juga cukup satu kali saja melakukan perawatan ini karena dapat membuat kulit kering.

7. Lidah buaya

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami

foto: Pixabay/mozo190

Lidah buaya salah satu bahan alami yang sering dijadikan sebagai bahan alami untuk kecantikan. Sebab kandungan vitamin A, C, E, kaoilin, asam folat, dan antioksidan mampu mencerahkan wajah, menurunkan produksi pigmentasi, dan menyeimbangkan warna kulit.

Caranya, oleskan gel lidah buaya ke area wajah secara merata. Kemudian diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa.

8. Lemon

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami

foto: Pixabay/pixel2013

Sama seperti jeruk nipis, lemon juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang bagus untuk kulit. Selain itu kandungan asam alpha di dalamnya juga dapat menangkal radikal bebas, mengatasi kulit kusam, dan mencerahkan wajah.

Caranya oleskan air lemon ke wajah secara merata dengan menggunakan kapas. Kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air biasa.

9. Pepaya

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami

foto: Pixabay/varintorn

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami yang terakhir dengan pepaya. Dalam pepaya terdapat vitamin A, C, dan E, ada juga enzim papain yang dapat meregenerasi kulit, melembapkan, menutrisi serta mencerahkan wajah.

Caranya, haluskan seperempat buah pepaya kemudian oleskan ke wajah secara merata, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat. Perawatan ini bisa kamu lakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu.

(brl/lak)

tags

Advertising
Advertising
STORIES