8 Tips makeup tahan lama dan anticrack untuk kulit kering

8 Tips makeup tahan lama dan anticrack untuk kulit kering

Brilio.net - Bagi sebagian orang, menggunakan makeup untuk kulit kering bukanlah hal yang mudah. Alih-alih menghasilkan riasan yang cantik, beberapa produk makeup justru bisa membuat kulit tampak lebih kering dan cracking. Seperti diketahui, kulit kering adalah masalah yang terjadi ketika lapisan kulit paling atas atau epidermis tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Akibatnya, kulit terlihat seperti bersisik, mengelupas, dan pecah-pecah.

Dilansir situs kesehatan Healthline, kulit kering atau disebut juga xerosis adalah kondisi kulit yang umum terjadi dan bisa disebabkan banyak faktor. Walau begitu, kulit kering juga bisa menjadi gejala kondisi kesehatan yang lebih serius, terutama jika ekstrem dan tidak bisa diatasi dengan pelembap atau cara-cara sederhana lainnya.

Maka dari itu, sebagai pemilik kulit kering, memperhatikan kandungan pada produk makeup adalah hal wajib. Karena, sekalinya salah memilih nantinya akan memunculkan berbagai masalah baru pada kulit keringmu. Contohnya saja masalah makeup pecah atau retak dan menyebabkan kerutan halus tampak nyata.

Namun kini tak perlu khawatir, sebab ada berbagai tips makeup untuk pemilik kulit kering yang bisa dicoba agar tetap bisa tampil glowing, tahan lama, dan anticrack sepanjang hari. Yuk simak delapan tips makeup tahan lama dan anticrack untuk kulit kering yang telah briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (19/10).

1. Gunakan pelembap.

Tips makeup tahan lama dan anticrack untuk kulit kering freepik.com

foto: freepik.com

Apapun jenis kulitmu, pelembap adalah kunci, terlebih lagi bagi kamu pemilik kulit kering. Pelembap bisa kamu gunakan setelah membersihkan wajah dan mengeringkannya. Hal ini penting bagi pemilik kulit kering agar dapat membuat kulit tetap terhidrasi, sehingga makeup juga dapat menempel dengan baik.

Sementara itu, untuk kulit kering kamu perlu memilih pelembap dengan tekstur krim. Dengan begitu, kulitmu akan terlihat halus tanpa ada dry patch. Gunakan pada seluruh wajah, termasuk bagian yang paling kering, ya. Selain pelembap, kamu juga bisa menggunakan serum mengandung hyaluronic acid untuk meningkatkan kelembapan kulit. Kulit yang lembap akan membuat makeup lebih awet dan bertahan lama di wajah.

2. Memilih primer yang melembapkan.

Tips makeup tahan lama dan anticrack untuk kulit kering freepik.com

foto: freepik.com

Penggunaan primer juga nggak boleh dilewatkan untuk mewujudkan makeup sempurna pada kulit kering. Hal ini perlu kamu lakukan untuk tampilan makeup terlihat lebih halus dan tahan lama. Namun, pastikan agar kamu tidak sampai salah memilih primer wajah. Pasalnya, salah memilih primer wajah untuk kulit kering bisa membuat kulit jadi semakin kering. Karena itu, kamu perlu memilih produk primer yang dapat melembapkan. Kamu bisa mencoba hydrating primer yang dapat melembapkan sekaligus memberikan efek dewy pada kulit wajahmu.

Gunakan secara merata dan nggak perlu yang berlebihan. Setidaknya gunakan 2-3 titik primer untuk seluruh wajah. Penggunaan primer dengan tepat nantinya akan membuat kulit wajah tampak lebih smooth dan sempurna.

3. Pilih foundation dengan tekstur yang tepat.

Tips makeup tahan lama dan anticrack untuk kulit kering freepik.com

foto: freepik.com

Memilih foundation dengan tepat merupakan salah satu kunci agar makeup sempurna anticrack. Bagi pemilik kulit kering, sangat disarankan untuk memilih foundation bertekstur cair atau krim. Karena foundation yang bertekstur demikian akan dapat membantu melembapkan kulitmu yang kering. Sementara itu, bagi kamu yang menyukai formula lebih ringan, kamu dapat menggunakan BB cream.

Kamu juga disarankan memilih foundation dengan klaim moisturizing atau hydrating. Lebih mudahnya, kamu bisa memiliki foundation dengan oil-based. Sehingga, hasil akhirnya akan tetap glowing, dewy, dan lembap.

4. Gunakan spons untuk memulaskan foundation.

Tips makeup tahan lama dan anticrack untuk kulit kering freepik.com

foto: freepik.com

Seperti yang diketahui bahwa sebagian wanita mungkin menggunakan jari tangan untuk memakai foundation di wajahnya. Namun, cara pakai makeup ini kurang tepat bagi orang yang memiliki kulit wajah kering. Memulas foundation dengan jari justru rentan membuat tampilan wajah tampak retak. Untuk menghindari hal ini, coba gunakan spons makeup atau beauty blender untuk memulas dan meratakan berbagai produk makeup untuk pemilik kulit kering.

Caranya kamu bisa membasahi spons atau beauty blender terlebih dulu dengan air agar mengembang, kemudian peras kelebihan airnya sampai terasa lembap. Seorang ahli penata rias menyarankan agar kamu menotolkan foundation cair di beberapa titik wajah hingga leher. Selanjutnya, gunakan spons makeup atau beauty blender lembap untuk meratakan ke seluruh permukaan wajah. Namun, jangan dipakai dengan cara digosok atau ditekan agar produk makeup dapat terserap dengan baik.

5. Tak perlu gunakan bedak.

Tips makeup tahan lama dan anticrack untuk kulit kering freepik.com

foto: freepik.com

Bedak memang berfungsi untuk mempercantik wajah. Selain itu, bedak juga dapat mengunci foundation agar dapat menempel sempurna pada wajah. Akan tetapi, bagi pemilik kulit kering, penggunaan bedak justru dapat berisiko membuat wajah semakin kering dan hasil makeup terlihat cracking. Akibatnya, hasil riasan tidak akan bertahan lama.

Hal ini tak lain lantaran bedak bisa menyerap produksi minyak berlebih pada kulitmu, sedangkan kulitmu juga sudah kurang lembap. Namun kamu dapat memoles sedikit bedak pada T-zone wajah yaitu dahi, hidung, dan dagu, itu pun jika area tersebut berminyak. Jika wajah tidak berminyak sama sekali, sebaiknya kamu tidak perlu memakai bedak.

6. Pilih blush on bertekstur krim.

Tips makeup tahan lama dan anticrack untuk kulit kering freepik.com

foto: freepik.com

Untuk kamu yang memiliki kulit kering, sebaiknya hindari juga pemakaian blush on yang berbentuk powder. Pilihlah blush on dengan tekstur krim. Karena blush on dengan tekstur tersebut dapat melembapkan wajah lebih lama dan juga cenderung lebih bertahan lama pada kulit. Blush on jenis krim juga akan membuat riasanmu tampak lebih natural.

7. Gunakan lipstik yang tepat.

Tips makeup tahan lama dan anticrack untuk kulit kering freepik.com

foto: freepik.com

Selain memiliki kulit wajah yang kering, kamu juga pasti memiliki kulit bibir yang kering. Kamu bisa menghindari penggunaan lip product dengan hasil akhir matte, seperti lip cream. Pasalnya, jenis lipstik ini hanya akan membuat bibir semakin cepat kering. Sebagai alternatifnya, produk makeup untuk kulit kering yang cocok di bibir adalah yang mampu memberi kilau dan segar seperti lip gloss.

Sebelum memulas perona bibir, tak ada salahnya untuk menyempatkan waktu mengeksfoliasi bibir dengan scrub. Kamu bisa menggunakan scrub bibir alami yang terbuat dari gula dan madu. Scrub gula dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Sedangkan, manfaat madu mampu melembapkan bibir. Kamu juga bisa mengulaskan lip balm terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan lipstik. Hal ini penting agar dapat menghindarkan bibirmu dari pecah-pecah dan sekaligus membantu menjaga kelembapannya.

8. Jangan lupa semprotkan setting spray atau hydrating mist.

Tips makeup tahan lama dan anticrack untuk kulit kering freepik.com

foto: freepik.com

Tahap paling akhir setelah penggunaan makeup ialah menggunakan setting spray. Bagi kamu yang memiliki kulit kering, tentu saja penggunaan setting spray begitu penting. Gunakan setting spray khusus untuk kulit kering agar kulit tetap lembap. Penggunaan setting spray atau hydrating mist mampu membuat wajah menjadi lebih segar sehingga riasan wajah bisa bertahan lama. Cukup semprotkan produk ini jika wajahmu yang mulai terasa kering di siang hari. Sementara setting spray berfungsi untuk menjaga foundation dan seluruh makeup di wajahmu agar selalu tampak flawless dan tahan lama. Pastinya, makeup akan tampak sempurna dan anticrack.

(brl/tin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES