7 Cara pakai masker organik agar lebih optimal, bilas air hangat

7 Cara pakai masker organik agar lebih optimal, bilas air hangat

Brilio.net - Memiliki kulit wajah yang cerah dan halus merupakan impian kebanyakan orang. Namun masalahnya, paparan polusi, stres, dan kelelahan bisa membuat wajah menjadi kusam, berjerawat, bahkan memicu tanda-tanda penuaan muncul lebih dini. Karena itu, melakukan perawatan wajah secara rutin sangat penting, agar kulit wajah tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam masalah.

Dengan memiliki kulit wajah yang sehat, kamu pun tidak perlu memoleskan terlalu banyak makeup lagi, karena wajah sudah akan terlihat berseri dan cantik alami. Kulit yang sehat pun juga bisa membantu makeup agar menempel dengan sempurna pada wajah. Nah, salah satu perawatan kulit yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kesegaran dan kecantikan kulit adalah menggunakan masker wajah.

Masker wajah adalah salah satu produk skincare yang memiliki banyak manfaat untuk wajah dan kecantikan. Di antaranya adalah memberi nutrisi pada kulit, membersihkan wajah dengan maksimal, melembapkan wajah, mengeksfoliasi kulit serta mengencangkan wajah. Salah satu jenis masker yang bisa kamu manfaatkan untuk menutrisi wajahmu adalah masker organik.

Masker organik adalah masker yang dibuat dari bahan-bahan alami, di mana teksturnya berbentuk bubuk halus yang akan berubah menjadi tekstur krim saat dicampur dengan air. Meskipun kelihatannya mudah, tapi kamu perlu tahu cara penggunaan masker wajah yang benar di sini agar kamu bisa mendapatkan hasil maksimal. Yuk, simak tujuh caranya berikut ini, yang briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/11).

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu.

Cara pakai masker organik agar lebih optimal freepik.com

foto: freepik.com

Sebelum memakai masker organik, pastikan dulu bahwa kulit wajahmu sudah bersih secara menyeluruh. Selain dengan mencuci muka dengan pembersih wajah, kamu juga bisa menggunakan scrub agar sel-sel kulit mati terangkat. Kulit wajah yang sudah dibersihkan terlebih dulu akan lebih siap menerima bahan aktif dari masker supaya bekerja maksimal tanpa ada pori-pori yang tersumbat.

2. Gunakan masker dengan formula yang benar.

Cara pakai masker organik agar lebih optimal freepik.com

foto: freepik.com

Cara memakai masker wajah yang selanjutnya adalah menggunakan masker dengan formula yang benar. Jika kamu tidak menggunakan masker sesuai dengan kulit kamu akan berakibat fatal. Pasalnya, kulit memiliki karakteristik berbeda satu sama lain.

Jika kondisi kulitmu kering, hindari masker dengan bahan-bahan yang dapat menarik minyak berlebih, atau sebaliknya. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, kamu juga bisa mencari masker yang memiliki kandungan cenderung menenangkan kulit. Dengan cara tersebut, kulit akan senantiasa sehat dan terpenuhi kebutuhannya.

3. Gunakan uap steam untuk membuka pori-pori.

Cara pakai masker organik agar lebih optimal freepik.com

foto: freepik.com

Setelah membersihkan wajah, ada baiknya kamu juga menggunakan uap steam untuk membuka pori-pori wajah, sehingga penyerapan nutrisi dari masker bisa lebih maksimal. Penguapan juga membantu untuk mengeluarkan kotoran dan minyak yang terperangkap di dalam pori-pori. Jika kamu tidak mempunyai steamer, kamu bisa menyiapkan air panas di dalam baskom dan arahkan wajah kamu ke dalam mangkuk dan tutup kepala dengan kain. Lakukan hal ini selama kurang lebih 5 menit.

4. Gunakan alat yang tepat.

Cara pakai masker organik agar lebih optimal freepik.com

foto: freepik.com

Jika selama ini kamu mengaplikasikan masker ke wajah dengan tangan, sebaiknya tinggalkan cara tersebut. Cara memakai masker wajah yang benar yaitu dengan menggunakan alat khusus untuk mengaplikasikan masker. Pasalnya kita tidak tahu bakteri atau kotoran apa yang menempel pada jari tangan kita. Hindari juga menggunakan peralatan dapur selama menggunakan masker wajah.

Tidak hanya menjaga tercampurnya kotoran dari tangan, menggunakan brush atau alat khusus juga akan memastikan aplikasi masker di wajahmu bisa lebih merata. Dengan bantuan alat tersebut jauh lebih mudah untuk mengontrol berapa banyak bahan yang kamu ambil dan kamu aplikasikan di kulit wajah. Jangan lupa untuk mencuci sikat setiap kali selesai digunakan dan pastikan sudah kering sebelum disimpan.

5. Pakai masker organik sesuai aturan dan bilas pakai air hangat.

Cara pakai masker organik agar lebih optimal freepik.com

foto: freepik.com

Langkah yang tak kalah penting adalah penggunaan masker wajah segala jenis termasuk masker organik tidak terlalu lama atau cepat. Cek kembali aturan pakai masker wajah agar sesuai dengan kebutuhan. Pengaplikasian masker wajah yang tepat juga meminimalisir masalah kulit dan memaksimalkan penyerapan nutrisi dari masker. Nah, untuk masker organik biasanya kamu harus membiarkan masker sampai setengah mengering dengan sendirinya.

Setelah masker setengah mengering, bersihkan wajah dengan membilasnya dengan air hangat dan pastikan tidak ada sisa masker yang tertinggal pada wajah kamu. Bersihkan sisa-sisa masker yang menempel sampai bersih. Jika tidak, residu masker bisa menyumbat pori-pori dan mengakibatkan komedo. Lalu, keringkan dengan handuk dengan cara menepuk-nepuknya pada wajah dengan lembut.

6. Pakai toner setelahnya.

Cara pakai masker organik agar lebih optimal freepik.com

foto: freepik.com

Masih banyak orang yang belum tahu betapa pentingnya menggunakan toner setelah menggunakan masker wajah. Tak hanya membantu melembapkan kulit, menggunakan toner yang tepat setelah selesai maskeran juga bisa membantu mengunci semua manfaat masker tersebut. Toner juga akan membuat kulit wajah kamu lebih halus dan lebih bersih.

7. Gunakan secara rutin.

Cara pakai masker organik agar lebih optimal freepik.com

foto: freepik.com

Skincare apapun jika tidak digunakan secara rutin tidak akan memberikan manfaat dan perubahan signifikan. Karena itu, sebaiknya aplikasikan masker wajah secara rutin agar kamu bisa mendapatkan hasil yang nyata pada wajah. Penggunaan masker wajah yang benar itu hanya satu sampai tiga kali dalam seminggu saja.

(brl/tin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES