7 Cara mengatasi strawberry skin agar kulit kembali halus dan mulus, mudah dilakukan

7 Cara mengatasi strawberry skin agar kulit kembali halus dan mulus, mudah dilakukan

Brilio.net - Strawberry skin merupakan kondisi kulit tampak memiliki bintik-bintik hitam pada permukaannya. Kondisi ini menyebabkan kulit tampak seperti kulit buah stroberi. Selain itu, biasanya kondisi ini juga membuat tekstur kulit menjadi kering dan tidak lembut. Umumnya kondisi ini lebih kerap terjadi pada kulit kaki.

Bintik-bintik ini muncul karena beberapa faktor seperti folliculitis. Folliculitis merupakan masuknya bakteri dan kotoran pada folikel rambut, bisa melalui alat cukur yang kotor, pakaian yang jarang dicuci atau terlalu kasar menggosok kulit. Awalnya folikel rambut akan meradang dan infeksi hingga menjadi benjolan merah yang berukuran kecil. Seiring berjalannya waktu benjolan akan semakin menggelap.

Kondisi ini juga bisa disebabkan karena pori-pori yang tersumbat. Apabila pori-pori sudah tersumbat maka kulit akan memproduksi lebih banyak minyak alami. Jika minyak alami tersebut terkontaminasi dengan udara, maka kondisinya akan menggelap dan berubah menjadi bintik hitam. Hal ini tentu saja dapat mengurangi rasa percaya diri.

Kulit yang kering dan tidak terhidrasi dengan baik juga berisiko mengalami strawberry skin. Kondisi kulit yang kering akan menjadi lebih sensitif sehingga akan rentan mengalami luka karena gesekan. Hal ini dapat memicu timbulnya folliculitis.

Kamu yang sudah terlanjur memiliki strawberry skin, tidak perlu khawatir, berikut briliobeauty.net telah merangkum tujuh cara mengatasi strawberry skin dari berbagai sumber, Kamis (9/3).

1. Rutin gunakan body lotion.

cara merawat strawberry skin  2023 berbagai sumber

foto: freepik.com

Body lotion merupakan produk perawatan kulit yang memiliki banyak manfaat. Fungsi utama body lotion adalah memberikan dan menjaga kelembapan kulit, sekaligus melindungi kulit agar tidak mudah iritasi.

Selain itu, body lotion juga mampu mencerahkan kulit sehingga perlahan dapat memudarkan bintik gelap pada strawberry skin. Gunakan body lotion dengan kandungan niacinamide dan gliserin untuk mengatasi strawberry skin.

2. Rutin melakukan eksfoliasi.

cara merawat strawberry skin  2023 berbagai sumber

foto: freepik.com

Eksfoliasi merupakan perawatan yang dapat melunturkan sel kulit mati. Rutin melakukan eksfoliasi dapat mengatasi masalah tekstur kulit yang kering dan kasar pada strawberry skin. Selain itu, eksfoliasi juga dapat mencerahkan kulit. Kamu dapat melakukan eksfoliasi menggunakan body scrub, spons atau produk eksfoliasi dengan kandungan BHA atau salicylic acid.

Mgg: Azahra Amalia Sugiyarto

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES