7 Cara mengatasi kulit wajah kering bersisik, mudah dan simpel

7 Cara mengatasi kulit wajah kering bersisik, mudah dan simpel

Brilio.net - Permasalahan kulit memang tak akan pernah ada habisnya. Permasalahan kulit yang muncul biasanya tidak jauh dari tipe kulit setiap orang. Seperti tipe kulit berminyak yang rentan terkena jerawat karena produksi minyak yang berlebihan dan paparan radikal bebas hingga menyebabkan pori-pori tersumbat.

Tipe kulit sensitif yang mudah terkena iritasi akibat paparan zat yang tidak sesuai dengan kondisi wajah. Hingga masalah pada tipe kulit kering yang dapat memberikan kesan ketarik, bersisik hingga mengelupas.

Kulit kering merupakan permasalahan yang umum terjadi. Memiliki kulit wajah yang kering dapat menghambat aktivitas karena bisa menjadi penyebab takpercaya diri. Kulit kering juga dapat membuat kulit terlihat kusam dan tidak menarik. Tak hanya itu, pemilik kulit kering juga akan memiliki tekstur wajah yang kasar dan bersisik.

Biasanya, kulit kering bukanlah masalah yang berbahaya. Kondisi ini dapat ditangani dengan beberapa perubahan gaya hidup dan penggunaan bahan alami. Apabila tidak membuahkan hasil atau ada penyakit yang menyebabkan kulit kering, barulah pengobatan medis dapat dipertimbangkan.

Untuk menghilangkan kulit kering, dibutuhkan perawatan kulit khusus. Beberapa permasalahan seperti genetika, kosmetik yang tidak tepat, tingkat stres, dan ketidakseimbangan hormon dapat menjadi faktor munculnya permasalahan kulit kering. Memiliki kulit kering akan sangat mengganggu penampilan dan menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang.

Kali ini brilio.net akan memberikan 7 cara mengatasi kulit wajah kering bersisik yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (28/2).

1. Gunakan pelembap secara rutin

7 Cara mengatasi kulit wajah kering bersisik Berbagai sumber

foto: pexels.com

Pelembap adalah salah satu produk yang wajib untuk pemilik kulit kering bersisik. Pemakaian pelembap memiliki fungsi penting dalam mengunci kelembapan kulit sehingga lapisan pelindung kulit senantiasa terjaga dari kerusakan.

Pelembap yang digunakan sebaiknya yang mengandung shea butter, ceramide, asam stearat, atau gliserin dan asam laktat. Beberapa kandungan tersebut dapat membantu melepaskan lapisan teratas pada kulit yang kering dan bersisik, serta menembus lapisan di bawahnya untuk mengisi ruang antarsel kulit.

Pelembap sebaiknya digunakan setelah mandi dengan mengoleskan ke bagian kulit yang kering setidaknya dua kali sehari agar kulit terhidrasi dengan baik. Pilih pelembab ringan yang nonkomedogenik. Hindari menggunakan toner atau astringent berbasis alkohol. Semua ini dapat menarik keluar kelembapan kulit.

2. Kompres dengan air hangat

7 Cara mengatasi kulit wajah kering bersisik Berbagai sumber

foto: pexels.com

Mengompres kulit wajah yang kering bersisik dengan air hangat suam kuku adalah salah satu cara mengatasi kulit kering. Kamu bisa mengompres area kulit kering bersisik dengan kompres air hangat. Gunakan waslap bayi bersih yang telah dicelupkan di air hangat, kemudian gosok lembut dengan gerakan melingkar kecil untuk mengangkat sisa kulit mati.

Ulangi beberapa kali sehari, jika perlu. Pastikan untuk menggunakan waslap baru setiap kali akan mengompres. Setelah itu, keringkan kulit dan oleskan pelembab tubuh. Dengan begitu, kesan ketarik akibat kulit kering akan berkurang. Tak hanya itu, sisik yang ada pada kulit kering juga akan mengelupas.

3. Mengoleskan petroleum jelly

7 Cara mengatasi kulit wajah kering bersisik Berbagai sumber

foto: pexels.com

Petroleum jelly merupakan salah satu pelembap yang dapat mengunci kelembapan sehingga kulit tidak lagi terlalu kering. Sehingga, kulit kembali mendapatkan perlindungan alaminya. Tak hanya itu, petroleum jelly juga bertindak sebagai humektan, yakni zat yang menarik kelembapan ke dalam kulit.

Meski teksturnya tampak kental dan lengket seperti menyumbat pori, molekulnya sebenarnya cukup besar sehingga tak akan memasuki kulit terlalu dalam. Cara pemakaiannya adalah dengan mengoleskan petroleum jelly di kulit yang kering secara rutin.

4. Minyak zaitun

7 Cara mengatasi kulit wajah kering bersisik Berbagai sumber

foto: pexels.com

Bahan-bahan alami juga dapat membantu mengatasi kulit kering bersisik. Salah satunya dengan menggunakan minyak zaitun. Olive oil alias minyak zaitun mengandung banyak antioksidan dan asam lemak yang baik untuk kulit. Minyak ini memberikan efek tenang dan bisa mengatasi kulit kering di wajah.

Cara mengatasi kulit kering dengan minyak zaitun adalah oleskan sedikit minyak zaitun sebelum menggunakan pelembap yang biasa kamu pakai, kemudian pijat perlahan. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan kulit yg lembap.

5. Gunakan gel lidah buaya

7 Cara mengatasi kulit wajah kering bersisik Berbagai sumber

foto: pexels.com

Tanaman dengan berbagai manfaat seperti lidah buaya juga dapat menjadi solusi untuk wajah kering bersisik. Lidah buaya memiliki kandungan antiseptik, antifungal, dan sensasi sejuk.

Selain itu, gel lidah buaya juga bisa membantu mengatasi kulit kering bersisik,gatal iritasi, dan mencegah kulit pecah-pecah. Cukup sediakan gel lidah buaya asli, ini sudah bisa menjadi treatment alami harian yang akan melembapkan kulit membuat lapisan perlindungan alami kulit dari kotoran.

Cara pemakaiannya yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya tersebut di kulit wajah yang kering dan bersisik, diamkan selama 15 hingga 20 menit. Bilas dengan air hangat dan lakukan dua kali sehari.

6. Madu

7 Cara mengatasi kulit wajah kering bersisik Berbagai sumber

foto: pexels.com

Madu dianggap sebagai salah satu pelembap alami terbaik yang mengandung antioksidan, anti mikroba, serta, membantu mengunci kelembapan dalam kulit kamu sehingga terlihat lebih halus dan lembut. Ditambah lagi, madu memiliki banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Caranya adalah dengan mengoleskan madu secara tipis pada kulit yang kering kemudian biarkan sekitar 10 menit dan pijit perlahan. Ulangi setiap hari sebelum menggunakan pelembap wajah.

7. Susu

7 Cara mengatasi kulit wajah kering bersisik Berbagai sumber

foto: pexels.com

Susu mengandung anti peradangan yang memberikan sensasi menenangkan pada kulit yang bisa membantu menyembuhkan kulit kering dan gatal-gatal. Tak hanya itu, asam laktat pada susu juga berfungsi meremajakan sel kulit mati dan meningkatkan kemampuan kulit untuk melembapkan.

Susu juga dapat membantu kamu mencerahkan kulit. Caranya adalah dengan mencelupkan kain lap bersih di susu dingin dan usapkan pada kulit wajah yang kering selama lima hingga tujuh menit. Perlahan cuci susunya dengan lap lain yang telah dicelupkan ke air hangat. Dengan cara ini kulitmu akan mendapat pelembap alami.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES