7 Cara mencerahkan wajah secara alami dengan masker alpukat

7 Cara mencerahkan wajah secara alami dengan masker alpukat

Brilio.net - Alpukat adalah salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Selain rasanya yang lezat, alpukat memiliki segudang manfaat, termasuk untuk wajah. Manfaat alpukat untuk wajah tidak hanya sekedar untuk melembapkan dan mencerahkan wajah tapi juga dapat mengurangi munculnya jerawat.

Ada banyak manfaat alpukat untuk wajah, karena buah ini banyak mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, lemak sehat, antioksidan, dan mineral penting yang baik untuk kesehatan kulit, termasuk selenium dan zinc. Melansir dari Healthline, alpukat mengandung senyawa yang berguna untuk mengatasi inflamasi dan efek sinar matahari. Jika kulit terpapar sinar matahari terlalu sering, tanda-tanda penuaan bisa muncul.

Beberapa kandungan aktif dalam alpukat dapat membantu mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah, salah satunya adalah mencerahkan wajah. Kandungan vitamin C dan E pada alpukat akan membantu mengatasi kulit kusam akibat paparan sinar matahari, sehingga membuat kulit wajah kembali cerah. Seperti yang diketahui bahwa memiliki wajah yang sehat dan terlihat bersinar sudah pasti jadi dambaan semua wanita.

Selain sebagai penunjang penampilan, wajah yang cerah juga akan membuat kepercayaan diri seseorang lebih meningkat. Namun kini kamu tak perlu khawatir, jika kamu ingin memiliki wajah yang cerah kini tak perlu membeli berbagai macam produk skincare yang mahal. Kamu juga bisa mencerahkan wajahmu secara alami yaitu dengan bahan alami yang umumnya digunakan misalnya, lidah buaya, mentimun, atau alpukat.

Bahan-bahan alami bisa kamu manfaatnya untuk mencerahkan wajahmu dengan di buat masker. Seperti contoh buah alpukat, bisa kamu campurkan dengan bahan alami lainnya seperti madu, putih telur, oatmeal dan semacamnya. Lantas bagaimana cara membuatnya? Berikut tujuh cara mencerahkan wajah secara alami dengan masker alpukat, yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/3).

1. Alpukat dan madu.

Cara mencerahkan wajah secara alami dengan masker alpukat Berbagai sumber

foto: freepik.com

Seperti yang diketahui bahwa alpukat memiliki banyak vitamin seperti vitamin C dan E untuk membantu mencerahkan wajah. Apabila di kombinasikan dengan madu, efektifitasnya akan semakin meningkat. Hal tersebut karena madu kaya akan antioksidan nya yang baik untuk mencerahkan kulit wajah. Selain itu juga dipercaya dapat membuat kulit menjadi halus.

Cara membuat maskernya sangat mudah yaitu hanya dengan menyiapkan satu buah alpukat matang dan satu sendok makan madu murni. Kupas dan haluskan alpukat kemudian campur dengan madu. Oleskan pada wajah secara merata, lalu diamkan selama 15 hingga 20 menit. Bilas dengan air bersih.

2. Alpukat dan yoghurt.

Cara mencerahkan wajah secara alami dengan masker alpukat Berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain manfaat yang terkandung pada buah alpukat, yoghurt juga memiliki khasiat untuk membantu mencerahkan kulit wajah. Kandungan asam laktat yang ada di dalamnya berfungsi untuk mengangkat kulit mati sehingga dapat membuat kulit wajah menjadi cerah. Asam laktat pada yoghurt juga dapat menghambat produksi enzim tirosinase. Tirosinase adalah suatu jenis enzim yang bertanggung jawab memproduksi melanin, yakni pigmen yang membuat warna kulit lebih gelap. Ketika produksi melanin terhambat, maka kulit gelap kusam dapat berubah jadi tampak cerah dan sehat. Manfaat yogurt untuk wajah juga berasal dari kandungan zinc dan kalsium di dalamnya yang dapat merangsang regenerasi sel.

Cara membuat masker ini sangat mudah yaitu dengan menghaluskan setengah buah alpukat matang lalu campurkan dengan satu sendok makan yoghurt plain. Aduk sampai rata dan oleskan ke seluruh wajah. Tunggu sekitar 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

3. Alpukat dan tomat.

Cara mencerahkan wajah secara alami dengan masker alpukat Berbagai sumber

foto: freepik.com

Alpukat juga dapat digabungkan dengan tomat untuk membuat masker. Karena tomat dipercaya memiliki kandungan bebagai macam vitamin seperti vitamin, A, B,C, dan Magnesium yang dapat mencerahkan kulit wajah dan menyamarkan area gelap pada kulit wajah. Kandungan magnesium pada tomat dapat bermanfaat untuk membuat kulit bersinar dan bercahaya.

Cara membuat masker ini adalah dengan menghaluskan satu buah alpukat dan satu buah tomat. Campurkan kedua buah tersebut lalu oleskan pada wajah secara merata.
Diamkan selama 15 hingga 20 menit lalu bilas dengan air sampai bersih.

4. Alpukat dan putih telur.

Cara mencerahkan wajah secara alami dengan masker alpukat Berbagai sumber

foto: pexels.com

Putih telur juga baik loh digunakan sebagi masker setelah mencampurkannya dengan alpukat. Putih telur berfungsi untuk menutup pori-pori wajah, memberi nutrisi pada kulit, mencerahkan wajah dan menghilangkan garis halus di wajah. Manfaat tersebut didapatkan berkat kandungan protein, vitamin B, hingga berbagai jenis mineral lain, seperti selenium, fosfor, dan kalium pada putih telur.

Cara membuat masker ini dengan menghaluskan satu buah alpukat, satu buah perasan lemon dan satu buah putih telur. Campurkan ketiga bahan tersebut hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan pada wajah secara merata, tunggu hingga 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

5. Alpukat dan lemon.

Cara mencerahkan wajah secara alami dengan masker alpukat Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kombinasi alpukat dan lemon juga ampuh untuk mencerahkan wajah. Karena lemon mengandung vitamin C yang tinggi. Dalam Journal of Oral and Maxillofacial Pathology, vitamin C bermanfaat untuk mencerahkan wajah dengan dengan mengurangi pembentukan melatonin dan memudarkan bintik hitam. Vitamin C juga memblokir aksi enzim tirosinase yang berfungsi untuk pembentukan pigmen melanin.

Cara membuat maskernya adalah dengan menyiapkan satu buah alpukat yang sudah dihaluskan dengan satu buah perasan lemon. Aduk kedua bahan tersebut hingga merata kemudian oleskan ke seluruh wajah. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

6. Alpukat dan pisang.

Cara mencerahkan wajah secara alami dengan masker alpukat Berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain alpukat, kombinasi buah pisang juga mampu membantu wajah menjadi lebih cerah. Pisang mengandung provitamin A, vitamin B, tiamin, riboflavin, niasin, vitamin C dan vitamin B6. Kandungan tersebut sangat berkhasiat untuk menjaga dan memperbaiki kondisi kulit wajah. Pisang dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Buah pisang mengandung antioksidan yang mampu merawat kulit agar tetap sehat terjaga. Selain itu, rajin menggunakan masker pisang dapat membantu mencerahkan kulit wajah.

Cara membuat maskernya adalah dengan menyiapkan setengah buah alpukat yang telah di haluskan dan setengah buah pisang yang telah di haluskan serta dua sendok makan air. Campurkan bahan-bahan tersebut hingga merata. Oleskan ke seluruh wajah lalu tunggu hingga 15 sampai 20 menit. Bilas dengan air bersih.

7. Alpukat dan oatmeal.

Cara mencerahkan wajah secara alami dengan masker alpukat Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kombinasi alpukat dan oatmeal juga akan menghasilkan masker yang ampuh untuk membantu mencerahkan wajah kusam. Ini karena oatmeal mengandung serat, protein, vitamin dan mineral yang tinggi serta kaya akan nutrisi. Oatmeal dapat membuat wajah lembap, cerah dan terhindar dari masalah seperti jerawat.

Cara membuat maskernya mudah yaitu dengan menghaluskan setengah buah alpukat dan dua sendok makan oatmeal serta tambahkan tiga sendok makan air. Campur bahan-bahan tersebut hingga merata, kemudian oleskan pada seluruh wajah. Tunggu selama 15 menit dan bilas menggunakan air hingga bersih.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES