6 Tips memilih kacamata untuk wajah bulat, jangan pilih frame tebal

6 Tips memilih kacamata untuk wajah bulat, jangan pilih frame tebal

Brilio.net - Memilih kacamata bagi sejumlah orang menjadi satu hal yang agak susah dan tricky. Memilih kacamata tidak bisa sembarang memilih, ada seni untuk memilih kacamata yang cocok dengan wajah kita. Apalagi jika kamu memiliki wajah bulat. Jika memilih kacamata yang salah bisa jadi membuat wajah kamu menjadi tembem. Bukannya membuat penampilan menjadi lebih kece, tapi malah membuat kamu menjadi tidak percaya diri. Memilih kacamata tidak hanya mengutamakan penampilan, tetapi juga mengutamakan kenyamanan pada saat dipakai. Jangan sampai salah pilih model kacamata ya.

Memilih kacamata tidak hanya dilihat dari ukuran minus atau permasalahan mata lainnya. Tapi memilih kacamata harus memperhatikan model frame dan apakah kacamata yang kamu beli cocok atau tidak. Pastikan terlebih dahulu frame yang cocok dengan muka kamu. Saat membeli kacamata terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Pertama kamu harus perhatikan bentuk kacamata. Kedua perhatikan juga model dari bingkai kacamata. Kacamata yang cocok dengan wajah bulat biasanya memiliki bentuk D frame dan model wayfarer. Kacamata yang terbaik untuk wajah bulat adalah kacamata yang tidak berbentuk oval ataupun bundar. Selain dipertimbangkan dari sisi frame yang harus kamu perhatikan berikutnya bisa dari segi pemilihan warna. Warna gold bisa membantu membentuk wajah kamu tampak lebih kecil.

Nah, tips untuk memilih kacamta untuk wajah bulat tidak hanya itu saja. Masih banyak tips memilih kacamata untuk wajah bulat yang perlu kamu ketahui. Lantas apa sih tips untuk memilih kacamata untuk wajah bulat? Berikut ulasan brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (2/3).

1. Perhatikan pemilihan frame

Tips memilih kacamata untuk wajah bulat Berbagai sumber

foto: Pexels/karolinagrabowska

Pemilihan frame untuk wajah bulat dan wajah oval sangat berbeda. Jika memiliki wajah bulat kamu harus menghindari model frame berbentuk oval atau bundar. Hal ini dikarenakan frame dengan bentuk oval membuat wajah kamu semakin tembem. Selain itu frame dengan bentuk bundar membuat rahang dan pipi semakin melebar. Maka dari itu solusinya adalah memilih kacamata dengan bentuk persegi panjang. Bentuk frame persih panjang membuat wajah kamu tampak tirus. Kamu bisa memilih frame dengan model D-frame, wayfarer, pointly detail, aviator, dan cat eye.

2. Pemilihan warna mempengaruhi

Tips memilih kacamata untuk wajah bulat Berbagai sumber

foto: Freepik/cooki_studio

Tips berikutnya kamu harus memperhatikan gagang kacamata. Kacamata yang memiliki ganggang berwarna agak terang membuat tulang pipi tampak naik. Dengan begitu wajah terlihat lebih tirus. Selain bisa memilih ganggang kacamata berwarna bening, warna lain yang disarankan yakni berwarna cerah, dan silver atau metal.

3. Ukuran tepat

Tips memilih kacamata untuk wajah bulat Berbagai sumber

foto: Freepik/cooki_studio

Memilih ukuran kacamata untuk wajah bulat sebenarnya tidak terlalu susah karena tidak ada ukuran yang tepat. Tetapi untuk memilih model kacamata kamu tidak disarankan untuk memilih kacamata dengan ganggang kecil. Kamu harus memlih ukuran yang sesuai dengan wajah. Pada saat memili perhatikan bahwa bingkai jatuh di atas pipi, bukan di bawah pipi.

4. Jangan pilih frame tebal

Tips memilih kacamata untuk wajah bulat Berbagai sumber

foto: Freepik/cooki_studio

Kebanyakan orang memilih kacamata dengan bingkai berwarna hitam. Karena bingkai dengan warna hitam akan membuat wajah terkesan tampak tirus. Selain itu dengan bingkai gelap kacamata yang digunakan menunjukan wajah tegas dan menarik perhatian. Namun memilih frame terlalu tebal membuat kontur wajah menjadi berat. Frame tebal justru memberikan kesan wajah terlalu penuh sehingga dominan menutupi wajah. Maka dari itu frame kacamata yang terlalu tebal membuat wajah menjadi tambah besar. Sehingga kamu lebih disarankan untuk memilih frame kacamata tipis.

5. Perhatikan detail kacamata

Tips memilih kacamata untuk wajah bulat Berbagai sumber

foto: Freepik/mrsiraphol

Selain memperhatikan frame kacamata kamu harus memperhatikan detail lainnya seperti pada bagian bridge. Bridge kacamata yang transparan membantu untuk memberikan kesan mata lebih lebar dan menutupi area pipi.

6. Memilih bahan yang tepat

Tips memilih kacamata untuk wajah bulat Berbagai sumber

foto: Freepik/mrsiraphol

Bahan ternyata berpengaruh loh pada penggunaan wajah bulat. Kacamata dengan bahan metal bisa digunakan untuk bentuk muka apa saja. Terdapat beberapa macam bahan yang biasa digunakan untuk kacamata. Bahan pertama kacamata pertama yang harus kamu perhatikan adalah bahan metal monel. Bahan metal monel merupakan bahan yang tahan karat namun akan menyebabkan reaksi pada kulit saat digunakan terutama jika digunakan untuk jenis kulit sensitif. Lalu ada bahan beta lebih tahan karat dari bahan sebelumnya. Kemudian ada bahan beryllium yang cocok untuk muka bulat karena bahan ini lebih ringan, fleksibel dan juga tahan karat. Lalu ada bahan flexon dan alumunium yang juga tahan karat, lebih ringan.

Dari semua bahan tersebut bagi kamu yang memiliki wajah bulat bisa menggunakan bahan metal. Bahan metal ini bisa dikombinasikan dengan berbagai macam warna sesuai dengan yang kamu inginkan sesuai dengan tone kulit.


(brl/guf)

tags

Advertising
Advertising
STORIES