5 Tips memilih body serum untuk merawat kulit, perhatikan kandungan

5 Tips memilih body serum untuk merawat kulit, perhatikan kandungan

Brilio.net - Mempunyai kulit sehat dan terlihat awet muda menjadi dambaan bagi setiap orang. Untuk mendapatkan kulit sehat dan tampak awet muda kamu membutuhkan perawatan ekstra. Salah satunya yaitu merawat kulit dengan menggunakan body serum. Body serum merupakan produk kecantikan kulit berupa lotion. Dengan bahan utama berupa air yang mudah meresap ke dalam lapisan kulit.

Body serum memiliki manfaat yang lebih banyak dari pada body lotion. Namun walaupun memiliki manfaat yang lebih banyak, body serum kurang dikenal oleh publik. Memang pada awalnya serum hanya dikenal sebagai perawatan wajah saja. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, nutrisi yang terkandung di dalam serum dikembangkan untuk menjadi body serum.

Terdapat perbedaan antara body serum dan body lotion. Perbedaan pertama terletak pada tekstur. Body lotion memiliki tekstur cair, hal ini dikarenakan adanya kandungan minyak di dalamnya. Sedangkan body serum memiliki tekstur ringan, memiliki nutrisi lebih banyak, vitamin, antioksidan, glycolic, serta lactic acid. Semua kandungan tersebut membuat body serum mudah untuk meresap ke dalam kulit.

Perbedaan kedua terletak pada cara kerja. Cara kerja body lotion yaitu dengan membentuk lapisan pelindung yang berada di atas kulit. Maka dari itu body lotion berguna untuk menjaga lapisan pelindung utama sehingga kulit tetap lembap. Sedangkan body serum diformulasikan untuk melindungi serta menghidrasi kulit.

Perbedaan ketiga dilihat dari segi harga. Body lotion cenderung dibanderol dengan harga relatif murah. Sedangkan body serum dibanderol dengan harga jual lebih mahal dari body lotion.

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan body serum, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli produk kecantikan yang satu ini. Nah, berikut ini 5 tips memilih body serum agar kulit kamu tampak sehat, sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (19/11).

1. Perhatikan bahan kandungan.

Tips memilih body serum Berbagai sumber

foto: Freepik.com

Tips pertama yang harus kamu terapkan adalah memperhatikan kandungannya terlebih dahulu. Setiap body serum ini memiliki kandungan yang berbeda-beda hal ini disesuaikan dengan kondisi kulit yang kamu punya.

Kamu bisa menggunakan body serum dengan kandungan AHA yang bisa digunakan untuk pengelupasan kulit secara alami, sehingga bisa membuat kulit kamu menjadi lebih cerah.

2. Perhatikan daya serap.

Tips memilih body serum Berbagai sumber

foto: Freepik.com

Tidak hanya itu, terdapat hal lainnya yang harus kamu perhatikan, salah satunya adalah daya serap dari body serum. Produk kecantikan yang satu ini memiliki formula dan tekstur yang berbeda-beda dan hal tersebut mempengaruhi daya serap dari kinerja body serum.

Selain itu, body serum yang menyerap ke dalam lapisan kulit juga membutuhkan waktu beberapa menit. Body serum yang membutuhkan waktu lama biasanya ditandai dengan kulit yang terasa lengket.

3. Pilih dengan kandungan UV Protection.

Tips memilih body serum Berbagai sumber

foto: Freepik.com

Tips berikutnya yaitu kamu bisa memilih body serum yang memiliki bahan kandungan seperti UV protection. Kandungan tersebut bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Nah, kamu bisa menggunakan body serum dengan UV protection SPF 50.

4. Perhatikan kondisi kulit.

Tips memilih body serum Berbagai sumber

foto: Freepik.com

Tips berikutnya yaitu kondisi kulit yang sedang kamu alami. Jika kamu memiliki kulit kering, maka bisa menggunakan body serum yang memiliki pelembap. Sementara itu, jika kamu memiliki kondisi kulit kusam pilihlah kandungan vitamin C agar dapat mencerahkan.

Di sisi lain terdapat kandungan body serum yang harus kamu perhatikan. Salah satu kandungan tersebut adalah synthetic fragrance. Kandungan tersebut harus kamu hindari karena terlalu keras bagi kulit.

5. Pastikan aman digunakan.

Tips memilih body serum Berbagai sumber

foto: Freepik.com

Tips terakhir yaitu pastikan terlebih dahulu apakah kandungan body serum tersebut aman untuk digunakan. Nah, body serum yang aman digunakan harus tersertifikasi oleh BPOM. Namun jika body serum tersebut berasal dari luar negeri kamu bisa periksa kode sertifikasi resmi dari negara asal. Dan yang terpenting adalah pastikan bahwa body serum yang kamu gunakan tidak memiliki bahan kandungan yang berbahaya bagi kulit.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES