11 Manfaat saffron untuk wajah, lengkap dengan cara memakainya

11 Manfaat saffron untuk wajah, lengkap dengan cara memakainya

Brilio.net - Sudah sejak lama beberapa jenis tanaman memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan. Salah satunya adalah saffron, ada banyak manfaat saffron untuk wajah.

Saffron sendiri merupakan tanaman bunga dengan nama lain Crocus Sativus. Saffron juga dikenal sebagai rempah termahal di dunia yang biasa digunakan beberapa negara-negara. Tanaman ini dibanderol dengan harga Rp 7 juta-70 juta setiap 500 gramnya, tergantung kualitas.

Tak hanya berkhasiat untuk kesehatan, saffron juga bagus sebagai bahan alami mempercantik wajah. Saffron mengandung lebih dari 150 senyawa kimia yang memiliki banyak sekali manfaat.

Warna kuning keemasan pada saffron berasal dari pigmen karotenoid yang disebut crocin. Kandungan vitamin pada saffron dapat menutrisi kulit khususnya wajah dan mengatasi permasalahan kulit seperti peradangan dan jerawat.

Kali ini brilio.net akan merangkum manfaat saffron untuk wajah. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Healthline.com, India.com, dan Bebodywise.com, Selasa (4/1).

1. Melindungi kulit dari sinar UV

Manfaat saffron untuk wajah berbagai sumber

foto: Pixabay/Chezbeate

Sebuah studi lab 2018 mengungkapkan senyawa crocin pada saffron memiliki sifat antioksidan yang tinggi. Sehingga, dapat melindungi kulit wajah dari sinar ultraviolet dan mengatasi masalah penuaan dini.

Caranya kamu bisa merebus beberapa helai saffron dengan air, setelah mendidih matikan kompor dan diamkan hingga dingin. Kemudian rebusan itu bisa digunakan sebagai face mist sebagai base makeup untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari.

2. Mengatasi peradangan

Manfaat saffron untuk wajah berbagai sumber

foto: Pixabay/SharonMcCutcheon

Menurut studi lab 2018, sifat antioksidan crocin pada saffron juga dapat mengatasi peradangan. Peradangan yang muncul di wajah disebabkam oleh beberapa faktor, salah satunya masalah jerawat. Kandungan crocin dapat memberi nutrisi berupa protein pada kulit untuk mengatasi infalamasi.

Bagi kamu yang mengalami peradangan pada wajah, kamu bisa mencampurkan beberapa helai saffron dengan minyak zaitun atau madu, kemudian diamkan selama satu atau dua jam. Oleskan pada wajah secara merata sambil diberi pijatan halus. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air biasa.

3. Dapat menyembuhkan luka

Manfaat saffron untuk wajah berbagai sumber

foto: Pixabay/16198233

Kandungan crocin pada saffron ternyata juga mampu meregenerasi kulit sehingga dapat bekerja cepat untuk menyembuhkan luka. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat memproduksi sel kulit, sehingga luka cepat hilang dan kulit akan lebih mulus dan bersih.

Untuk caranya, kamu bisa menyiapkan beberapa helai saffron, kemudian campurkan dengan madu. Setelah tercampur, oleskan pada bagian luka. Lakukan perawatan ini rutin setiap hari agar hasilnya maksimal.

4. Mengurangi flek hitam

Manfaat saffron untuk wajah berbagai sumber

foto: Freepik/Master1305

Hiperpigmentasi atau flek hitam masih menjadi masalah yang dialami oleh banyak orang. Biasanya flek hitam muncul karena beberapa faktor, seperti faktor keturunan dan paparan sinar matahari. Dilansir dari Healthline, menurut penelitian tahun 2013, kandungan senyawa pada saffron dapat menurunkan melanin yang mengakibatkan flek hitam sehingga dapat mengurangi flek hitam di wajah.

Kamu bisa mencampurkan beberapa helai saffron dengan air. Setelah tercampur, kamu bisa menyimpan campuran saffron tersebut itu ke dalam botol dan dijadikan sebagai face mist. Lakukan perawatan ini rutin setiap hari untuk hasil maksimal.

5. Mengatasi bekas jerawat

Quiz kulit berjerawat  Istimewa

foto: Freepik

Manfaat saffron untuk wajah lainnya adalah untuk mengatasi bekas jerawat. Beberapa orang yang memiliki bekas jerawat seperti bercak hitam dan bopeng pasti sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Ternyata semua permasalahan itu bisa diatasi dengan saffron lho.

Kamu bisa membuat masker saffron. Caranya dengan mencampurkan saffron dengan susus. Kedua bahan tersebut dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki tekstur wajah sehingga wajah lebih bersih dan sehat.

Cara membuat masker saffron dengan menyiapkan 3-4 helai saffron dan seperempat susu putih cair plan. Kemudian rendam saffron ke dalam susu cair dan diamkan selama 2 jam. Setelah itu oleskan campuran tersebut ke wajah secara merata dan diamkan hingga 15 menit. Lakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk hasil optimal.

6. Mengatasi mata panda

Manfaat saffron untuk wajah berbagai sumber

foto: Freepik/KamranAydinov

Munculnya mata panda pada wajah pastinya sangat mengganggu penampilan. Munculnya mata disebabkan kurang tidur hingga stres. Dengan saffron permasalahan mata panda busa diatasi lho.

Untuk mengurangi mata panda, kamu bisa siapkan 2-3 helai saffron dan campurkan 2 sendok makan air. Kemudian rendam campuran tersebut selama 1 malam. Keesokan harinya kamu bisa aplikasikan campuran tersebut ke area mata panda kamu. Diamkan selama 15-20 menit. Lakukan perawatan ini rutin setiap pagi dan malam hari.

7. Mencerahkan kulit wajah

Manfaat saffron untuk wajah berbagai sumber

foto: Pixabay/Silviarita

Manfaat saffron untuk wajah selanjutnya adalah sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit. Kandungan asam lemak pada saffron dipercaya mampu mencerahkan kulit wajah.

Kamu bisa membuat masker saffron dengan mencampurkan 3-4 helai saffron dan 1 sendok makan minyak zaitun, minyak wijen, atau minyak kelapa. Kemudian oleskan campuran tersebut ke wajah sambil dipijat dengan gerakan memutar. Campuran ini bisa digunakan setiap malam dan bilas keesokan harinya. Lakukan perawatan ini setiap malam untuk hasil optimal.

8. Mengatasi kulit kering

Manfaat saffron untuk wajah berbagai sumber

foto: Freepik/Valuavitaly

Masalah kulit kering tentu dialami oleh banyak orang. Kulit kering ini diakibatkan karena polusi dan juga paparan sinar matahari. Kamu bisa mengatasi masalah kulit kering ini dengan ramuan saffron. Sebab kandungan senyawa aktif pada saffron memiliki manfaat yang bagus untuk wajah.

Kamu bisa menyiakan 4-5 helai saffron dengan seperempat air dan 2 sendok makan susu bubuk. Campurkan ketiga bahan tersebut hingga memiliki konsistensi seperti masker. Setelah itu oleskan masker pada wajah hingga leher secara merata. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih. Perawatan ini bisa dilakukan selama 2 kali dalam seminggu.

9. Menyegarkan wajah

Manfaat saffron untuk wajah berbagai sumber

foto: Freepik/Diana.grytsku

Manfaat saffron untuk wajah selanjutnya adalah untuk menyegarkan kulit. Kamu bisa mencampurkan beberapa 5 helai bunga saffron dengan 100 ml air mawar. Setelah kedua bahan itu tercampur diamkan selama satu malam, setelah itu kamu bisa menuangkannya ke dalam botol spray sebagai face mist. Gunakan 2 kali sehari untuk membuat wajah lebih segar.

10. Membuat wajah glowing

Manfaat saffron untuk wajah berbagai sumber

foto: Freepik/Drobotdean

Memiliki wajah bersih dan glowing tentunya keinginan setiap orang. Kalau kamu ingin memiliki wajah glowing, kamu bisa menggunakan ramuan masker saffron. Caranya dengan mencampurkan 4-5 helai saffron ke dalam susu cair. Diamkan selama 1 malam. Setelah itu gunakan masker saffron itu saat malam hari secara teratur 2-3 kali seminggu. Wajah glowing pun akan terlihat.

11. Sebagai toner wajah

Manfaat saffron untuk wajah berbagai sumber

foto: Freepik/Lookstudio

Bagi kamu yang rutin menggunakan masker, pasti sudah tidak asing dengan toner. Kamu bisa menggunakan toner wajah dengan berbagai macam merk. Toner sendiri memiliki manfaat untuk menyegarkan wajah. Kamu bisa membuat toner sendiri di rumah lho. Caranya dengan menggunakan toner saffron. Campurkan 5 helai saffron dan 100 ml air mawar. Kemudian masukan ke dalam botol dan diamkan 2-3 malam. Setelah itu toner sudah bisa digunakan.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES