11 Manfaat Madu TJ untuk wajah, bantu melembapkan kulit

11 Manfaat Madu TJ untuk wajah, bantu melembapkan kulit

Brilio.net - Ada banyak manfaat Madu TJ untuk wajah yang bisa kamu rasakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Memiliki kulit yang putih, bersih, dan sehat merupakan impian setiap orang. Tak heran kini banyak masyarakat yang sudah mulai peduli terhadap kesehatan dan kecantikan kulit mereka.

Namun, ada saja masalah kulit yang mereka alami, mulai dari jerawat, kulit kusam, kulit berminyak, hiperpigmentasi hingga munculnya tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya dengan perawatan menggunakan bahan alami. Produk alami yang bisa kamu gunakan umumnya bahan-bahan yang ada di rumah, sebut saja madu.

Seperti diketahui, madu adalah salah satu bahan herbal yang kaya akan vitamin, mineral, dan juga zat aktif lainnya yang sangat bagus untuk kesehatan. Dianjurkan untuk mengonumsi satu sendok madu saat pagi dan malam untuk menutrisi tubuh. Sebab, mengonsumsi madu secara rutin dapat meningkatkan sistem imun, meningkatkan energi, mengurangi gejala maag, hingga dapat memperbaiki kualitas tidur.

Tak hanya untuk kesehatan, madu juga dikenal ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Madu memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi yang bagus untuk kulit wajah.

Untuk mendapatkan khasiatnya, kamu bisa menggunakan madu apapun. Salah satunya Madu TJ. Madu ini dilengkapi dengan vitamin, mineral dan enzim yang sangat lengkap, sehingga sangat baik untuk kesehatan, menjaga stamina tubuh agar tidak mudah sakit, dan mengatasi berbagai masalah kulit di wajah.

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat Madu TJ seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (26/3).

1. Melembapkan kulit wajah

Manfaat Madu TJ untuk wajah

foto: Freepik/drobotdean

Manfaat Madu TJ untuk wajah yang pertama adalah dapat membantu melembapkan kulit. Ya, di dalam madu terdapat kandungan bahan aktif yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit, dengan begitu kulit akan tetap terhidrasi, lembap, dan sehat.

Kamu bisa gunakan masker madu setiap malam. Caranya dengan mengoleskan madu ke wajah secara merata, lalu diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

2. Mengatasi jerawat

Manfaat Madu TJ untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Bagi kamu yang memiliki riwayat jerawat, pasti sering merasa minder dan tidak percaya diri tiap jerawat itu muncul. Namun tak perlu khawatir, kamu bisa mengatasi jerawat dengan madu. Madu mengandung antiinflamasi dan antibakteri yang dapat meredakan peradangan dan pembengkakan akibat jerawat.

Caranya sangat mudah, kamu bisa campurkan dua sendok makan madu dengan satu sendok makan bubuk kunyit. Aduk kedua bahan hingga memiliki tekstur seperti pasta, oleskan ke wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit, bilas dengan air biasa.

3. Menyembuhkan luka

Manfaat Madu TJ untuk wajah

foto: Freepik.com

Luka pada wajah biasanya disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya jerawat. Jerawat yang meradang kerap kali mengganggu penampilan kamu. Wajah kamu pun akan terlihat tidak menarik. Untuk itu, kamu perlu melakukan perawatan dengan menggunakan madu. Zat pemanis pada madu dipercaya dapat memproduksi hidrogen peroksida ketika bersentuhan dengan cairan dari luka atau jerawat. Hal itulah yang memberikan manfaat antibakteri sehingga luka jerawat bisa segera teratasi.

4. Eksfoliasi

Manfaat Madu TJ untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Eksfoliasi atau pengelupasan pada wajah salah satu cara untuk membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Manfaat Madu TJ untuk wajah juga dapat dijadikan sebagai eksfoliasi. Kamu bisa mencampurkan madu dan tepung garam. Kemudian oleskan ke wajah secara merata sambil diberi pijatan halus selama lima menit. Gunakan perawatan ini dua kali dalam satu minggu, kulit kamu pun akan lebih cerah, lembut, dan halus.

5. Menangkal penuaan dini

Manfaat Madu TJ untuk wajah

foto: Freepik/nakaridore

Manfaat Madu TJ untuk wajah lainnya adalah sebagai anti aging penangkal penuaan dini. Perawatan anti aging ini harus kamu lakukan sejak muda untuk menghindari masalah kerutan dan garis.

Kamu bisa menggunakan madu untuk menangkal penuaan dini. Di dalam madu terdapat kandungan vitamin, mineral, asam amino, serta antioksidan lebih banyak dan lebih lengkap jika dibandingkan dengan krim anti aging.

Caranya dengan rutin menggunakan masker madu. Oleskan ke wajah secara merata, diamkan selama 15-30 menit dan bilas dengan air biasa.

6. Melindungi kulit dari kerusakan

Manfaat Madu TJ untuk wajah

foto: Freepik/rawpixel.com

Paparan sinar matahari dan radikal bebas tak jarang membuat kulit menjadi rusak. Misalnya muncul kerutan, iritasi, dan masalah lainnya. Untuk mengatasi masalah tersebut kamu bisa menggunakan madu. Madu mengandung antioksidan yang efektif melindungi kulit dari stress oksidatif akibat sinar matahari dan radikal bebas.

Caranya dengan mengoleskan madu sebagai masker ke wajah dan leher. Diamkan selama 10 sampai 15 menit untuk hasil yang maksimal.

7. Mencerahkan kulit wajah

Manfaat Madu TJ untuk wajah

foto: Freepik/benzoix

Secara alami, madu juga dapat membantu mencerahkan wajah. Pasalnya dalam kandungan madu terdapat banyak vitamin dan zat aktif yang bagus untuk kulit.

Caranya kamu bisa mencampurkan madu lemon dan yogurt, aduk semua bahan hingga rata lalu oleskan ke wajah dan leher. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

8. Mengatasi bibir kering

Manfaat Madu TJ untuk wajah

foto: Freepik.com

Manfaat Madu TJ untuk wajah selanjutnya adalah dapat membantu mengatasi bibir kering. Masalah ini kerap dialami oleh banyak orang. Bibir kering disebabkan oleh banyak faktor, seperti paparan sinar matahari, salah menggunakan skincare, dan dehidrasi. Bibir yang pecah-pecah pastinya sangat mengganggu penampilan apalagi saat kamu menggunakan lipstik tidak akan meresap sempurna.

Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan madu ke bibir setiap malam. Kandungan zat aktif di dalam madu dapat membuat kulit lebih lembap dan terhidrasi.

9. Mencerahkan bibir

Manfaat Madu TJ untuk wajah

foto: Freepik/rawpixel.com

Memiliki bibir yang sehat merupakan impian setiap orang. Namun ada beberapa orang yang memiliki bibir gelap. Hal itu disebabkan oleh banyak faktor, seperti paparan sinar matahari, merokok, dan juga paparan bahan kimia yang sangat mengganggu.

Manfaat Madu TJ untuk wajah bisa untuk membantu mencerahkan area wajah. Rutin menggunakan madu, bibir akan terlihat merah merona. Aplikasikan madu secara rutin saat malam hari dan bilas keesokan harinya.

10. Mengecilkan pori-pori

Manfaat Madu TJ untuk wajah

foto: Freepik/rawpixel.com

Masalah pori-pori di kulit sering dialami oleh banyak orang. Masalah kulit ini harus segera diatasi, sebab bila dibiarkan akan membuat wajah makin berminyak dan menimbulkan jerawat. Manfaat Madu TJ juga dapat membantu mengecilkan pori-pori.

Kamu bisa rutin menggunakan masker madu ke wajah saat malam hari, lalu diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air biasa.

11. Mengatasi kulit kering

Manfaat Madu TJ untuk wajah

foto: Freepik/valuavitaly

Manfaat Madu TJ yang terakhir adalah dapat mengatasi kulit kering. Kulit kering dan bersisik menyebabkan bakteri menempel di wajah. Bila dibiarkan akan menyebabkan masalah lain pada kulit. Di dalam madu ini memiliki antibakteri yang dapat membantu membersihkan kulit dan mengangkat kotoran serta sel kulit mati di wajah.

Caranya campurkan satu sendok makan yogurt dan satu sendok makan madu. Oleskan ke wajah dan leher secara merata, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air biasa. Perawatan ini bisa dilakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES