11 Manfaat daun jambu biji untuk wajah, bantu cerahkan wajah kusam

11 Manfaat daun jambu biji untuk wajah, bantu cerahkan wajah kusam

Brilio.net - Sudah bukan rahasia umum kalau daun jambu biji salah satu tanaman yang dapat dijadikan sebagai perawatan untuk kecantikan. Ada banyak manfaat daun jambu biji untuk wajah yang bisa kamu dapatkan bila melakukan perawatan secara rutin.

Memiliki wajah yang putih dan bersih merupakan dambaan setiap orang khususnya wanita. Mereka selalu ingin tampil memesona di depan banyak orang sehingga rela mengeluarkan biaya besar demi tampil cantik.

Banyak wanita yang memilih menggunakan skincare hingga perawatan kecantikan dengan teknologi canggih. Namun perawatan kecantikan juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami lho, salah satunya menggunakan daun jambu biji.

Daun jambu biji mengandung banyak manfaat seperti antioksidan, tanin, memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi, karotenoid, polifenol, flavonoid dan tanin yang bermanfaat sebagai pereda nyeri, menghilangkan bekas jerawat, bekas luka, pigmentasi, dan meratakan warna kulit. Selain itu ada juga kandungan potasium dan asam folat yang sangat bagus untuk kulit.

Penasaran manfaat lebih jelas dari daun jambu biji? Yuk simak ulasannya seperti brilio.net rangkum dari Krishijagran.com dan Indiaexpress, Jumat (4/2).

1. Mengatasi kulit berjerawat

Manfaat daun jambu biji untuk wajah

foto: Pexels.com

Manfaat daun jambu biji yang pertama adalah untuk mengatasi kulit berjerawat. Ya, masalah jerawat pasti salah satu hal yang sangat mengganggu penampilan. Munculnya jerawat disebabkan oleh kelenjar minyak yang tersumbat di folikel rambut sehingga memicu peradangan dan jerawat.

Selain menggunakan skincare, kamu bisa mengatasi masalah jerawat dengan menggunakan daun jambu biji. Kandungan antiseptik pada daun tersebut dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Cara menggunakannya, siapkan beberapa lembar daun jambu kemudian giling dengan air secukupnya. Setelah menjadi pasra, oleskan pada wajah yang memiliki jerawat, diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air biasa.

2. Menghilangkan komedo

Manfaat daun jambu biji untuk wajah

foto: Pexels.com

Komedo merupakan benjolan kecil halus yang muncul pada permukaan pori-pori. Munculnya komedo disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Komedo akan berubah warna menjadi hitam bila permukaannya teroksidasi oleh radikal bebas. Munculnya komedo memang tidak berbahaya namun sangat mengganggu apalagi saat wajah menyentuh permukaan kulit dan terasa kasar.

Kamu bisa menggunakan daun jambu biji sebagai khasiat untuk menghilangkan komedo. Caranya siapkan daun jambu biji dan sedikit air lalu haluskan hingga menjadi pasta. Setelah itu tambahkan sedikit lidah buaya dan kunyit kemudian campur hingga merata. Oleskan pada wajah dan leher kemudian diamkan 10-15 menit dan bilas dengan air biasa.

3. Iritasi kulit

Manfaat daun jambu biji untuk wajah

foto: Pexels.com

Iritasi di kulit disebabkan karena beberapa faktor. Misalnya jerawat, kulit kering dan sensitif. Untuk mengatasi wajah yang mengalami iritasi, bisa dengan daun jambu biji.

Caranya siapkan segenggam daun jambu biji dan sedikit air dalam panci. Lalu rebus hingga mendidih. Setelah itu diamkan hingga dingin dan masukan dalam botol spray. Semprotkan rebusan daun jambu biji itu ke wajah secara rutin.

4. Kulit berminyak

Manfaat daun jambu biji untuk wajah

foto: Pexels.com

Memiliki kulit berminyak memang tidak enak, sebab kamu rentang mengalami masalah kulit wajah seperti jerawat, komedo, hingga pori-pori membesar. Kamu bisa mengatasi masalah kulit berminyak dengan ramuan daun jambu biji.

Caranya dengan mencampurkan daun jambu biji dengan jus lemon, lalu haluskan hingga menjadi pasta. Setelah itu oleskan ke wajah secara merata. Kandungan zat aktif dalam daun tersebut juga dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah.

5. Mengencangkan kulit

Manfaat daun jambu biji untuk wajah

foto: Pexels.com

Ramuan daun jambu biji bisa dijadikan sebagai rutinitas kecantikan harian untuk memiliki kulit yang sehat. Daun tersebut juga dapat membuat kulit kamu lebih kencang. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat melawan radikal bebas sehingga mengurangi kulit dari kerusakan.

Daun jambu biji membantu memperbaiki tekstur kulit dan melindungi kulit dari penuaan. Selain itu juga membantu dalam mengencangkan kulit.

Caranya, siapkan segenggam daun jambu biji kemudian haluskan dan tambahkan dengan air. Setelah itu oleskan ke wajah sebagai masker. Lakukan perawatan ini satu kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

6. Mengurangi gatal

Manfaat daun jambu biji untuk wajah

foto: Pixabay.com

Gatal pada kulit hingga ruam bisa mengganggu kecantikan, terutama pada wajah. Biasanya munculnya gatal pada wajah karena iritasi dan alergi.

Kamu harus segera mengatasi gatal tersebut agar tidak terjadi masalah kulit yang lainnya. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan daun jambu biji.

Caranya, bersihkan beberapa lembar daun jambu biji, tumbuk hingga halus. Kemudian oleskan pada bagian kulit yang gatal. Lakukan hingga gatal sudah mereda.

7. Mencerahkan kulit

Manfaat daun jambu biji untuk wajah

foto: Pixabay.com

Kandungan antioksidan pada daun jambu biji juga dapat mengangkat sel kulit mati sehingga mampu membantu menghaluskan dan mencerahkan kulit secara alami.

Cara pemakaiannya, campurkan beberapa lembar daun jambu biji dengan sedikit kunyit, dan beberapa tetes air mawar. Oleskan ke wajah secara merata, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air biasa.

8. Mencegah penuaan dini

Manfaat daun jambu biji untuk wajah

foto: Pexels.com

Kandungan antioksidan pada daun jambu biji dapat menangkal radikal bebas penyebab kulit rusak dan munculnya penuaan dini. Selain itu, daun jambu juga bisa membantu meningkatkan warna dan tekstur kulit.

Caranya, rebus beberapa lembar daun jambu biji sampai matang, tunggu sampai hangat. Kemudian minum secara teratur. Kamu bisa menambahkan minuman tersebut dengan madu.

9. Melindungi kulit dari sinar matahari

Manfaat daun jambu biji untuk wajah

foto: Pexels.com

Manfaat daun jambu biji untuk wajah yang terakhir adalah dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kandungan likopen yang terdapat dalam jambu biji dua kali lebih besar jumlahnya dibanding yang ada dalam tomat.

Likopen sendiri merupakan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polusi lingkungan.

Caranya, siapkan beberapa lembar daun jambu, kemudian rebus dengan air secukupnya. Lalu air rebusan tersebut masukkan dalam botol spray bila sudah dingin. Kemudian semprotkan ke wajah tiga kali sehari.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES