11 Cara menutup pori-pori wajah, pakai bahan alami

11 Cara menutup pori-pori wajah, pakai bahan alami

Brilio.net - Cara menutup pori-pori wajah ada berbagai macam metode. Membahas mengenai pori-pori, setiap orang memiliki pori-pori di wajahnya. Ada dua jenis pori-pori, yang pertama untuk mengeluarkan minyak di wajah, dan yang kedua untuk mengeluarkan minyak. Kedua jenis itu merupakan fungsi penting pada pori-pori.

Meskipun dianggap penting, namun ternyata tidak semua orang suka dengan munculnya pori-pori di wajah. Apalagi bila pori-pori itu terlihat besar di bagian pipi, dahi, hidung, dan dagu.

Dilansir dari Medical News Today, pada pori-pori tumbuh folikel rambut yang memiliki kelenjar minyak atau sebaceous. Kelenjar minyak itu menghasilkan sebum yang dapat memberi nutrisi pada kulit agar wajah terasa lebih sehat.

Namun beda kasus bagi mereka yang memiliki pori-pori besar, bisanya kelenjar sebaceous memproduksi minyak di wajah secara berlebihan dan menyebabkan wajah menjadi berminyak. Saat minyak terkumpul di pori-pori dan bercampur dengan kotoran atau makeup, pori-pori bisa tersumbat. Penyumbatan ini meregangkan pori-pori, membuatnya terlihat lebih besar.

Wajah berminyak biasanya rentang mengalami masalah flek hitam, kusam, perubahan warna kulit, hingga jerawat. Sebab kotoran di wajah tersumbat oleh pori-pori yang membuat peradangan di dalamnya.

Selain itu, faktor risiko lainnya penyebab pori-pori besar adalah faktor usia, genetik, hormon, paparan sinar matahari, jenis kelamin, dan terlalu sering cuci muka.

Sementara itu, dikutip dari Healthline, ada menutup pori-pori wajah. Seperti menggunakan skincare berbahan dasar gel agar mudah meresap ke kulit, rutin melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit secara rutin satu kali dalam seminggu. Cara ini dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Serta melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan rutin menggunakan sunscreen setiap akan melakukan aktivitas di luar rumah.

Ada pula cara menutup pori-pori wajah lainnya, yakni dengan menggunakan bahan-bahan alami yang pastinya aman digunakan untuk semua jenis kulit.

Berikut cara menutup pori-pori wajah dengan bahan alami seperti dilansir dari berbagai sumber, Kamis (17/2).

1. Es batu.

Manfaat es batu untuk wajah

foto: Pixabay/bru-no

Cara menutup pori-pori wajah yang pertama bisa dengan es batu. Sensasi dingin pada es batu dipercaya dapat membantu mengecilkan pori-pori.

Caranya sangat mudah, kamu bisa ambil batu es di freezer kemudian bungkus batu es dengan handuk atau kain, kemudian oleskan ke wajah selama 15 menit. Perawatan ini bisa dilakukan saat malam hari.

2. Tomat.

Cara menutup pori-pori wajah dengan bahan alami

foto: Pixabay/loggawiggler

Tomat mengandung antioksidan lycopene yang terbukti dapat menangkal radikal bebas. Kandungan tersebut dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori. Tomat juga bisa bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Caranya, siapkan satu buah dan haluskan hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan ke wajah selama 30 menit dan bilas dengan air biasa.

3. Air beras.

Cara menutup pori-pori wajah dengan bahan alami

foto: Pixabay/jib_enjoy

Saat kamu mencuci beras, sebaiknya cucian air beras pertama jangan dibuang. Karena bisa dimanfaatkan untuk skincare kecantikan yang bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori. Kandungan asam ferullic dan allantoin pada air beras dapat mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya, rendam air beras dalam wajah. Kemudian biarkan hingga sarinya mengendap. Lalu oleskan ke wajah sebagai masker. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa.

4. Jeruk nipis.

Cara menutup pori-pori wajah dengan bahan alami

foto: Pixabay/congerdesign

Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan antioksidan yang berfungsi untuk mengatasi masalah jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, hingga mengangkat sel-sel kulit mati. Kedua bahan tersebut juga mampu mengecilkan pori-pori secara alami di wajah.

Peras jeruk nipis dan ambil airnya. Kemudian oleskan ke wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit, bilas dengan air bersih.

5. Pepaya.

Cara menutup pori-pori wajah dengan bahan alami

foto: Pixabay/couleur

Cara menutup pori-pori wajah juga bisa dengan pepaya. Dalam pepaya terkandung vitamin A, C, dan E sebagai antioksidan yang dapat menutrisi dan melembapkan kulit. Manfaat lain dari pepaya untuk wajah juga dapat membersihkan wajah dari kotoran, mengecilkan pori-pori, dan menghilangkan sel kulit mati di wajah.

Caranya. Kupas seperempat bagian pepaya. Kemudian haluskan hingga menjadi pasta. Oleskan ke wajah seperti masker, diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa.

6. Alpukat.

Cara menutup pori-pori wajah dengan bahan alami

foto: Pixabay/sandid

Selain enak disantap jadi campuran es, alpukat juga bagus untuk kulit lho. Kandungan vitamin E dan C pada alpukat dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan penuaan dini. Selain itu, alpukat juga dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit lebih kenyal dan lembap

Cara mengaplikasikannya, siapkan daging alpukat kemudian haluskan hingga menjadi pasta. Setelah itu oleskan ke wajah secara merata dan diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

7. Pisang.

Cara menutup pori-pori wajah dengan bahan alami

foto: Pixabay/openclipart_vectors

Pisang kaya akan vitamin C yang bagus untuk kulit. Manfaat pisang untuk wajah beragam, mulai dari melembapkan, mencerahkan, hingga dapat menutup pori-pori di wajah. Caranya, kupas satu buah pisang lalu haluskan. Kemudian campurkan dengan sedikit madu dan aduk hingga rata. Setelah itu, oleskan masker ke wajah dan diamkan beberapa saat, bilas dengan air biasa.

8. Lemon.

Cara menutup pori-pori wajah dengan bahan alami

foto: Pixabay/pixel2013

Sama seperti jeruk nipis, lemon juga kaya akan vitamin C yang bagus untuk memberi nutrisi pada kulit. Lemon mengandung antioksidan dan vitamin C yang dapat menangkal radikal bebas. Dengan kandungan tersebut, lemon kuga dapat dijadikan sebagai cara mengecilkan pori-pori.

Caranya, peras jeruk lemon kemudian oleskan ke wajah secara merata. Diamkan 15 menit lalu bilas dengan air biasa.

9. Kopi dan gula.

Cara menutup pori-pori wajah dengan bahan alami

foto: Pixabay/nukul2533

Kamu bisa memanfaatkan kopi dan gula sebagai scrub. Scrub alami ini bermanfaat untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati di wajah. Selain itu juga memiliki manfaat untuk membantu mengecilkan pori-pori di wajah sehingga terlihat lebih halus.

Caranya, campurkan kedua bahan dengan air lalu oleskan ke wajah sambil digosok lembut. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa.

10. Madu.

Cara menutup pori-pori wajah dengan bahan alami

foto: Pixabay/fancycrave1

Madu bahan alami yang berkhasiat untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Madu juga sebagai pelembap alami yang bagus untuk menutrisi kulit.

Caranya Oleskan madu ke wajah dan leher, diamkan 30 menit. Dan bilas dengan air biasa.

11. Kentang.

Cara menutup pori-pori wajah dengan bahan alami

foto: Pixabay/wounds_and_cracks

Cara menutup pori-pori wajah kamu juga bisa memanfaatkan kentang. Kentang merupakan antibiotik alami yang dapat memperlambat proses penuaan pada wajah. Selain itu, kentang juga mampu mengangkat sel kulit mati di wajah dan mengecilkan pori-pori. Antioksidan di dalam kentang kuga dapat menyamarkan flek hitam di wajah.

Caranya, tumbuk halus satu buah kentang yang sudah direbus, kemudian tambahkan dua sendok makan susu, aduk hingga menjadi pasta. Lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air biasa.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES