11 Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami, gunakan air beras

11 Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami, gunakan air beras

Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami freepik.com foto: freepik.com

Putih telur mengandung protein dan mineral yang dapat mengencangkan kulit. Selain itu, nutrisi dalam telur juga mampu merangsang pembentukan kolagen dan meningkatkan regenerasi sel baru.

Kamu juga dapat menambahkan madu di dalamnya untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal. Karena madu merupakan bahan alami yang memiliki nutrisi lengkap seperti halnya vitamin, mineral, antioksidan dan lain sebagainya. Kandungan-kandungan nutrisi tersebut bisa membantu mempercepat proses regenerasi serta mengangkat sel kulit mati.

Cara membuat masker ini dengan mencampurkan satu buah putih telur dan dua sendok makan madu murni. Aduk kedua bahan hingga merata. Jika sudah tercampur rata, oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit hingga meresap dan kaku. Bilas menggunakan air dingin hingga bersih.

2. Air beras.

Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami freepik.com foto: freepik.com

Air beras memiliki kandungan allantoin yang dapat membantu menghilangkan jerawat pasir. Allantoin merupakan senyawa antibakteri yang berfungsi efektif menenangkan kulit berjerawat. Air beras ternyata juga kaya akan kandungan gamma-oryzanol yang diketahui mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

Jadi, tidak mengherankan bila air beras banyak dijadikan sebagai bahan dasar kosmetik. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan air beras pada permukaan kulit yang timbul jerawat pasir menggunakan kapas. Diamkan selama 20 menit atau sampai mengering lalu bilas.

3. Madu.

Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami freepik.com foto: freepik.com

Madu merupakan salah satu obat alami jerawat yang sudah digunakan sejak lama. Hal ini mungkin dikarenakan kandungan zat pada madu yang disebut dapat menyembuhkan luka dengan cepat, termasuk mengobati jerawat secara alami.

Menurut penelitian dari central Asian Journal of Global Health, madu diklaim mampu menghambat pertumbuhan berbagai bakteri di kulit. Hal tersebut mungkin dikarenakan sifat antibakteri dan antiseptik hidrogen peroksida di dalam madu.

Caranya adalah dengan mengoleskan madu ke permukaan kulit wajah dan diamkan beberapa menit, setelah itu bilas memakai air bersih.

4. Tepung beras.

Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami freepik.com foto: freepik.com

Tepung beras memiliki kandungan yang sama dengan beras asli. Didalamnya terdapat beberapa kandungan seperti karbohidrat, zat besi, kalsium, protein dan vitamin C.

Dengan pemakaian rutin, bisa membuat wajah lebih mulus, kencang, dan cerah. Oleh karena itu, bahan ini bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi jerawat pasir di wajahmu.

Cara membuat masker ini adalah dengan melarutkan tepung beras dengan air hingga mengental. Oleskan masker tersebut pada wajah hingga merata. Tunggu hingga mengering kemudian bilas sampai bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan wajah yang halus dan cerah.

5. Jeruk nipis.

Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami freepik.com foto: freepik.com

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C dan flavonoid, di mana keduanya mengandung antioksidan, antibiotik, dan agen desinfektan yang bermanfaat untuk membuat kulit bersih. Manfaat jeruk nipis untuk wajah berjerawat, sebagai agen antibakteri dan pengelupasan alami, dapat membantu menghilangkan jerawat.

Tak hanya itu, kandungan senyawa alami Alpha Hydroxy Acid di dalam jeruk nipis juga akan membantu menghilangkan jerawat pasir. Hanya saja ketika diterapkan pada wajah, beberapa orang akan merasakan perih luar biasa dan tidak nyaman. Jadi, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada ahli kecantikan.

Cara membuatnya adalah dengan memeras satu hingga dua buah jeruk nipis, lalu oleskan pada wajah yang mengalami jerawat pasir kemudian diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

(brl/ola)

tags

STORIES