10 Manfaat charcoal untuk wajah, mengatasi kulit berminyak

10 Manfaat charcoal untuk wajah, mengatasi kulit berminyak

Brilio.net - Memiliki kulit yang sehat, cerah, dan bersih merupakan impian setiap orang. Ada banyak cara untuk mendapatkan kondisi kulit yang diinginkan. Selain mengonsumsi makanan sehat, penggunaan skincare juga jadi hal yang penting. Skincare memiliki manfaat untuk membantu menutrisi dan mengatasi berbagai permasalahan kulit di wajah.

Saat ini, skincare sudah banyak terjual di pasaran dengan berbagai merek. Namun, tak jarang skincare mengandung bahan kimia yang dapat membuat kulit menjadi bermasalah. Misalnya penggunaan skincare yang tidak cocok akan membuat kulit menjadi kering, berjerawat, hingga iritasi.

Tapi tak perlu khawatir, kini banyak skincare alami yang aman digunakan untuk semua jenis kulit. Skincare alami tersebut juga dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit. Misalnya saja charcoal atau arang. Ada banyak manfaat charcoal untuk wajah yang bisa kamu dapatkan khasiatnya.

Sejak beberapa tahun terakhir, charcoal sering dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan skincare. Biasanya kandungan charcoal ada pada masker wajah. Charcoal mampu mengangkat bakteri, racun, kotoran, dan zat kimia yang terdapat di wajah. Bahan tersebut pun efektif dapat melawan jerawat dan menyerap minyak di wajah.

Selain kandungan charcoal ada pada bahan masker, kamu juga bisa lho membuat masker charcoal sendiri di rumah. Caranya siapkan dua sendok teh air, satu sendok teh tanah liat bentonit, satu sendok teh bubuk arang aktif, setengah sendok teh madu mentah, dan satu tetes minyak esensial. Campur semua bahan hingga menjadi pasta. Lalu oleskan ke wajah secara merata dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air biasa.

Perawatan tersebut bisa dilakukan secara rutin dua kali dalam seminggu. Dengan begitu banyak manfaat charcoal untuk wajah yang bisa kamu dapatkan. Lantas apa saja yah manfaatnya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (10/3).

1. Membersihkan pori-pori

Manfaat charcoal untuk wajah

foto: Freepik/rawpixel.com

Pori-pori salah satu bagian kulit yang memiliki peran penting untuk mengeluarkan minyak dan kotoran di wajah. Namun tak jarang sebagian orang memiliki pori-pori yang besar sehingga membuat kulit terlihat berlubang.

Masalah tersebut juga tak jarang menimbulkan masalah lain seperti jerawat, karena pori-pori yang besar dapat menjadi tempat sel kulit mati dan kotoran menumpuk di pori-pori. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan masker charcoal secara rutin agar hasilnya maksimal.

2. Sebagai detoks alami

Manfaat charcoal untuk wajah

foto: Freepik/pressfoto

Detoks wajah merupakan salah satu proses membersihkan kulit dari sel kulit mati dan kotoran di wajah. Detoksifikasi penting dilakukan setiap dua kali dalam seminggu agar wajah tetap bersih dan terawat.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendetoks wajah kamu adalah dengan menggunakan masker charcoal. Kandungan zat aktif di dalamnya mampu mencerahkan wajah.

3. Sebagai obat jerawat

Manfaat charcoal untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Jerawat jadi salah satu masalah kulit yang sering menurunkan kepercayaan diri seseorang. Jerawat biasanya muncul di beberapa area tubuh, mulai dari wajah, leher, bahu, hingga punggung.

Kamu bisa mengatasi masalah kulit berjerawat dengan menggunakan charcoal, sebab kandungan anti radang di dalamnya dapat membantu menenangkan kulit.

4. Menyerap minyak berlebihan

Manfaat charcoal untuk wajah

foto: Freepik.com

Kulit wajah yang berminyak dapat menimbulkan masalah baru pada kulit, salah satunya adalah jerawat. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah minyak di wajah, salah satunya adalah dengan menggunakan bahan alami.

Charcoal salah satu bahan alami yang mampu menyerap minyak di wajah sehingga kulit tetap dalam kondisi normal dan meminimalisir masalah jerawat.

5. Menghilangkan komedo

Manfaat charcoal untuk wajah

foto: Freepik/cookie_studio

Komedo merupakan benjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit. Bila dibiarkan, komedo akan menjadi jerawat bila ditangani dengan baik. Komedo terbentuk karena pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak berlebih di wajah. Komedo ada dua jenis yakni komedo putih dan juga hitam.

Memiliki komedo di wajah tentu sangat mengganggu penampilan. Untuk itu, kamu harus rutin membersihkannya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan masker charcoal. Masker ini dapat membantu menyerap minyak di wajah dan mengangkat komedo membandel. Wajah pun akan lebih cerah dan sehat.

6. Membunuh bakteri

Manfaat charcoal untuk wajah

foto: Freepik.com

Salah satu masalah kulit di wajah adalah bakteri. Bakteri akan berkembang dan membuat kulit wajah menjadi masalah seperti iritasi dan jerawat. Manfaat charcoal untuk wajah bisa membunuh bakteri dan membuat kulit lebih sehat. Kamu bisa gunakan masker charcoal secara rutin saat pagi dan malam hari agar hasilnya maksimal.

7. Melembutkan kulit

Manfaat charcoal untuk wajah

foto: Freepik/diana.grytsku

Masker Charcoal juga memiliki manfaat untuk membantu melembutkan kulit. Sebab, kulit yang kasar biasanya disebabkan oleh menumpuknya kotoran dan sel kulit mati di wajah yang membuat kulit terasa kasar. Masker tersebut dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan membuatnya lebih halus dan lembut.

8. Mengatasi kulit kusam

Manfaat charcoal untuk wajah

foto: Freepik/rawpixel.com

Bagi kamu yang memiliki kulit kusam pasti tampilan wajahmu terlihat gelap dan tidak menarik. Kamu bisa menggunakan skincare yang dapat membantu mencerahkan wajah. Selain itu, masker charcoal juga mengandung bahan aktif yang dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati penyebab kulit kusam. Wajah kamu pun akan terlihat lebih cerah.

9. Mencegah penuaan dini

Manfaat charcoal untuk wajah

foto: Freepik/nakaridore

Masalah penuaan dini disebabkan oleh munculnya flek hitam dan kerutan di area wajah. Penuaan dini ini disebabkan oleh paparan sinar matahari dan juga polusi yang berlebihan. Sebelum mengalami masalah tersebut, kamu bisa lho menggunakan masker charcoal. Masker ini membantu meremajakan kulit sehingga kulit ternutrisi dan terhindar dari penuaan dini

10. Menenangkan kulit

Manfaat charcoal untuk wajah

foto: Freepik/diana.grytsku

Manfaat charcoal untuk wajah yang terakhir adalah dapat membantu menenangkan kulit. Charcoal mengandung bahan aktif yang dapat mengatasi iritasi dan juga jerawat. Kamu cukup oleskan masker charcoal ke area wajah yang mengalami iritasi secara rutin agar hasilnya lebih optimal.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES