10 Cara mengatasi wajah kering dan mengelupas, rutin gunakan pelembap

10 Cara mengatasi wajah kering dan mengelupas, rutin gunakan pelembap

Brilio.net - Memiliki kulit kering dan mengelupas terkadang membuat kita tidak nyaman karena memberikan rasa sakit dan kulit terasa tidak halus saat disentuh. Selain membuat tidak nyaman, kulit kering bisa mengganggu penampilan sehari-hari. Banyak orang yang rela melakukan perawatan untuk mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas.

Kulit kering merupakan penyakit kulit yang bisa terjadi pada setiap orang. Namun, biasanya kulit kering ini sering terjadi pada seseorang yang berusia lanjut.

Hal ini bisa disebabkan karena adanya produksi sebum yang menurun. Kulit kering dan mengelupas ini bisa terjadi pada beberapa bagian termasuk pada wajah.

Penyebab dari munculnya kulit kering dan mengelupas pada wajah disebabkan beberapa faktor, sepertipaparan sinar matahari, cuaca dingin dan panas, mandi air hangat terlalu lama, mengalami dehidrasi, penyakit dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Nah, agar kulit wajah tidak dalam kondisi kering dan mengelupas bagaimana cara mengatasinya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (21/3).

1. Rutin gunakan pelembap

 Cara mengatasi wajah kering dan mengelupas Berbagai sumber

foto: Pexels/karolinagrabowska

Cara mengatasi wajah kering dan mengelupas yang pertama yaitu kamu bisa menggunakan pelembap secara rutin. Penggunaan krim pelembap secara teratur bisa memberikan kadar air tinggi, sehingga bisa membantu untuk menghidrasi kulit wajah. Penggunaan krim untuk mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas disarankan untuk menggunakan kandungan hyaluronic, urea, shea butter, aloevera, minyak kelapa dan oatmel.

2. Hindari mandi dengan menggunakan air panas

 Cara mengatasi wajah kering dan mengelupas Berbagai sumber

foto: Pixabay/wilkerluis

Mandi dengan menggunakan air panas memang memberikan beberapa manfaat seperti badan menjadi rileks dan membantu menghilangkan rasa pegal karena kegiatan sehari-hari. Namun, tahukah kamu? Mandi air panas yang terlalu lama membuat kulit kamu menjadi kering dan bisa mengelupas.

Jika kamu ingin mandi dengan menggunakan air panas usahakan jangan terlalu lama. Air panas yang terkena pada permukaan tubuh akan menguap, sehingga membuat kulit kamu menjadi kering. Kamu disarankan mandi dengan menggunakan air panas 8-10 menit saja.

3. Memenuhi kebutuhan air putih

 Cara mengatasi wajah kering dan mengelupas Berbagai sumber

foto: Pixabay/colinbehrens

Air putih memiliki peranan yang penting bagi tubuh. Tidak hanya bagi tubuh saja melainkan untuk kesehatan kulit. Tubuh yang kekurangan air bisa menyebabkan berbagai permasalahan kulit seperti kering, kusam, dan iritasi.

Maka dari itu untuk mengatasi wajah kering dan mengelupas cukupilah kebutuhan air sehari-sehari. Kebutuhan air sehari-hari setidaknya yakni 8 gelas atau 2 liter per hari.

4. Tidak menggosok kulit dengan handuk

 Cara mengatasi wajah kering dan mengelupas Berbagai sumber

foto: Freepik.com

Sebagian orang pasti sering melakukan kebiasaan mengeringkan badan atau wajah dengan menggosokan handuk. Bahkan, sebagian dari mereka menggosokan handuk ke kulit dengan begitu kencang. Nah, kebiasaan ini bisa membuat kulit kamu kering bahkan mengelupas. Agar kulit wajah kamu tidak kering dan mengelupas, kamu cukup dengan menepuk-nepuk secara halus dan lembut.

5. Tidak pernah lupa menggunakan sunscreen

 Cara mengatasi wajah kering dan mengelupas Berbagai sumber

foto: Pexels/moosephotos

Penggunaan sunscreen ternyata penting untuk mengatasi wajah kering dan mengelupas. Sebelum ke luar rumah atau berkegiatan di luar ruangan jangan lupa untuk menggunakan sunscreen. Sunscreen memiliki kegunaan untuk mengunci kelembapan kulit dengan menggunakannya penguapan pada kulit bisa tercegah.

6. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan dan omega-3

 Cara mengatasi wajah kering dan mengelupas Berbagai sumber

foto: Pixabay/cattalin

Cara mengatasi wajah kering dan mengelupas selanjutnya, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang diperkaya dengan antioksidan dan omega-3. Antioksidan yang terkandung di dalam makanan memberikan berbagai manfaat seperti melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Sedangkan, omega-3 membuat kulit menjadi sehat. Makanan yang mengandung omega-3 yaitu tuna, salmon, kacang walnut, dan alpukat.

7. Mengonsumsi vitamin A dan vitamin E

 Cara mengatasi wajah kering dan mengelupas Berbagai sumber

foto: Pixabay/deebren

Cara mengatasi wajah kering dan mengelupas selain dengan mengonsumsi makanan omega-3 kamu juga disarankan untuk mengonsumsi vitamin A dan vitamin E. Makan yang mengandung vitamin A bisa kamu temukan pada wortel, ubi, dan sayur-sayuran berwarna hijau. Sedangkan, untuk vitamin E bisa kamu temukan pada brokoli, gandung, dan alpukat.

8. Menggunakan bahan alami dengan tea tree oil

 Cara mengatasi wajah kering dan mengelupas Berbagai sumber

foto: Pixabay/naturefriend

Tea tree oil memiliki sifat antiinflamasi, sehingga bisa membantu untuk menenangkan kulit iritasi karena kulit kering dan mengelupas. Cara menggunakan tea tree oil yang dicampur dengan menggunakan minyak esensial yang sudah diaduk secara rata. Setelah itu oleskan ke bagian wajah yang kering dan mengelupas. Jika sudah kering bilas dengan air bersih.

9. Hindari penggunaan produk kecantikan

 Cara mengatasi wajah kering dan mengelupas Berbagai sumber

foto: Pexels/andreapiacquadio

Cara mengatasi wajah kering dan mengelupas selanjutnya, yaitu dengan menghindari penggunaan produk kecantikan. Bahan kandungan produk kecantikan yang harus kamu hindari yaitu antibakteri, sabun, deodoran, alkohol, dan retinol. Bahan kandungan seperti retinol bisa menyebabkan kulit kamu semakin kering.

10. Menggunakan humidifier

 Cara mengatasi wajah kering dan mengelupas Berbagai sumber

foto: Instagram/npercent_official

Mengatasi wajah kering dan mengelupas bisa menggunakan humidifier. Humidifier merupakan alat yang digunakan untuk menjaga kelembapan udara pada suatu ruangan. Dengan menggunakan humidifier kulit kering bisa teratasi dengan baik.

(brl/pep)

tags

STORIES