7 Cara merawat rambut berhijab agar tetap sehat, pilih sampo khusus

 7 Cara merawat rambut berhijab agar tetap sehat, pilih sampo khusus

Brilio.net - Berhijab adalah sebuah kewajiban yang harus dijalankan bagi wanita muslim. Hijab digunakan untuk menutup aurat termasuk area rambut. Wanita yang berhijab akan menutupi rambutnya setiap beraktivitas di luar rumah. Oleh karena itu, rambut wanita berhijab pasti membutuhkan perawatan yang berbeda dengan orang yang tidak berhijab.

Rambut wanita berhijab memang lebih terlindung dari sinar matahari, debu, polusi, dan bahaya styling rambut. Tapi bukan berarti rambut wanita berhijab tidak bisa mendapatkan berbagai masalah rambut. Masalah rambut yang mungkin terjadi bagi para wanita yang berhijab adalah ketombe, rambut rontok dan rambut lepek.

Meski melindungi dari paparan panas dan asap polusi, rambut yang tertutup hijab sepanjang hari lebih rentan berkeringat. Kebanyakan wanita berhijab rentan mengalami kerusakan rambut seperti mudah rontok dan patah, karena menghabiskan 90 persen waktunya tertutup hijab selama lebih dari 8 jam.

Ahli dermatologi dr. Sari Charunnisa, SpKK di laman wardahbeauty.com menjelaskan permasalahan rambut bukan karena berhijab tetapi kebiasaan-kebiasaan tertentu yang bisa merusak rambut itu sendiri. Aktivitas seperti mengikat rambut saat menggunakan hijab menjadi salah satu faktor kerontokan rambut. Mengalami rambut rontok merupakan hal normal bagi setiap wanita.

Menurut American Academy of Dermatology Association, rambut rontok 50-100 helai per hari masih dikategorikan normal. Namun apabila terjadi terus-menerus akan membuat rambutmu menipis dan mudah patah.

Agar dapat terhindar dari masalah rambut tersebut, wanita berhijab harus melakukan perawatan rambut secara khusus. Seperti tujuh cara merawat rambut berhijab agar tetap sehat seperti yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/4).

1. Menggunakan sampo khusus.

Cara merawat rambut berhijab agar tetap sehat freepik.com

foto: freepik.com

Rambut wanita berhijab biasanya akan lebih mudah berminyak dan menyebabkan rambut menjadi lepek. Tak hanya itu, penggunaan sampo yang tidak sesuai justru membuat rambut wanita berhijab menjadi mudah berketombe dan kering hingga menyebabkan rambut patah dan rontok.

Sebaiknya kamu memilih sampo yang memang diformulasikan khusus untuk perawatan rambut berhijab, serta disesuaikan dengan jenis rambut. Tak hanya itu, kamu disarankan untuk memilih sampo dengan kandungan kondisioner yang lembut dan berbahan ringan, terutama bagi kamu pemilik kulit sensitif.

Hindari mencuci rambut setiap hari, karena akan membuat minyak alami yang ada di rambut menjadi hilang. Sehingga rambut akan mudah kering dan akan rentan mengalami patah.

(brl/lea)

tags

STORIES