Kenali tren treatment sulam blush on, pahami risikonya untuk wajah

Kenali tren treatment sulam blush on, pahami risikonya untuk wajah

Brilio.net - Mengejar standar kecantikan tampaknya menjadi tugas cukup berat bagi wanita. Meski terbilang berat, namun segala cara dilakukan agar mereka mendapatkan kecantikan paripurna sesuai standar yang sudah ditetapkan oleh lingkungannya.

Wanita tentunya memiliki berbagai alasan mengapa mereka mengejar standar kecantikan:

1. Estetika dan Penampilan

- Cantik atau kecantikan sering dianggap sebagai sesuatu yang menyenangkan secara estetika. Wajah yang cantik, tubuh yang tinggi, rambut yang rapi, dan gaya berpakaian yang stylish semuanya berkontribusi pada definisi kecantikan.
- Golden Ratio: Beberapa orang mengukur kecantikan berdasarkan rasio ideal antara bagian-bagian wajah, yang dikenal sebagai Golden Ratio. Rasio ini telah digunakan sejak zaman Yunani kuno dan mempertimbangkan proporsi wajah yang enak dipandang mata.
- Florence Colgate, bukan selebriti terkenal, dinobatkan sebagai pemilik wajah paling proporsional di Britania Raya pada tahun 2012.

2. Selera dan Perspektif Individu

- Pandangan Subjektif: Kecantikan juga tergantung pada selera dan perspektif masing-masing individu. Beberapa orang menganggap kecantikan hanya dari segi fisik, sementara yang lain menilai kecantikan berdasarkan kecerdasan, kepribadian, dan sikap.

3. Kesehatan dan Kebahagiaan

- Kesehatan: Wanita saat ini semakin menghargai kecantikan yang tidak hanya berfokus pada penampilan fisik, tetapi juga pada kesehatan, kebahagiaan, dan kepercayaan diri.
- Kapitalisme: Industri kecantikan memanfaatkan standar kecantikan untuk memasarkan produk-produk yang membantu wanita mencapai tampilan yang sesuai dengan tren.

Melihat semua itu tidak heran jika banyak wanita, bahkan kaum pria pun ikut dalam berbagai tren kecantikan. Tidak hanya mengandalkan skincare, mereka juga membutuhkan bantuan medis dengan datang langsung ke klinik kecantikan.

Selain itu, tak sedikit pula kesadaran untuk melakukan perawatan dari dalam, seperti olahraga, konsumsi air putih yang cukup, dan mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung vitamin yang dibutuhkan kulit. Contohnya seperti vitamin A yang dapat memperbaiki jaringan kulit yang rusak, vitamin B yang melembapkan kulit, atau vitamin C yang dapat menjadi antioksidan yang baik untuk kulit.

Sekarang ini untuk menunjang penampilan kulit, skincare memang cukup diandalkan. Produk perawatan kulit dari luar ini bisa menyelesaikan permasalahan kulit. Saat ini skincare juga semakin beragam. Intinya, setiap permasalahan kulit pasti ada solusinya.

Namun, penggunaan skincare tidaklah memberikan hasil instan. Untuk itu banyak orang mengimbanginya dengan makeup. Misalnya saja menggunakan foundation sebagai base makeup untuk meratakan warna kulit, menggunakan concealer untuk menutupi noda hitam dan bekas jerawat, atau menggunakan makeup memang hanya dengan tujuan untuk mempercantik wajah. Contohnya seperti blush on yang memang digunakan untuk membuat pipi lebih merona, ataupun eyeshadow.

Perkembangan teknologi memengaruhi dunia kecantikan

Jika dulu treatment kecantikan hanya sebatas mencerahkan wajah dengan menggunakan krim dokter dan treatment facial mask, kini treatment wajah banyak mengalami perubahan. Saat ini banyak sekali inovasi baru terkait treatment kecantikan yang membuat wajah terlihat seolah-olah menggunakan makeup, padahal tidak ada polesan makeup sama sekali.

Salah satu treatmen yang saat ini tengah digandrungi adalah BB glow atau sulam bedak - treatment mendapatkan efek wajah seperti memakai foundation dengan sifat semi permanen ke wajah.

Tren ini berasal dari Korea yang memberikan efek wajah menjadi lebih cerah, menutupi noda di wajah, dan seperti memakai bedak. Prosesnya adalah dengan memasukkan BB atau beauty balm dengan jarum nano ke lapisan atas kulit.

Treatment ini memang dinilai cepat dalam mencerahkan wajah. Namun dr. Richard Lee, MARS, ph.D mengatakan bahwa, treatmen ini tidak mendapatkan sertifikat FDA (Food and Drugs Admnistration) di Amerika Serikat, yang berfungsi untuk menunjukkan suatu produk atau perusahaan sudah terpenuhi standar kualitas, keamanan, dan keefektifitasan dalam pelaksanaannya.

Para ahli dan dermatologis tidak menyarankan treatment ini karena dinilai tidak aman dan lebih banyak risiko yang ditimbulkan daripada dampak positifnya.

Tidak berhenti di treatmen BB glow atau sulam bedak, kini muncul tren baru BB blush atau sulam blush on.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES