Jangan sampai salah pasang, begini cara membedakan softlens terbalik atau tidak agar nyaman dipakai

Jangan sampai salah pasang, begini cara membedakan softlens terbalik atau tidak agar nyaman dipakai

Brilio.net - Softlens atau kontak lensa kini tidak hanya digunakan sebagai pengganti kacamata, melainkan sudah jadi lifestyle bagi masyarakat. Terlebih lagi di kalangan anak muda. Hal ini lantaran warna softlens yang beragam bisa menjadi penunjang penampilan agar terlihat lebih menarik.

Selain itu, bagi sejumlah orang penggunaan softlens terasa lebih nyaman dibanding kacamata. Namun sayangnya, ada juga beberapa orang yang merasa tidak nyaman ketika menggunakan softlens. Hal ini biasanya dikarenakan penggunaan softlens yang cukup sulit. Apalagi kalau tidak mengetahui cara menggunakannya yang benar, softlens bisa menyebabkan iritasi.

Sebenarnya, penggunaan softlens bisa aman jika digunakan dengan benar. Hal utama yang harus diperhatikan adalah menjaga kebersihan dan sterilisasi softlens sebelum dan setelah digunakan. Softlens yang tidak bersih dapat menyebabkan infeksi mata dan bahkan dapat menyebabkan kebutaan.

Selain itu, perlu juga diperhatikan waktu penggunaan softlens. Tidak disarankan untuk menggunakan softlens terlalu lama, terutama saat tidur. Ini karena softlens dapat menyebabkan pengeringan dan kekurangan oksigen pada mata jika digunakan terlalu lama.

Tidak hanya itu, ketika mengaplikasikannya pada mata kamu juga harus memperhatikan posisi softlens yang benar. Pastikan posisi softlens tidak terbalik agar nyaman saat dikenakan. Tapi terkadang sulit untuk mengetahui apakah posisi softlens terbalik atau tidak.Masih banyak juga yang tidak sadar jika selama ini menggunakan softlens dalam keadaan terbalik.

Untuk mengetahui seperti apa posisi softlens yang benar, kamu bisa simak informasi yang dibagikan pengguna TikTok @eyeslandcon seperti dilansir briliobeauty.net, Kamis (13/4).

cara membedakan softlens terbalik atau tidak berbagai sumber

foto: TikTok/@eyeslandcon

Dalam video berdurasi kurang lebih 26 detik itu, terdapat empat cara untuk membedakan posisi softlens yang benar. Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah warna pada softlens. Dalam bentuk posisi benar softlens akan memiliki warna yang lebih tajam. Sementara pada posisi yang salah, warna softlens akan terlihat lebih pudar dan blur.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES