7 Tips makeup untuk tutupi pori-pori besar, wajib gunakan primer

7 Tips makeup untuk tutupi pori-pori besar, wajib gunakan primer

Brilio.net - Pori-pori merupakan jalan keluar keringat dan minyak di permukaan kulit yang kehadirannya sangat dibutuhkan. Namun, pori-pori yang membesar dapat menyebabkan masalah kulit lain. Apalagi jika kalian tidak rutin membersihkan wajah sehingga kotoran menutup pori-pori. Pori-pori wajah yang besar juga membuat riasan tidak tampak flawless. Makeup juga tidak tahan lama karena minyak yang keluar menjadi berlebih.

Jika kamu memiliki masalah seperti itu, jangan panik dulu. Memang, tidak semudah yang dibayangkan untuk mengecilkan pori-pori pada wajah. Namun, kamu bisa melakukan beragam cara agar pori-pori wajah bersih dan tidak tersumbat. Pori-pori yang tersumbat menjadi penyebab dari berbagai masalah kulit, seperti jerawat dan komedo.

Cara terbaik untuk mengurangi penampakan pori-pori yang semakin besar adalah dengan perawatan kulit yang tepat. Beberapa di antaranya adalah dengan melakukan cleansing, eksfoliasi, dan moisturizing secara rutin. Menyamarkan pori-pori wajah memang membutuhkan waktu untuk bisa terlihat hasilnya.

Sayangnya, pori besar sering dianggap mengganggu penampilan. Apalagi, dengan teknik makeup yang salah, pori-porimu justru akan semakin tampak jelas. Tak hanya itu saja, buat para wanita yang bermakeup, pori-pori besar juga bisa bikin pengaplikasian makeup tidak merata.

Nah, biar makeup-mu semakin terlihat flawless, kamu bisa menerapkan tujuh tips berikut ini untuk menyamarkan pori-pori besar di wajah, seperti yang telah briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (25/11).

1. Kompres wajah dengan es batu.

Tips makeup untuk tutupi pori-pori besar freepik.com

foto: freepik.com

Sebelum mulai mengaplikasikan makeup, cobalah untuk mengompres wajah menggunakan es batu. Es batu memang sudah lama dipercaya mampu memperkecil tampilan pori-pori yang besar. Cukup dengan menggosokkan es batu pada seluruh area wajahmu. Lalu, pijat wajah secara perlahan hingga es batu mencair. Cara mengatasi pori-pori besar ini dapat kamu lakukan secara rutin juga, lho. Setelah mengompres wajah dengan es batu, kamu bisa lanjut mengaplikasikan skincare supaya wajah lebih "siap" untuk menerima produk makeup.

Mempersiapkan kulit wajah dengan produk skincare akan membuat produk makeup yang diaplikasikan menempel lebih lama. Selain itu, produk skincare akan membantu menutrisi agar masalah kulit dapat teratasi dan tidak membuat aplikasi makeup ikutan bermasalah. Jangan lupa, gunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis kulitmu, ya.

2. Pilih produk noncomedogenic.

Tips makeup untuk tutupi pori-pori besar freepik.com

foto: freepik.com

Memilih jenis make up yang tepat adalah salah satu kunci untuk memperkecil penampakan pori-porimu. Kalau kamu ingin pori-porimu terlihat sekecil mungkin, sangatlah penting untuk menjaga pori-pori agar tetap bersih dari kotoran dan sisa-sisa makeup. Makeup dengan formula noncomedogenic akan memastikan pori-porimu tidak tersumbat, sehingga tidak memperparah kondisi pori-porimu yang sudah melebar. Makeup jenis ini tidak akan menyumbat dan tidak memperparah kondisi pori-pori wajah. Formulanya akan menjaga pori-pori tetap bersih dari kotoran dan sisa makeup.

3. Wajib gunakan primer.

Tips makeup untuk tutupi pori-pori besar freepik.com

foto: freepik.com

Primer menjadi solusi yang tepat jika kamu punya pori-pori besar. Sebabnya, selain dapat meratakan warna kulit, primer juga dapat menahan minyak dan mengisi kekosongan pada pori-pori kulit. Jadi, pori-pori pun tersamarkan. Kamu bisa memilih pore-filling primer yang efektif untuk membantumu meminimalisir ukuran pori-porimu.

Jika memungkinkan, pilihlah pore-filling primer dengan formula silicone-based yang sangat bagus untuk memperhalus kulitmu. Dengan primer ini, wajahmu akan menjadi kanvas yang sempurna untuk mengaplikasikan makeup-mu. Ambil sedikit pore-filling primer, dan aplikasikan pada area yang ingin kamu tutupi. Tekan-tekan dengan lembut sampai meresap dan terlihat rata.

4. Memakai foundation dengan cara yang benar.

Tips makeup untuk tutupi pori-pori besar freepik.com

foto: freepik.com

Gunakan foundation bila memang sangat diperlukan. Selain itu sebaiknya aplikasikan foundation menggunakan beauty blender agar lebih menyatu dan menutup bagian pori-pori wajah. Tak perlu juga menggunakan foundation yang high coverage yang memiliki formula berat sehingga menyumbat pori-pori wajah. Light coverage sudah cukup menyamarkan pori-pori wajah bila diaplikasikan dengan cara yang tepat.

Tips ini paling baik digunakan bagi kalian yang memiliki kulit berminyak. Pasalnya, sponge atau beauty blender akan memberikan hasil coverage tinggi dan menutup pori-pori lebih baik dari pada brush. Foundation juga akan lebih merata pada kulit.

5. Sempurnakan dengan concealer stick.

Tips makeup untuk tutupi pori-pori besar freepik.com

foto: freepik.com

Jika pori-pori besar, bekas jerawat, atau noda kehitaman masih terlihat setelah kamu memakai foundation, kamu bisa memanfaatkan concealer untuk memberikan coverage tambahan. Untuk wajah dengan pori-pori besar, pilihlah concealer berbentuk stick. Oleskan concealer secara merata menggunakan jari yang bersih guna memadukan formula concealer dengan lembut sekaligus mengaburkan tampilan pori-pori yang masih menganga.

6. Gunakan loose powder untuk mengunci base makeup.

Tips makeup untuk tutupi pori-pori besar freepik.com

foto: freepik.com

Tips makeup untuk pori-pori besar yang selanjutnya adalah membaurkan loose powder atau bedak tabur untuk mengunci primer, foundation, dan concealer yang ada di bawahnya. Usahakan untuk memilih loose powder dengan formula translucent atau transparan supaya terlihat menyatu dengan kulit serta tidak mengubah warna asli foundation. Fokuskan bedak ke area pori-pori yang besar dan lakukan baking selama beberapa menit. Setelah baking selesai, sapukan bedak yang menempel pada wajah dengan powder brush hingga wajah kamu tidak tampak terlalu dempul.

7. Gunakan makeup yang mengandung mineral.

Tips makeup untuk tutupi pori-pori besar freepik.com

foto: freepik.com

Apa kamu pernah mencoba makeup yang mengandung mineral? Produk riasan ini memang akan terasa ringan di wajah sehingga terasa seakan tidak menggunakan makeup. Namun, makeup yang mengandung mineral lebih baik bagi kamu yang memiliki pori-pori besar. Produk makeup yang mengandung mineral tidak memiliki bahan-bahan berbahaya yang menyumbat pori-pori. Selain itu, mineral makeup biasanya dirancang khusus memiliki partikel super kecil yang mampu mengisi pori-pori wajah.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES