7 Tips makeup untuk kulit sawo matang, pilih blush on warna peach

7 Tips makeup untuk kulit sawo matang, pilih blush on warna peach

Brilio.net - Tips makeup untuk setiap warna kulit tentu berbeda. Misalnya, untuk kulit putih, tentu akan berbeda dengan pemilik kulit sawo matang. Hal ini berpengaruh pada pemilihan warna makeup yang harus kamu pakai. Di Indonesia kebanyakan orang memiliki kulit sawo matang. Walau akhir-akhir ini sedang menjadi tren memiliki kulit putih pucat seperti perempuan Korea, tapi perempuan Indonesia yang secara gen memiliki kulit cokelat pun tak kalah cantik dan patut dibanggakan.

Inilah yang membuat tips makeup-nya begitu banyak dicari oleh kebanyakan orang. Makeup yang tepat ini sangat penting dalam mengoptimalkan penampilan, sehingga semakin memesona. Saat ini industri makeup pun menyediakan berbagai jenis dan macam makeup yang disesuaikan dengan setiap wanita di dunia, termasuk untuk wanita dengan kulit berwarna sawo matang.

Pasalnya, mengaplikasikan makeup untuk kulit sawo matang termasuk susah-susah gampang. Dibutuhkan kejelian dan pengamatan yang baik, sebab jika salah, wajahmu justru akan terlihat kusam atau menor.

Nah, jika kamu memiliki kulit sawo matang dan masih bingung dalam memilih produk makeup yang cocok untukmu, tak perlu khawatir. Berikut ini briliobeauty.net ulas tujuh tips makeup untuk kulit sawo matang, dikutip dari berbagai sumber, Jumat (28/10).

1. Sebelum makeup, wajah harus dalam keadaan bersih.

Tips makeup untuk kulit sawo matang freepik.com

foto: freepik.com

Sebagai pemula, kamu harus memperhatikan kebersihan wajah sebelum memulai makeup. Kondisi wajah yang kotor akan menimbulkan masalah kulit pada wajahmu. Untuk membersihkan noda dan debu, kamu bisa menggunakan kapas wajah yang diberi milk cleanser atau micellar water. Agar memastikan kotoran benar-benar terangkat, bersihkan kembali wajah menggunakan facial foam. Keringkan wajah, lalu gunakan toner untuk mengembalikan pH kulitmu. Jangan lupa, kamu pakai produk yang sesuai dengan jenis kulit ya.

Sebelum memulai makeup, kamu juga wajib menggunakan rangkaian skincare. Paling tidak, gunakan sunscreen untuk menjaga kulit kamu dari paparan sinar matahari. Lalu moisturizer agar menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit. Pakailah sunscreen dan pelembap secukupnya saja. Usahakan tidak mengaplikasikannya terlalu banyak, agar tidak menimbulkan minyak berlebihan pada wajah. Setelah menggunakan rangkaian skincare, kamu bisa langsung menuju step selanjutnya.

2. Pilihlah warna foundation yang tepat.

Tips makeup untuk kulit sawo matang freepik.com

foto: freepik.com

Foundation adalah item makeup yang sangat penting untuk diperhatikan. Jika salah memilih warna foundation, warna kulit bisa berubah menjadi terlalu gelap, bahkan terlalu putih hingga kusam. Nah, pada dasarnya, jenis kulit sendiri terbagi menjadi dua, yakni warm tone dan cold tone. Kulit sawo matang masuk dalam kategori warm tone. Sehingga, kamu perlu memilih warna foundation yang dibuat khusus untuk warna kulitmu.

Pilih foundation dengan warna kekuningan atau agar lebih jelas, cobalah di bagian leher dan pilihlah foundation yang paling mirip dengan warna kulitmu. Catatan, jangan pilih warna foundation yang lebih cerah dari kulit karena justru membuat makeup kamu terlalu kentara dan tidak natural. Tak hanya itu, kesalahan memilih warna foundation juga bisa membuat makeup menjadi kusam.

3. Aplikasikan translucent powder.

Tips makeup untuk kulit sawo matang freepik.com

foto: freepik.com

Setelah foundation, step selanjutnya dalam ber-makeup adalah mengaplikasikan bedak agar makeup lebih menempel. Sayangnya, banyak wanita melakukan kesalahan dengan memilih warna bedak yang cenderung lebih cerah. Nah, untuk pemilik warna kulit sawo matang, jenis translucent powder atau bedak tabur warna natural lebih dianjurkan untuk dipakai.

Jenis bedak ini akan membuat tampilan makeup kamu jadi lebih natural, halus, dan tidak mengubah warna asli foundation. Bedak tabur ini juga akan meratakan warna kulit tanpa membuatnya terlihat terlalu putih atau tebal.

4. Aplikasikan primer sebelum kamu memoleskan eyeshadow.

Tips makeup untuk kulit sawo matang freepik.com

foto: freepik.com

Riasan mata menjadi hal yang penting bagi pemilik kulit sawo matang. Kamu dapat menggunakan segala macam warna eyeshadow. Warna cokelat tua, silver, atau bronze bisa menjadi pilihan buat kamu. Tidak masalah juga jika kamu berani untuk menggunakan warna-warna cerah seperti peach. Tips makeup untuk kulit sawo matang ini bisa diterapkan dengan memoleskan eye primer sebelum menggunakan eyeshadow agar warnanya terlihat intens.

5. Pilih blush on warna peach.

Tips makeup untuk kulit sawo matang freepik.com

foto: freepik.com

Blush on menjadi item makeup yang tidak boleh ditinggalkan. Untuk pemilik kulit sawo matang, blush on nuansa peach akan membuat wajahmu menjadi segar dan tidak terlalu menor karena blush on ini berjenis makeup warm. Carilah warna blush on dengan nuansa undertone oranye, seperti merah bata, peach, atau coral. Pemilihan warna ini akan membuat tampilan wajahmu sempurna.

6. Pakai lipstik glossy.

Tips makeup untuk kulit sawo matang freepik.com

foto: freepik.com

Buat kamu yang berkulit sawo matang, sebaiknya sebisa mungkin hindari lipstik matte. Lipstik dengan kesan mengkilap atau glossy bisa lebih membuat wajah menjadi segar. Untuk daily makeup, kamu bisa pilih warna lipstik dengan nuansa cerah, orange atau merah bata.

Sementara itu, untuk keperluan acara yang lebih formal, pilihan warna wine merah, plum, atau burgundy bisa jadi alternatif. Kamu yang berkulit sawo matang juga nggak terlalu perlu menggunakan lip liner. Kalaupun harus memakai, gunakan yang berwarna senada dengan warna kulit.

7. Tambahkan shimmer atau highlighter.

Tips makeup untuk kulit sawo matang freepik.com

foto: freepik.com

Kulit sawo matang akan semakin nampak lebih eksotis jika memancarkan kesan kilap yang natural. Selain dari penggunaan eyeshadow dan lipstik glossy, kesan kilap juga bisa kamu terapkan pada area tulang pipi. Tambahkan penggunaan shimmer atau highlighter yang bisa membuat kulit semakin glowing. Highlighter juga akan membuat tampilanmu lebih stunning dengan kesan natural.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES