7 Cara membersihkan alat makeup agar wajah terhindar dari permasalahan kulit, gunakan minyak zaitun

7 Cara membersihkan alat makeup agar wajah terhindar dari permasalahan kulit, gunakan minyak zaitun

Brilio.net - Makeup bagi sebagian perempuan merupakan hal yang wajib digunakan. Berkat kemampuannya yang bisa bikin tampak lebih cantik dan meningkatkan kepercayaan diri, makeup kini menjadi kebutuhan untuk menunjang penampilan sehari-hari.

Untuk mendapatkan hasil makeup yang sempurna, dibutuhkan berbagai macam alat makeup. Namun penggunaan alat makeup yang terlalu sering, pastinya mempengaruhi kondisi peralatan makeup yang digunakan.

Semakin sering menggunakan alat makeup, maka alat tersebut pun akan semakin kotor. Maka dari itu, penting untuk menjaga kebersihan alat makeup. Pasalnya, jika alat makeup tidak dibersihkan bisa menimbulkan bakteri yang menumpuk dan menjadi sumber permasalahan bagi kulit, seperti timbulnya jerawat.

Dikutip briliobeauty.net dari Alluer, Jumat (23/12) alat makeup seperti kuas harus dibersihkan kurang lebih dua minggu sekali atau membersihkannya jika sudah terlihat kotor.

"Kuas yang digunakan di sekitar mata harus dibersihkan setidaknya dua kali sebulan," jelas Bobby Brown seorang penata rias di Houston.

Merawat alat makeup nggak kalah penting dengan menjaga kesehatan kulit. Dengan merawat dan rutin membersihkannya, alat makeup akan menjadi lebih awet dan tahan lama. Walaupun begitu, banyak orang yang belum tahu cara membersihkan alat makeup secara keseluruhan.

Nah, berikut ini tujuh cara membersihkan alat makeup sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/12).

1. Menggunakan air hangat.

Cara membersihkan alat makeup Freepik.com

foto: Freepik.com

Cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan alat makeup menggunakan air hangat. Pasalnya, air hangat bisa membantu mengangkat kotoran yang menempel pada alat makeup. Caranya cukup mudah, yaitu cukup tuangkan air hangat ke dalam mangkok kecil dan rendam alat makeup.

2. Sabun khusus.

Cara membersihkan alat makeup Freepik.com

foto: Freepik.com

Cara kedua yaitu gunakan sabun khusus yang digunakan untuk membersihkan alat makeup. Penggunaan sabun ini bisa membantu mengangkat kotoran yang susah hilang pada bulu kuas. Nah, cara penggunaannya yaitu cukup tuangkan sabun tersebut ke bulu kuas lalu siram menggunakan air mengalir.

3. Micellar water.

Cara membersihkan alat makeup Freepik.com

foto: Freepik.com

Micellar water tidak hanya digunakan untuk membersihkan wajah, melainkan bisa dipakai membersihkan alat makeup. Nah, caranya cukup mudah yaitu tuangkan micellar water ke dalam mangkok. Lalu, masukkan kuas ataupun sponge ke dalam micellar water tersebut. Diamkan hingga beberapa menit dan angkat.

4. Minyak zaitun.

Cara membersihkan alat makeup Freepik.com

foto: Freepik.com

Tidak hanya menggunakan produk kecantikan, kamu bisa membersihkan alat makeup menggunakan bahan alami seperti minyak zaitun. Formula yang ada di dalam minyak zaitun bisa membersihkan alat kuas dan sponge dari berbagai bakteri. Selain itu, penggunaan minyak zaitun juga tidak membuat kuas menjadi gampang rusak.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk membersihkan alat makeup yaitu cukup mencampurkannya dengan air. Langkah berikutnya yaitu masukkan alat makeup dan putar secara perlahan hingga kotoran pada alat tersebut rontok. Langkah terakhir yaitu diamkan hingga kering.

5. Sampo bayi.

Cara membersihkan alat makeup Freepik.com

foto: Freepik.com

Cara berikutnya yaitu kamu bisa menggunakan sampo bayi untuk membersihkan alat makeup. Sampo bayi memiliki formula ringan, namun bisa mengangkat kotoran yang mengendap pada alat makeup. Tidak hanya itu, sampo bayi juga membuat alat makeup menjadi harum.

Nah, cara menggunakannya yaitu tuangkan sampo bayi ke dalam wadah kemudian campurkan dengan air. Setelah itu, rendam beberapa waktu hingga kotoran yang mengendap terangkat.

6. Menggunakan brush egg.

Cara membersihkan alat makeup Freepik.com

foto: Freepik.com

Cara berikutnya yaitu menggunakan brush egg yang ditujukan khusus untuk membersihkan makeup. Alat ini khusus digunakan untuk membersihkan alat makeup. Tak hanya itu, brush egg juga memiliki bahan dasar dari silikon sehingga bisa membersihkan sisa-sisa makeup yang menempel pada kuas.

7. Air makeup remover.

Cara membersihkan alat makeup Freepik.com

foto: Freepik.com

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan yaitu menggunakan air makeup remover. Produk kecantikan ini bisa digunakan untuk membersihkan peralatan makeup yang kotor.

Ketika menggunakan air makeup remover, kamu harus segera membersihkan alat makeup secara langsung setelah digunakan. Hal ini dilakukan agar kamu tidak menggunakan air makeup remover terlalu banyak.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES