7 Cara gunakan pensil alis agar natural dan rapi, cocok bagi pemula

7 Cara gunakan pensil alis agar natural dan rapi, cocok bagi pemula

Brilio.net - Salah satu bagian wajah yang sangat berpengaruh pada riasan adalah alis. Hal ini karena banyak yang menjadikan alis sebagai kunci kecantikan. Tak heran kalau akhirnya banyak yang memilih untuk melakukan sulam atau tato alis demi mendapatkan bentuk yang diinginkan. Meski sudah banyak metode instan untuk membentuk alis yang cantik, namun tetap banyak yang masih memilih menggunakan pensil alis.

Tak sedikit perempuan yang mengatakan mereka percaya diri untuk bepergian meski belum memoleskan makeup dengan sempurna, asalkan alis sudah terlihat rapi. Penggunaan pensil alis juga tidak harus pada orang yang memiliki bulu alis tipis saja. Pemilik alis tebal juga bisa menggunakannya untuk memberikan kesan alis yang lebih rapi dan tegas.

Cara buat alis terbilang gampang-gampang susah. Tidak semua perempuan bisa melukis alis dengan sempurna. Butuh ketelitian dan ketekunan untuk bisa lancar membuat alis.

Alis terlalu tipis bisa membuat penampilan wajah kurang seimbang. Sedangkan alis yang terlalu tebal justru membuat riasan menjadi terlihat menor. Membentuk alis membutuhkan keterampilan agar terlihat natural dan tidak berlebihan. Memang sih, membentuk alis yang bagus nampak sulit, terutama bagi pemula. Makanya, kamu perlu tahu tips dan trik membentuk alis mata agar terlihat natural.

Nah, buat kamu yang ingin belajar membentuk alis agar terlihat natural, yuk simak tujuh caranya berikut ini, seperti briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/11).

1. Pilih pensil alis dengan warna yang tepat.

Cara gunakan pensil alis agar natural dan rapi freepik.com

foto: freepik.com

Sebelum membentuk alis, yang dibutuhkan pertama kali adalah pensil alis dengan pemilihan warna yang sesuai. Untuk memilih warna pensil alis, kamu bisa mengikuti warna rambutmu.

Jika kamu memiliki rambut alis yang tebal, sebaiknya pilih warna yang sesuai dengan warna aslinya. Akan tetapi, jika rambut alis yang kamu miliki tipis, pilihlah warna yang satu tingkat lebih terang. Ini dilakukan guna mendapatkan hasil yang natural.

2. Tentukan bentuk alis.

Cara gunakan pensil alis agar natural dan rapi freepik.com

foto: freepik.com

Teknik merias wajah memang selalu berubah seiring berjalannya waktu. Tak terkecuali pada alis yang memiliki berbagai bentuk, seperti natural brow, bold brow, flat brow, atau bushy brow. Dari sekian banyak bentuk alis, sebaiknya kamu pilih sesuai dengan bentuk wajahmu, ya. Jika kamu memiliki bentuk wajah bulat, pilih bentuk alis high arch. Untuk bentuk wajah panjang, kamu dapat membuat ekor alis menjadi lebih panjang.

3. Merapikan alis lebih dahulu.

Cara gunakan pensil alis agar natural dan rapi freepik.com

foto: freepik.com

Sebelum mengaplikasikan pensil alis, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah merapikan dengan sikat alis. Caranya mudah, cukup menyikat alis dengan cepat mengikuti arah tumbuh alis agar tertata. Dengan begitu, area kosong pada alis akan terlihat jelas dan rapi.

Kamu bisa membeli produk makeup khusus untuk alis yang dual-ended. Satu sisi digunakan untuk menggambar alis dan sisi lainnya memiliki spoolie brush digunakan untuk merapikan dan membaurkan warna alis. Tipe pensil alis seperti ini dapat mempercepat waktu dan praktis digunakan.

4. Mengisi bagian alis yang kosong.

Cara gunakan pensil alis agar natural dan rapi freepik.com

foto: freepik.com

Setelah alis dirapikan kamu bisa mulai mengaplikasikan pensil alis untuk mengisi bagian yang kosong. Tetap fokuskan pada area yang kosong dan kurang rapi. Cara mengisi alis kosong cukup mudah yaitu dengan gerakan arsir lembut dimulai dari bagian tengah alis. Kemudian ikuti bentuk alami ke arah tumbuhnya alis.

Pada bagian depan, buat gerakan yang lebih lembut dan samar untuk menghasilkan tampilan warna yang terlihat natural. Setelah alis terbingkai rapi, gunakan spoolie brush dan sikat alis untuk menyisir alis agar warnanya lebih terlihat natural dan menyatu dengan alis yang asli.

5. Teknik soap brow.

Cara gunakan pensil alis agar natural dan rapi freepik.com

foto: freepik.com

Cara membuat alis natural satu ini sedang populer di kalangan beauty vlogger. Teknik soap brow cocok untuk kamu yang memiliki alis tebal, namun ingin alis tetap terlihat rapi. Untuk menggunakan teknik ini, mulai dengan membentuk frame alis dan arsir dengan pensil alis agar lebih natural. Jangan lupa untuk kembali menyisir alis setelah menggambarnya.

Kemudian, ambil sabun batang dan basahkan sedikit dengan air hingga memiliki tekstur seperti pasta. Lalu, gunakan spoolie untuk mengambil sabun yang sudah dibasahi dan aplikasikan pada rambut alis ke arah atas untuk memberikan ilusi alis lebih penuh dan tebal. Jika masih ada bagian alis yang kosong, kamu bisa mengisinya menggunakan brow powder.

6. Perhatikan ujung alis.

Cara gunakan pensil alis agar natural dan rapi freepik.com

foto: freepik.com

Tak hanya bagian tengah dan pangkal alis yang perlu diperhatikan dalam tata cara membuat alis. Perhatikan pula ujung alis atau disebut juga ekor alis yang berperan penting untuk menyeimbangkan proporsi wajah.

Kamu perlu memberikan perhatian ekstra untuk membuat ujung alis yang cukup tegas. Ada baiknya menggunakan produk bertekstur pomade dengan angled brush. Tekstur pomade ini lebih tahan lama dan pigmentasi warnanya lebih kuat untuk mempertegas ujung alis dengan baik.

7. Rapikan dengan concealer.

Cara gunakan pensil alis agar natural dan rapi freepik.com

foto: freepik.com

Langkah akhir cara membuat alis natural, kamu bisa menambahkan concealer untuk disapukan di bawah alis menggunakan kuas kecil. Cara ini dilakukan untuk mempertegas tampilan dan merapikan bentuk alis agar lebih rapi dan natural. Gunakan seperlunya dan jangan lupa di blend, ya.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES