Trik mengurangi pertumbuhan rambut beruban pakai masker dari 1 jenis rempah, auto hitam berkilau

Trik mengurangi pertumbuhan rambut beruban pakai masker dari 1 jenis rempah, auto hitam berkilau

Brilio.net - Masalah rambut yang kerap kali bikin kebanyakan orang tidak percaya diri adalah munculnya uban. Uban atau rambut berwarna putih sering dikaitkan dengan orang lanjut usia. Padahal, penyebab uban bukan hanya proses penuaan. Ada beragam hal yang juga dapat menyebabkan munculnya uban di kepala.

Selain karena bertambahnya usia, penyebab uban tumbuh di usia muda adalah faktor genetik yang tidak bisa dihindari. Sedangkan untuk penyebab uban di usia muda, seperti karena kekurangan vitamin dan stres, masih bisa diatasi secara alami.

Uban muncul karena sel melanocytes yang menghasilkan pigmen perlahan-lahan seiring berjalannya waktu semakin menurun. Menurut Healthline, faktor genetik berperan besar terhadap awal munculnya uban. Meski begitu, ketika seseorang menginjak usia 35 tahun, folikel rambut yang menua cenderung menghasilkan rambut putih atau abu-abu untuk menggantikan rambut terakhir yang mati.

Sebagian orang merasa kemunculan uban bukanlah masalah dan menganggapnya sebagai tanda kedewasaan dan kebijaksanaan. Namun, sebagian lainnya mencari cara untuk mengurangi pertumbuhan uban karena ingin tampil lebih muda. Nah, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk dimanfaatkan sebagai masker guna mengurangi pertumbuhan uban.

Salah satunya seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @indewi707 pada 29 Maret 2023 lalu. Melalui video yang diunggah, pemilik akun membagikan trik mengurangi pertumbuhan rambut beruban pakai masker dari 1 jenis rempah. Rempah yang digunakan adalah kemiri. Tak hanya 1 bahan itu saja, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu minyak kelapa dan perasan jeruk nipis.

"selamat mencoba semoga bermanfaat," katanya sebagai keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @indewi707, Rabu (7/6).

Trik mengurangi pertumbuhan rambut beruban pakai masker dari 1 jenis rempah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat kemiri untuk rambut memang sangat melimpah. Buah yang lebih dikenal sebagai rempah-rempah ini tak hanya cocok untuk bumbu masakan, tapi juga bagus untuk menjaga penampilan rambut agar tetap paripurna.

Manfaat kemiri untuk rambut didapatkan dari protein, karbohidrat, mineral, dan vitamin. Kandungan mineral di dalam kemiri di antaranya adalah fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Sementara vitamin yang ada di dalam kemiri adalah vitamin A, vitamin B1, dan vitamin B9. Kemiri juga mengandung beberapa zat lain yang bermanfaat seperti saponin, flavonoid, polifenol, dan fitosterol.

Manfaat kemiri untuk rambut salah satunya juga bisa mengatasi masalah uban di usia muda. Minyak kemiri diketahui memiliki kandungan vitamin E sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini, salah satunya rambut beruban.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES