Trik mengatasi rambut kering dan sulit tumbuh ini cuma pakai hair sleeping mask dari 4 bahan alami

Trik mengatasi rambut kering dan sulit tumbuh ini cuma pakai hair sleeping mask dari 4 bahan alami

Brilio.net - Rambut kering merupakan kondisi yang menandakan bahwa rambut kurang mendapatkan kelembapan dan nutrisi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, mulai dari faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, penggunaan alat styling secara berlebihan, hingga faktor internal seperti mengidap penyakit.

Rambut kering terjadi ketika kulit kepala tidak menghasilkan minyak yang cukup untuk melembapkan rambut. Kondisi rambut ini pun muncul karena batang rambut tidak dapat menyerap atau mempertahankan kelembapan alaminya. Akibatnya, rambut jadi bercabang dan mudah patah.

Masalah rambut kering umumnya ditandai dengan keluhan berupa rambut terlihat rusak, kusam, tidak berkilau, mudah kusut atau sulit diatur, dan mudah patah, sehingga sering kali terlihat seperti rambut rontok saat disisir.

Kerontokan rambut memang menjadi perkara umum yang dapat melanda pria dan wanita. Kondisi ini benar-benar tak memandang usia, baik orang tua maupun remaja bisa mengalaminya.

Banyak usaha yang dilakukan individu untuk mengembalikan rambut rontok agar tumbuh kembali. Namun nyatanya tak mudah. Meski sudah menggunakan beragam produk khusus rambut, mulai perawatan murah hingga mahal tapi rambut tak kunjung tumbuh.

Nah, kedua masalah tersebut merupakan hal yang sangat menyebalkan, apalagi jika kamu adalah salah satu orang yang gemar melakukan styling rambut. Meskipun kamu bisa melakukan perawatan di salon kecantikan, namun tak mudah untuk mengembalikan kelembapan, kesehatan, sekaligus menumbuhkan rambut yang sulit tumbuh karena efek rambut kering.

Solusinya, kamu bisa kok melakukan perawatan sendiri dengan menggunakan hair sleeping mask. Hair sleeping mask merupakan salah satu produk perawatan yang digunakan untuk memberikan nutrisi pada rambut selama tidur. Produk ini juga dapat membantu menghidrasi rambut sekaligus memperbaiki rambut rusak, sehingga rambut akan tumbuh lebih sehat.

Tak perlu membeli dengan harga mahal, karena kamu bisa kok membuat hair sleeping mask sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti halnya yang dibagikan oleh akun TikTok @gorgeousmama888 pada 23 Mei 2021 lalu.

Dalam unggahannya, ia membagikan trik mengatasi rambut kering dan sulit tumbuh cuma pakai hair sleeping mask dari 4 bahan alami. Bahan alami yang digunakan adalah minyak kelapa, vitamin E, castor oil, dan aloe vera gel.

"DIY HAIR SLEEPING MASK," tulisnya dalam video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @gorgeousmama888, Kamis (22/6).

Hair sleeping mask dari 4 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Minyak kelapa punya beragam manfaat untuk rambut bila digunakan secara tepat dan rutin. Kandungan asam laurat, asam kaprat, asam oleat, dan asam linoleat ternyata mampu mengatasi berbagai masalah rambut. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa mampu melembapkan rambut. Nah, ketika rambut menjadi lembap, ia akan tampak lebih bersinar dan berkilau.

Minyak kelapa juga memiliki manfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Sebab, di dalam minyak kelapa mengandung asam lemak yang berfungsi untuk menyehatkan kulit kepala serta membantu merangsang pertumbuhannya. Asam lemak ini memiliki peran dalam meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegahnya dari kerontokan.

Sedangkan, vitamin E dipercaya mampu meningkatkan pertumbuhan rambut pada orang yang memiliki masalah rambut rontok. Hal ini karena sifat antioksidan di dalamnya membantu mengurangi stres oksidatif (penyebab rambut rontok) di kulit kepala. Kandungan antioksidan pada vitamin E dapat melancarkan sirkulasi darah ke seluruh bagian kepala sekaligus melembapkannya bahkan sampai ke kulit kepala.

Sementara itu, castor oil mengandung asam risinoleat dan asam lemak esensial Omega-6 yang mampu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Kandungan ini juga memberi nutrisi pada kulit kepala dan memperkuat akar rambut.

Dengan demikian rambut tidak mudah rontok maupun patah. Castor oil juga membantu menghaluskan dan menyehatkan rambut yang stres. Bahan alami ini bisa memberikan kilau pada rambut serta mengembalikan helai rambut dari yang bercabang menjadi sehat terawat.

Tak hanya itu, aloe vera gel juga merupakan bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat hair sleeping mask. Karena bahan yang satu ini kaya akan kandungan vitamin A, C, E, B12, dan kolin. Kandungan itu sangat baik untuk rambut khususnya yang mengalami masalah rambut rontok dan kering.

Aloe vera juga sangat dikenal dengan manfaatnya untuk memperkuat dan merangsang pertumbuhan rambut yang sehat. Manfaat ini diketahui berasal dari kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan senyawa kimia aloenin di dalamnya.

(brl/pep)

tags

STORIES