Trik atasi ketombe akibat rambut kepala kering ini cuma butuh masker dari 1 jenis kulit buah

Trik atasi ketombe akibat rambut kepala kering ini cuma butuh masker dari 1 jenis kulit buah

Brilio.net - Kondisi kulit kepala yang ditandai dengan munculnya serpihan kulit dan rasa gatal biasa disebut dengan ketombe. Ini adalah masalah yang sangat umum terjadi pada orang dari berbagai kalangan usia. Ada berbagai kemungkinan penyebabnya, termasuk dermatitis seboroik, reaksi alergi, psoriasis, dan eksim. Reaksi berlebihan terhadap Malassezia, ragi yang terjadi di kulit kepala, adalah salah satu penyebab dermatitis seboroik.

Berbagai faktor bisa meningkatkan risiko munculnya ketombe, termasuk usia seseorang, cuaca, tingkat stres, kondisi medis, dan pilihan produk rambut. Kebersihan yang buruk bukan merupakan faktor, tetapi ketombe mungkin lebih terlihat jika seseorang tidak sering mencuci rambutnya. Ketombe merupakan gangguan yang umumnya terjadi saat masa pubertas dan mencapai puncaknya di usia 20 tahunan. Risikonya juga rentan dialami oleh orang yang berusia di atas 50 tahun.

Beberapa faktor lain yang juga bisa meningkatkan risiko munculnya ketombe yaitu kulit kepala yang kering, penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok, hingga infeksi jamur. Jika kulit kepala kering dan kurang kelembapan, maka kulit kepala akan mengelupas dan menyebabkan peradangan. Hal inilah yang memicu munculnya ketombe.

Ketombe biasanya dapat dikendalikan dengan mudah. Pada umumnya, membersihkan kulit kepala dengan sampo untuk mengurangi minyak dan membersihkan sel kulit mati, dapat membantu mengatasi ketombe yang belum parah. Jika sampo biasa tidak membantu, maka sampo antiketombe bisa dicoba. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar.

Salah satunya seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @sangangx pada 13 Desember 2021 lalu. Melalui video itu, pemilik akun memberikan trik atasi ketombe akibat rambut kepala kering dengan masker dari 1 jenis kulit buah jeruk. Tak hanya kulit jeruk, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu bawang putih.

"my natural hair mask to prevent dryness & breakage. beneficial for ALL HAIR TYPES! (masker rambut alami saya untuk mencegah kekeringan & kerusakan. bermanfaat untuk SEMUA JENIS RAMBUT!)," ungkapnya dalam keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @sangangx, Senin (29/5).

Trik atasi ketombe akibat rambut kepala kering cuma butuh 1 jenis kulit buah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Jeruk adalah salah satu buah yang sudah terkenal khasiatnya. Jeruk mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satu yang paling populer adalah kandungan vitamin C yang tinggi. Namun tak hanya buahnya saja, kulitnya pun memiliki kandungan vitamin C yang tak jauh berbeda. Bahkan kandungan asam sitrat yang terdapat pada kulit jeruk sangat efektif mengatasi masalah ketombe.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES