Tanpa semir mahal di salon, pria ini bagikan cara atasi uban hanya pakai 2 jenis biji-bijian

Tanpa semir mahal di salon, pria ini bagikan cara atasi uban hanya pakai 2 jenis biji-bijian

Brilio.net - Berbagai tanda penuaan akan muncul saat seseorang memasuki usia lanjut. Salah satunya adalah rambut yang putih. Rambut yang mulai memutih memang umum dialami oleh seseorang yang usianya di atas 40 tahun. Namun kondisi ini juga bisa dialami orang yang masih remaja lho.

Rambut yang memutih karena penuaan disebut uban, sedangkan yang muncul pada remaja disebut uban prematur. Berbeda dengan uban karena penuaan, uban prematur sepenuhnya dipengaruhi oleh faktor keturunan atau genetika.

Uban disebabkan oleh folikel rambut yang sudah tak lagi memproduksi melanin, yang merupakan zat pemberi warna rambut. Pasalnya saat seseorang menua, regenerasi sel juga akan menurun yang akan membuat kadar melanin ikut berkurang. Karena itulah, helaian rambut yang tumbuh tidak akan mendapatkan pigmen yang sempurna.

Selain faktor usia, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan munculnya uban. Seperti genetik, stres, perawatan rambut yang salah, terlalu sering melakukan styling menggunakan pewarna kimia dan alat pemanas, hingga gaya hidup tidak sehat.

Walaupun umum dialami dan pasti muncul saat seseorang sudah berusia lanjut, namun adanya uban cukup membuat seseorang jadi kurang percaya diri. Biasanya, karena akan membuat tampilan jadi tampak lebih tua. Karena hal itu, banyak orang yang mencari cara untuk mengatasi uban agar tak tumbuh lebih banyak.

Ada yang melakukan semir di salon, mewarnai rambut sendiri, serta memanfaatkan bahan-bahan alami. Semir di salon memang efektif untuk mengatasi tampilan uban di kepala, namun cara ini perlu dilakukan berulang, sehingga membutuhkan biaya yang tak sedikit. Solusi lainnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang tak kalah efektif dari semir rambut di salon.

(brl/jad)

tags

STORIES