Tanpa produk pewarna, beauty vlogger ini bagikan cara samarkan uban pakai 1 jenis biji-bijian

Tanpa produk pewarna, beauty vlogger ini bagikan cara samarkan uban pakai 1 jenis biji-bijian

Brilio.net - Munculnya rambut beruban, seringkali menjadi perhatian bagi banyak orang karena sering dianggap sebagai tanda penuaan atau stres. Namun adanya uban ini bermula dari rambut yang kehilangan pigmen melanin (pemberi warna pada rambut). Ketika rambut kehilangan pigmen, maka akan berubah warna menjadi abu-abu atau putih.

Penyebabnya tidak hanya karena kondisi tubuh yang stres atau penuaan, bisa juga karena faktor genetik. Faktor ini memainkan peran utama dalam penentuan kapan seseorang mulai mengalami rambut beruban. Jika orang tua atau anggota keluarga dekat mengalami rambut beruban pada usia muda, kemungkinan kamu juga akan mengalami hal yang sama.

Selain itu, adanya faktor kekurangan vitamin dan mineral, seperti vitamin B12, asam folat, tembaha, dan zinc juga bisa memicu munculnya uban yang lebih cepat. Faktor lain seperti merokok juga bisa menyebabkan rambut berubah warna lebih awal. Hal ini disebabkan oleh zat-zat kimia dalam asap rokok yang dapat merusak folikel rambut dan mengganggu produksi melanin.

Sementara itu, cara menyamarkan uban bisa dilakukan dengan cara menyemir rambut. Namun kini nggak perlu pakai produk pewarna, sebagai solusinya kamu bisa membuat semir rambut dari bahan alami, seperti yang dilakukan beauty vlogger dengan kanal YouTube @asmabeautysecret1. Lewat unggahan short videonya, ia terlihat memanfaatkan biji kalonji, bubuk amla, daun neem, dan kopi hitam.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES