Tanpa gunakan santan, ini trik mengatasi rontok pada rambut panjang pakai 1 jenis bunga

Tanpa gunakan santan, ini trik mengatasi rontok pada rambut panjang pakai 1 jenis bunga

Brilio.net - Sebagian perempuan senang memanjangkan rambutnya, terlebih rambut tersebut terlihat lebat dan sehat. Tak sedikit perempuan memang tampak memesona dengan rambut panjang. Namun sayangnya, memiliki rambut panjang memiliki kendala tersendiri. Tak sedikit perempuan merasakan kesulitan merawat rambut panjang, belum lagi harus mengalami kerontokan.

Kerontokan pada rambut ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah genetika. Jika kamu memiliki riwayat keluarga dengan masalah rambut rontok, kemungkinan besar akan mengalami hal yang sama. Rontoknya rambut akibat faktor genetika biasanya terjadi secara bertahap seiring bertambahnya usia.

Stres juga menjadi penyebab umum dari rontoknya rambut panjang. Stres berlebihan dapat memicu gangguan pada siklus pertumbuhan rambut, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerontokan. Kondisi stres kronis juga dapat mengganggu keseimbangan hormonal dalam tubuh, yang memperburuk masalah rambut.

Selain itu, asupan nutrisi yang tidak mencukupi, terutama zat besi, protein, dan vitamin tertentu seperti vitamin D dan Biotin, dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Orang dengan pola makan yang tidak seimbang atau diet ekstrem juga rentan mengalami masalah rambut rontok.

Jika saat ini kamu mengalami hal tersebut, kamu tidak perlu khawatir. Rontok pada rambut panjang ini bisa kamu atasi dengan satu cara yaitu merawat menggunakan kondisioner. Tidak perlu dicampur dengan santan, solusinya kamu bisa membuat kondisioner yang terbuat dari bahan alami.

Bunga hibiscus kaya akan vitamin C dan asam amino yang membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, merangsang folikel rambut, dan mendorong pertumbuhan rambut baru. Kandungan protein dalam bunga hibiscus membantu memperkuat akar rambut dan mencegah kerontokan. Sifat antiinflamasi dan antimikroba dari bunga hibiscus membantu mengatasi masalah ketombe dan menjaga kesehatan kulit kepala.

Sedangkan minyak kelapa merupakan pelembap alami yang baik untuk rambut. Mengoleskan minyak kelapa pada rambut panjang membantu menjaga kelembapan dan mencegah kerapuhan. Kandungan asam lemak dalam minyak kelapa membantu memperkuat batang rambut, mencegah kerusakan, dan mengurangi risiko rontok. Minyak kelapa membentuk lapisan pelindung di sekitar batang rambut, melindunginya dari kerusakan akibat panas dan polusi lingkungan.

Tertarik menggunakan kondisioner alami dari bahan-bahan di atas? Bagi kamu yang ingin mencoba yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @ashucreativity7240, Rabu (17/4).

Bahan:
foto: YouTube/@ashucreativity7240

- 3 buah bunga hibiscus
- Air putih secukupnya
- 1 sendok makan minyak kelapa.

Cara membuat:
foto: YouTube/@ashucreativity7240

1. Siapkan mangkuk dan cuci bunga hibiscus
2. Masukkan ke dalam blender dan haluskan
3. Tuangkan minyak kelapa
4. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
5. Kondisioner siap diaplikasikan pada rambut.

Cara menggunakan:

foto: YouTube/@ashucreativity7240

1. Belah rambut menjadi beberapa bagian
2. Oleskan kondisioner pada rambut setelah keramas
3. Pijat-pijat selama beberapa menit
4. Bilas menggunakan air biasa
5. Gunakan kondisioner ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

Apakah bunga hibiscus bisa atasi ketombe?

Ya, bunga hibiscus memiliki sifat-sifat yang dapat membantu mengatasi ketombe. Bunga hibiscus memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit kepala, yang seringkali menjadi faktor penyebab ketombe.

Dilansir dari skincraft.com, Rabu (17/4) bunga hibiscus juga memiliki sifat antimikroba, yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan jamur atau bakteri yang dapat menyebabkan ketombe. Penggunaan bunga hibiscus secara teratur sebagai bilasan atau dalam masker rambut dapat membantu menjaga keseimbangan pH kulit kepala, yang penting untuk kesehatan kulit dan mengurangi ketombe.

(brl/ola)

tags

STORIES