Tanpa diwarnai semir rambut, ini trik cegah tumbuhnya uban prematur pakai sampo dari 1 jenis bunga

Tanpa diwarnai semir rambut, ini trik cegah tumbuhnya uban prematur pakai sampo dari 1 jenis bunga

Brilio.net - Seiring bertambahnya usia, gejala penuaan jelas akan mulai muncul pada berbagai bagian tubuh. Pada kulit, tanda penuaan yang muncul adalah berupa keriput dan garis halus. Sementara itu, penuaan di area kepala ditandai dengan kemunculan uban.

Uban atau rambut putih merupakan tanda terjelas terjadinya penuaan di area kepala. Uban sendiri terbentuk karena berkurangnya kemampuan rambut dalam memproduksi pigmen warna melanin seiring bertambahnya usia. Hal ini menyebabkan warna asli rambut, entah itu hitam hingga pirang sekalipun, lama-kelaaman akan memudar dan kemudian bertukar menjadi putih keabu-abuan.

Walaupun akan muncul secara alami seiring bertambah usia, uban nyatanya dapat tumbuh secara prematur alias lebih cepat pada orang yang masih muda sekalipun. Kekurangan asupan vitamin B12 misalnya, dapat memicu terganggunya sistem metabolisme dalam tubuh sehingga rambut pun menjadi kekurangan nutrisi. Selain itu, kebiasaan merokok dan faktor stres juga dapat berdampak pada kerontokan dan munculnya uban lebih cepat pula.

Untuk mengatasi masalah di atas, banyak orang memilih untuk menyemir rambut secara mandiri atau ke salon untuk mengubah kembali warna rambut mereka. Namun, penggunaan pewarna rambut kimia ini disinyalir besar dapat merusak rambut dan kulit kepala, serta memicu alergi atau masalah kesehatan lainnya. Selain itu, penggunaan terus-menerus pewarna rambut dapat menjadi proses yang mahal dan memakan waktu.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES