Tak perlu pewarna kimia, ini cara menghitamkan tampilan uban pakai henna dicampur dengan 2 bahan dapur

Tak perlu pewarna kimia, ini cara menghitamkan tampilan uban pakai henna dicampur dengan 2 bahan dapur

Brilio.net - Usia lanjut biasanya akan ditandai dengan munculnya berbagai tanda penuaan, seperti kulit yang mulai mengendur, keriput, hingga munculnya rambut uban di kepala. Biasanya uban akan tumbuh pada seseorang yang berusia 30 tahun ke atas. Pasalnya, seiring bertambahnya usia seseorang, produksi kolagen dan zat melanin pada folikel rambut juga akan mengalami penurunan.

Menurunnya kadar melanin ini akan membuat helaian rambut yang tumbuh tidak mendapatkan pigmen yang sempurna. Nah, helaian rambut yang tidak mendapatkan pigmen inilah yang akan tumbuh menjadi warna putih keabu-abuan yang disebut dengan uban. Tak heran, jika semakin menuanya seseorang maka rambut yang memutih juga akan semakin banyak.

Meski begitu, banyak kasus yang membuat uban bisa tumbuh lebih cepat, lho. Bahkan bisa dialami oleh seseorang yang masih muda atau remaja. Bukan tanpa alasan, ini terjadi karena berbagai faktor, seperti genetik, perubahan hormonal, efek stres, terlalu sering melakukan styling rambut menggunakan alat pemanas dan pewarna kimia, penggunaan produk hair care yang tidak cocok, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Uban yang tumbuh lebih cepat in disebut dengan uban prematur. Adanya uban di kepala memang dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang dan mengganggu kenyamanan. Oleh karena itu, banyak orang mencari cara untuk menghitamkan atau menyamarkan uban. Salah satunya dengan melakukan semir rambut.

Tak sedikit orang yang melakukan semir rambut menggunakan pewarna kimia instan yang dijual di pasaran. Memang efektif, namun penggunaan dalam jangka panjang justru akan merusak kesehatan rambut. Solusi lainnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang tak kalah efektif dengan pewarna kimia. Selain itu, penggunaannya juga lebih aman digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @tiksudamadadam. Lewat unggahannya pada ada 13 Mei 2022 lalu, ia membagikan video berisi tentang cara menghitamkan tampilan uban pakai henna yang dicampur dengan 2 bahan dapur, yakni kopi dan yogurt.

Manfaat henna untuk menghitamkan tampilan uban

Menghitamkan tampilan uban tambahan 2 bahan dapur TikTok

foto: TikTok/@tiksudamadadam

Bubuk henna lebih dikenal sebagai bahan alami untuk mewarnai kuku. Di Indonesia sendiri, henna memiliki nama lain seperti inai, paci, dan pacar, yang terbuat dari bahan alami daun tanaman pacar. Henna juga kerap digunakan sebagai alternatif 'tato' sementara untuk siapa saja yang ingin melukis tubuh dengan pola, motif atau gambar.

Tapi nyatanya, bubuk henna ternyata juga efektif untuk menghitamkan rambut uban, lho. Bubuk henna membantu menyamarkan uban dengan meningkatkan pigmen alami rambut. Henna akan menghasilkan warna cokelat pekat yang dapat menyamarkan uban dan membuat rambut gelap merata.

Kandungan kopi untuk menyamarkan tampilan uban agar lebih gelap

Meski kopi dikenal sebagai bahan minuman untuk mencegah kantuk, ternyata bahan minuman ini juga bisa membantu mengatasi tampilan uban, lho. Pasalnya, kopi memiliki pigmen gelap alami yang bisa berperan sebagai noda atau stain pada rambut.

Tak heran jika minuman ini bisa bertindak sebagai semir alami untuk menghitamkan atau menyamarkan tampilan uban. Melansir Healthline, kandungan kafein dalam kopi memiliki manfaat bagi kesehatan rambut, seperti merangsang pertumbuhan rambut, memberi kilau secara alami, hingga dapat menghitamkan uban.

Ternyata yogurt bisa mengatasi uban

Yogurt diketahui punya segudang manfaat untuk kesehatan rambut serta kulit kepala. Produk fermentasi susu ini mengandung banyak protein yang dapat memperkuat folikel rambut dan mempertahankan produksi pigmen melanin di rambut. Bahkan kandungan vitamin B5 di dalamnya juga berperan penting dalam merawat folikel rambut, sehingga dapat memperlambat munculnya uban prematur.

Hanya dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan, kamu bisa membuat semir rambut alami yang dipercaya mampu menghitamkan tampilan uban agar kembali hitam dan gelap. Bahkan masker ini juga mampu menghambat pertumbuhan uban agar tak semakin banyak. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya berikut ini, seperti dilansir briliobeauty.net dari TikTok/@tiksudamadadam pada Senin (15/4).

Bahan:

Menghitamkan tampilan uban tambahan 2 bahan dapur TikTok

foto: TikTok/@tiksudamadadam

- 2 sendok makan bubuk kopi
- 3 sendok makan air
- 3 sendok makan bubuk henna
- 3 sendok makan yoghurt plain

Cara membuat dan menggunakan:

Menghitamkan tampilan uban tambahan 2 bahan dapur TikTok

foto: TikTok/@tiksudamadadam

1. Tuangkan bubuk kopi pada wadah lalu tambahkan air
2. Aduk-aduk kemudian tambahkan bubuk henna
3. Aduk kembali sampai merata
4. Setelah merata, kamu bisa menambahkan yoghurt dan aduk sampai tercampur dengan sempurna hingga teksturnya seperti pasta
5. Aplikasikan pada rambut mulai dari akar rambut hingga ujung rambut secara merata (fokuskan pada bagian rambut yang terdapat uban)
6. Diamkan selama 1-2 jam lalu bilas menggunakan air sampai bersih
7. Lakukan cara ini dengan rutin 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan rambut yang gelap bebas uban.

@tiksudamadadam 100%# # #whitehair I'M FEELING LUCKY - Ellen Once Again

(brl/mal)

tags

STORIES