Tak perlu pewarna kimia, ini cara menghitamkan tampilan uban pakai henna dicampur dengan 2 bahan dapur

Tak perlu pewarna kimia, ini cara menghitamkan tampilan uban pakai henna dicampur dengan 2 bahan dapur

Brilio.net - Usia lanjut biasanya akan ditandai dengan munculnya berbagai tanda penuaan, seperti kulit yang mulai mengendur, keriput, hingga munculnya rambut uban di kepala. Biasanya uban akan tumbuh pada seseorang yang berusia 30 tahun ke atas. Pasalnya, seiring bertambahnya usia seseorang, produksi kolagen dan zat melanin pada folikel rambut juga akan mengalami penurunan.

Menurunnya kadar melanin ini akan membuat helaian rambut yang tumbuh tidak mendapatkan pigmen yang sempurna. Nah, helaian rambut yang tidak mendapatkan pigmen inilah yang akan tumbuh menjadi warna putih keabu-abuan yang disebut dengan uban. Tak heran, jika semakin menuanya seseorang maka rambut yang memutih juga akan semakin banyak.

Meski begitu, banyak kasus yang membuat uban bisa tumbuh lebih cepat, lho. Bahkan bisa dialami oleh seseorang yang masih muda atau remaja. Bukan tanpa alasan, ini terjadi karena berbagai faktor, seperti genetik, perubahan hormonal, efek stres, terlalu sering melakukan styling rambut menggunakan alat pemanas dan pewarna kimia, penggunaan produk hair care yang tidak cocok, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Uban yang tumbuh lebih cepat in disebut dengan uban prematur. Adanya uban di kepala memang dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang dan mengganggu kenyamanan. Oleh karena itu, banyak orang mencari cara untuk menghitamkan atau menyamarkan uban. Salah satunya dengan melakukan semir rambut.

Tak sedikit orang yang melakukan semir rambut menggunakan pewarna kimia instan yang dijual di pasaran. Memang efektif, namun penggunaan dalam jangka panjang justru akan merusak kesehatan rambut. Solusi lainnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang tak kalah efektif dengan pewarna kimia. Selain itu, penggunaannya juga lebih aman digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

(brl/mal)

tags

STORIES