Tak perlu minyak kemiri, ini trik bikin tonic penghitam rambut beruban pakai 2 jenis biji rempah

Tak perlu minyak kemiri, ini trik bikin tonic penghitam rambut beruban pakai 2 jenis biji rempah

Brilio.net - Setiap manusia sejatinya akan mengalami proses penuaan seiring bertambahnya usia. Penuaan sendiri biasanya juga akan disertai dengan tanda-tanda fisik yang jelas. Pada kulit, penuaan muncul dalam bentuk mengendurnya kulit sehingga dipenuhi keriput dan garis halus. Selain keriput dan garis halus, tanda penuaan juga ditandai dengan munculnya uban.

Uban pada dasarnya merujuk pada kondisi hilangnya pigmen yang memberi warna alami rambut. Proses ini terjadi karena folikel rambut mengalami penurunan kemampuan dalam menghasilkan melanin seiring bertambahnya usia,. Lambat laut dapat dilihat warna asli rambut secara perlahan memudar dan berubah menjadi warna putih keabu-abuan.

Meskipun uban merupakan bagian dari proses penuaan, uban juga bisa muncul di usia muda. Berdasarkan penelitian National Institutes of Health America, beberapa faktor seperti defisiensi vitamin B12 dan tembaga, lonjakan hormon kortisol akibat stres, serta paparan senyawa nikotin dari rokok dapat mengganggu produksi melanin di kulit kepala. Tidak mengherankan kemudian bila anak muda pun bisa memiliki uban.

Walau begitu, kamu bisa lho memperlambat kemunculannya sekaligus memudarkan warna uban ini hanya menggunakan bahan-bahan alami saja. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan campuran jintan hitam dan fenugreek, seperti diperagakan oleh @rupalichouhan_19 dan dilansir briliobeauty.net pada Jumat (17/11).

tonic penghitam rambut  Instagram

foto: freepik.com

Jintan hitam merupakan rempah yang kaya dengan thymoquinone. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan yang kuat, sehingga dapat membantu melawan radikal bebas perusak melanin dalam folikel rambut. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3, vitamin B, dan mineral dalam jintan hitam dapat membantu menutrisi rambut. Kandungan tersebut juga meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan mendorong produksi melanin.

tonic penghitam rambut  Instagram

foto: freepik.com

Biji fenugreek merupakan sejenis rempah yang kaya akan komponen protein dan asam amino. Kandungan 2 komponen ini tidak hanya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, namun juga merangsang produksi melanin dalam folikel rambut. Hal ini membuat biji fenugreek efektif dalam meregenerasi rambut dengan baik sekaligus mengurangi tingkat pertumbuhan uban di kepala.

Kedua rempah di atas ini bisa kamu gunakan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

tonic penghitam rambut  Instagram

foto: Instagram/@rupalichouhan_19

1. 1 gelas air bersih
2. 2 sendok makan biji jintan hitam
3. 2 sendok makan biji fenugreek
4. Botol spray kosong
5. Minyak esensial rosemary (opsional)

Langkah pengerjaan:

1. Tuangkan 1 gelas air bersih dalam panci di atas kompor
2. Masukkan biji jintan hitam dan fenugreek masing-masing 2 sendok makan
3. Rebuslah kedua rempah tadi selama 5 menit dengan api kecil

tonic penghitam rambut  Instagram

foto: Instagram/@rupalichouhan_19

4. Setelah 5 menit, dinginkan sebentar dan saring airnya ke dalam botol spray kosong
5. Bila ada, tambahkan beberapa tetes minyak esensial rosemary (opsional)
6. Kocok sebelum digunakan, lalu semprot larutannya dari pangkal hingga ujung rambut secara merata
7. Diamkan selama 1-2 jam sebelum dibilas bersih menggunakan sampo
8. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

(brl/mal)

tags

STORIES