Tak pakai serum penumbuh, wanita ini bagikan cara atasi rambut rontok pakai masker dari 1 jenis buah

Tak pakai serum penumbuh, wanita ini bagikan cara atasi rambut rontok pakai masker dari 1 jenis buah

Brilio.net - Rambut rontok adalah masalah umum yang cukup menganggu bagi siapa saja. Setiap hari, orang mengalami kerontokan rambut dalam jumlah kecil yang masih tergolong normal, karena termasuk dalam siklus pertumbuhan normal. Namun jika kerontokan yang terjadi sudah dalam taraf berlebihan, kamu perlu waspada.

Pasalnya, rambut rontok berlebih jika tidak diatasi segera bisa menyebabkan kebotakan. Perlu kamu ketahui, rambut manusia mengalami siklus tumbuh, istirahat, dan rontok secara teratur. Siklus ini dikenal sebagai siklus pertumbuhan rambut dan punya tiga tahapan utama yaitu anagen (pertumbuhan), katagen (istirahat), dan telogen (tahapan rontok).

Pada tahapan ketiga ada beberapa faktor yang memengaruhi tingkat kerontokan rambut yaitu genetik, kesehatan kulit kepala, perubahan hormon, stres, dan kurangnya vitamin. Selain itu, kerontokan rambut juga bisa dipengaruhi oleh gaya hidup dan perawatan yang kurang. Jika kamu mengalami masalah satu ini, tak perlu khawatir.

Kamu masih bisa mengatasi rambut rontok dengan berbagai cara, seperti menggunakan serum penumbuh rambut yang bisa melebatkan dalam waktu singkat. Namun penggunaan serum penumbuh ini belum tentu cocok digunakan semua orang. Selain kandungan, harganya yang tidak terjangkau juga membuat sebagian orang berpikir dua kali untuk menggunakannya.

Sebagai solusi, kamu bisa mengatasi permasalahan rambut rontok ini pakai masker yang terbuat dari bahan alami. Seperti yang dilakukan oleh seorang beauty vlogger @momandjas yang memanfaatkan buah alpukat dan shea butter sebagai bahan dasar untuk masker rambut. Kedua bahan ini punya manfaatnya masing-masing bagi kesehatan rambut.

Alpukat mengandung lemak sehat dan minyak alami yang dapat melembapkan rambut secara mendalam. Lemak sehat membantu mengurangi kerapuhan dan kerusakan rambut yang dapat menyebabkan rambut rontok. Dilansir dari healthline.com, kandungan nutrisi dalam alpukat, seperti vitamin E, vitamin B, dan kalium dapat membantu memperkuat akar rambut dan mencegah rambut rontok.

Minyak alpukat memiliki sifat melembapkan dan antiinflamasi yang dapat membantu menjaga keseimbangan kulit kepala. Kulit kepala yang sehat dapat merangsang pertumbuhan rambut yang kuat dan mengurangi resiko rambut rontok. Tak hanya itu, alpukat juga mengandung antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E yang membantu melawan kerusakan radikal bebas yang dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok.

Sementara itu, shea butter memiliki kandungan lemak yang tinggi, termasuk asam lemak tak jenuh dan asam oleat. Kandungan tersebut membantu melembapkan rambut dan menjaga kelembapan alami. Shea butter memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit kepala yang dapat menjadi faktor penyebab rambut rontok.

Setelah mengetahui manfaat dari kedua bahan, berikut cara mengolahnya jadi masker rambut yang dapat mengatasi rambut rontok, seperti dilansir briliobeauty.net dari kanal YouTube @momandjas, Minggu (31/03).

Bahan:

cara atasi rambut rontok pakai masker berbagai sumber

foto: YouTube/@momandjas

1. 2 buah alpukat
2. Minyak zaitun
3. Shea butter

Cara membuat:

cara atasi rambut rontok pakai masker berbagai sumber

foto: YouTube/@momandjas

1. Ambil daging buah alpukat dan masukkan ke dalam wadah
2. Haluskan menggunakan sendok
3. Tuangkan minyak zaitun secukupnya
4. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
5. Panaskan semua bahan dengan teknik double boiler
6. Tuangkan ke dalam wadah sembari disaring
7. Pada wadah berbeda tambahkan butter
8. Panaskan butter dengan teknik double boiler
9. Diamkan butter hingga membeku dan haluskan dengan mixer
10. Tuangkan minyak alpukat yang sudah dibuat sebelumnya
11. Aduk kembali semua bahan hingga tercampur rata dan punya tekstur creamy
12. Masukkan masker rambut ke dalam wadah kecil dan simpan di tempat kering.

Cara menggunakan:

cara atasi rambut rontok pakai masker berbagai sumber

foto: YouTube/@momandjas

1. Belah rambut menjadi beberapa bagian
2. Oleskan masker rambut ke seluruh kepala
3. Tunggu selama 15 menit
4. Bilas masker menggunakan air biasa dan sampo
5. Ulangi penggunaan masker kurang lebih dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Apakah shea butter bisa cegah uban muncul?

Manfaat lain dari shea butter tidak hanya seperti yang disebutkan sebelumnya. Bahan alami ini punya kandungan vitamin A, vitamin E, dan asam lemak yang bisa menjaga kesehatan kulit. Dengan menjaga kulit kepala yang sehat dan rambut yang terhidrasi dengan baik, kamu dapat membantu menjaga rambut tetap kuat dan mengurangi risiko kerusakan yang dapat mempercepat proses penuaan dan munculnya uban.

(brl/mal)

tags

STORIES