Rambut auto hitam berkilau, ini cara atasi uban agar tak tumbuh kembali pakai 1 daun penyedap masakan

Rambut auto hitam berkilau, ini cara atasi uban agar tak tumbuh kembali pakai 1 daun penyedap masakan

Brilio.net - Sama seperti warna kulit, warna rambut bisa berbeda karena dipengaruhi oleh jumlah melanin alias pigmen pewarna dalam rambut. Seiring bertambahnya usia, sel-sel pigmen di folikel rambut secara bertahap akan mati. Ketika hal ini terjadi, sel pigmen akan turut berkurang dan melanin yang dihasilkan pun semakin sedikit. Akibatnya, rambut tidak lagi memiliki warna seperti seharusnya.

Oleh sebab itu, uban biasanya muncul pada orang-orang berusia lanjut. Meski begitu, uban dapat muncul pada usia berapa pun. Pada kondisi tertentu, orang-orang berusia muda juga bisa memiliki uban di rambutnya. Jika uban dalam bentuk rambut putih maupun rambut abu-abu yang muncul hanya sehelai atau dua helai saja, maka tak perlu menjadi suatu kekhawatiran. Tetapi jika uban muncul dalam jumlah yang banyak, maka diperlukan perhatian yang lebih.

Kemunculan uban tidak hanya dipengaruhi oleh faktor usia. Terkadang, rambut beruban bisa menunjukkan gejala suatu penyakit, terutama jika terjadi pada usia yang sangat muda. Munculnya uban tidak bisa dicegah karena bagian dari proses penuaan yang juga ditentukan oleh faktor genetik. Namun, kamu tetap bisa mencegah penyebab munculnya uban yang disebabkan oleh gaya hidup.

Kamu bisa menghindari kebiasaan merokok. Lalu, coba untuk menerapkan pola makan gizi seimbang dan kaya akan antioksidan. Selain itu, kamu juga bisa lho memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasi uban agar tidak tumbuh kembali. Meskipun tidak instan, namun jika perawatan ini dilakukan secara rutin, tidak menutup kemungkinan munculnya uban bisa diminimalisir. Sebagai bonusnya, kamu akan mendapatkan rambut yang lebih sehat.

Seperti yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @salihab97 pada 18 Oktober 2022 lalu. Dalam video itu, ia memberikan cara mengatasi uban agar tak tumbuh kembali pakai 4 bahan alami. Bahan alami yang digunakan adalah jintan hitam atau kalonji, daun kari, minyak kelapa, dan castor oil.

"Kalonji mask for grey hair please viral my tiktok on for you please don't undereview on my video (Masker kalonji untuk rambut beruban tolong viralkan tiktok saya untuk kamu jangan meremehkan video saya)," katanya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @salihab97, Rabu (24/5).

Cara mengatasi uban agar tak tumbuh kembali pakai 4 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Jintan hitam adalah rempah-rempah yang memiliki manfaat luar biasa. Bentuknya seperti biji berwarna hitam yang banyak dipercaya sebagai obat. Selain untuk mengobati penyakit, jintan hitam juga dapat digunakan sebagai perawatan rambut. Jintan hitam mampu mencegah kerontokan rambut, memperkuat rambut, dan mencegah munculnya uban.

Selain karena warnanya yang hitam pekat, jintan hitam mengandung linoleic acid yang membantu mencegah penipisan sel pigmen pada folikel rambut. Penggunaan jintan hitam dalam perawatan rambut secara rutin dapat mencegah timbulnya uban sejak dini.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES