Hitamnya pekat disangka semir, ini trik menghilangkan rambut beruban hanya pakai 1 bumbu dapur

Hitamnya pekat disangka semir, ini trik menghilangkan rambut beruban hanya pakai 1 bumbu dapur

Brilio.net - Seiring bertambah usia seseorang, sejumlah perubahan pada tubuh mulai terlihat. Tidak hanya pada kulit wajah saja, perubahan terjadi pada rambut. Rambut yang semula berwarna hitam secara perlahan berubah menjadi putih atau pun abu-abu. Kondisi ini biasa dikenal dengan uban.

Sebenarnya perubahan ini merupakan hal wajar, terlebih lagi jika sudah memasuki usia senja. Walaupun begitu, kondisi ini dinilai oleh beberapa orang mengganggu penampilan. Maka dari itu, sebagian besar dari mereka memilih untuk menutupi uban dengan menggunakan semir.

Pewarna rambut yang satu ini memang ampuh untuk menutupi uban. Namun, jika digunakan secara terus menerus, pewarna rambut ini bisa menyebabkan sejumlah masalah. Mulai dari rambut mudah rontok, kering, dan rapuh. Hingga menyebabkan iritasi, gatal-gatal, dan alergi pada kulit kepala.

Bukan tanpa sebab, masalah di atas bisa terjadi karena penggunaan bahan yang tidak cocok atau produk yang mengandung kimia. Salah satunya adalah amonia dan hidrogen peroksida yang menyebabkan struktur kerusakan pada rambut. Amonia membantu pewarna meresap ke dalam helai rambut, namun juga bisa menghilangkan kelembaban alami dan mengganggu keseimbangan pH kulit kepala.

(brl/ola)

tags

STORIES